Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

5 Tahapan Memulai Pelatihan Excel yang Efektif

Belajar Data Science di Rumah 23-Agustus-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/12a8946b-5fd4-4f2c-bf49-6ab098705c11-2023-08-23-214435_x_Thumbnail800.jpeg

Dalam era digital yang semakin kompleks, keterampilan Excel menjadi semakin penting dalam berbagai bidang pekerjaan. Kemampuan untuk memahami dan mengoperasikan spreadsheet dengan efektif dapat membuka pintu kesuksesan di dunia profesional.


Pelatihan Excel bisa membantu kalian untuk memasuki fase mencari kerja. Pelatihan Excel ini akan membawa kalian menuju profesi yang kalian idamkan di bidang data maupun di dalam bidang yang non-data.


Artikel ini akan memandu Anda melalui tahapan pelatihan yang efektif untuk menguasai Excel, dari dasar hingga tingkat mahir, membantu Anda mengambil langkah pertama menuju keahlian yang mendalam dalam penggunaan alat ini.


1. Memahami Dasar-Dasar Excel

Tahapan pertama dalam pelatihan Excel adalah memahami dasar-dasar. Anda perlu mengenal elemen-elemen penting seperti sel, baris, kolom, dan formula dasar. Mulailah dengan belajar tentang penyusunan data, mengisi sel dengan angka atau teks, dan menggunakan formula sederhana seperti penjumlahan dan pengurangan.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Mengeksplorasi Fungsi-Fungsi Dasar

Setelah memahami dasar-dasar, langkah selanjutnya adalah menjelajahi fungsi-fungsi dasar Excel. Ini termasuk fungsi matematika seperti SUM, AVERAGE, dan COUNT, serta fungsi logika seperti IF. Fungsi-fungsi ini memungkinkan Anda untuk melakukan perhitungan dan analisis data dengan lebih efisien.


3. Menggunakan Formula Lebih Lanjut

Pada tahap ini, Anda akan mempelajari formula lebih lanjut yang memungkinkan Anda untuk menggabungkan, memanipulasi, dan menganalisis data dengan lebih kompleks. Misalnya, Anda dapat mempelajari formula VLOOKUP untuk pencarian data, atau formula COUNTIF untuk menghitung data yang memenuhi kriteria tertentu.


4. Membuat Grafik dan Visualisasi

Excel juga merupakan alat yang kuat dalam pembuatan grafik dan visualisasi data. Anda dapat mempelajari cara membuat grafik batang, garis, pie chart, dan lainnya. Ini membantu Anda mengubah data menjadi representasi visual yang lebih mudah dipahami, membantu dalam pengambilan keputusan.


5. Menguasai Tabel Pivot

Tahapan akhir pelatihan Excel adalah menguasai tabel pivot. Tabel pivot memungkinkan Anda untuk menganalisis dan merangkum data dengan cepat dan fleksibel. Anda dapat mengelompokkan data, melakukan perhitungan subtotal, dan menghasilkan laporan yang lebih komprehensif.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


Dengan langkah-langkah pelatihan Excel yang terstruktur, Anda dapat menguasai alat ini dengan lebih percaya diri dan efektif. Apakah Anda seorang mahasiswa yang ingin meningkatkan keterampilan untuk dunia kerja atau seorang profesional yang ingin meningkatkan produktivitas, Excel adalah alat yang tak tergantikan.


Kalian bisa mulai belajar di DQLab. Modul ajarnya lengkap dan bervariasi. Semua skill yang dibutuhkan akan diajarkan. Dilengkapi studi kasus yang membantu kalian belajar memecahkan masalah dari berbagai industri. Bahkan diintegrasikan dengan ChatGPT. Manfaatnya apa?

  • Membantu kalian menjelaskan lebih detail code yang sedang dipelajari

  • Membantu menemukan code yang salah atau tidak sesuai

  • Memberikan solusi atas problem yang dihadapi pada code

  • Membantu kalian belajar kapanpun dan dimanapun

Selain itu, DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Tunggu apa lagi, segera Sign Up dan persiapkan diri untuk menguasai Excel dari level apapun. Jangan lupa juga ikuti pula Bootcamp Data Analyst with Excel!






Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login