SUPER MID-YEAR SALE! DISKON 96%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K!

0 Hari 3 Jam 17 Menit 18 Detik

5 Tools Apache Terbaik untuk Data Engineer

Belajar Data Science di Rumah 20-Juli-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-senin-04-1-2023-07-20-192504_x_Thumbnail800.jpg

Profesi Data Engineer bertugas untuk mengubah data mentah menjadi informasi yang berguna. Namun seiring bertambahnya volume kumpulan data dan aplikasi yang semakin kompleks, merekayasa dan mengelola kumpulan data secara manual untuk membuat model yang kompleks merupakan pekerjaan yang memakan banyak waktu dan tenaga.


Dalam era informasi yang sedang berkembang pesat ini, data telah menjadi aset berharga yang menggerakkan inovasi dan pengambilan keputusan di berbagai industri. Namun, volume data yang besar dan keragaman formatnya menuntut solusi teknologi yang canggih untuk mengolah dan menganalisis informasi dengan efisien.


Di sinilah peran Data Engineer menjadi sangat penting, sebagai profesional yang bertanggung jawab merancang dan memelihara infrastruktur data. Dalam artikel ini, DQLab akan membahas daftar tools Apache terbaik yang sangat relevan bagi Data Engineer untuk mengatasi tantangan pemrosesan data skala besar dan meningkatkan kinerja analisis data secara signifikan.


1. Apache Hadoop

Data Engineer

Hadoop adalah kerangka kerja distribusi yang memungkinkan penyimpanan dan pemrosesan data terdistribusi pada kumpulan komputer yang besar menggunakan model pemrograman MapReduce.


Data disimpan dalam Hadoop Distributed File System (HDFS) yang membagi dan mendistribusikan file ke berbagai node dalam kluster. Proses pemrosesan data dijalankan menggunakan model pemrograman MapReduce, di mana tugas dibagi menjadi tugas-tugas yang lebih kecil dan dieksekusi secara paralel di node-node tersebut.


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Apache Spark

Data Engineer

Apache Spark adalah kerangka kerja pemrosesan data terdistribusi yang didesain untuk kinerja tinggi, analisis data real-time, dan pemrosesan data secara interaktif.


Spark menyimpan data dalam struktur data terdistribusi yang disebut Resilient Distributed Dataset (RDD). Proses pemrosesan data dilakukan dalam memori (in-memory) untuk mengurangi I/O disk dan mengoptimalkan kinerja. Spark juga menyediakan API untuk pemrograman dalam bahasa Scala, Java, Python, dan R.


3. Apache Kafka

Data Engineer

Kafka adalah platform streaming data yang digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan, dan memproses aliran data secara real-time.


Kafka menggunakan model publish-subscribe, di mana data dikirimkan ke topik-topik yang didaftarkan. Konsumen (consumer) dapat berlangganan (subscribe) ke topik-topik tersebut untuk mengambil data secara real-time.


4. Apache Airflow

Data Engineer

Airflow adalah alat manajemen aliran kerja (workflow) yang digunakan untuk mengatur, menjadwalkan, dan memantau tugas-tugas data dan aliran kerja yang kompleks.


Airflow menggunakan pendekatan Directed Acyclic Graph (DAG) untuk mendefinisikan alur kerja. Pengguna dapat menentukan tugas-tugas yang harus dijalankan, ketergantungan antar tugas, dan jadwal eksekusi untuk setiap tugas.


5. Apache NiFi

Data Engineer

NiFi adalah alat untuk mengotomatiskan aliran data antara sistem yang berbeda dengan antarmuka visual.

NiFi menggunakan konsep "processor" untuk memanipulasi data saat mengalir melalui sistem. Pengguna dapat menentukan alur data dengan menghubungkan processor dan mengatur aturan proses data dengan mudah melalui antarmuka grafis.


Baca juga : Data Enginer VS Data Scientist


Dengan memanfaatkan tools Apache yang kuat ini, Data Engineer dapat menghadapi tantangan data dengan percaya diri dan memberikan nilai tambah bagi bisnis atau proyek mereka. Pilihlah dengan bijak alat-alat yang sesuai dengan kebutuhanmu, dan jangan ragu untuk menjajaki fitur-fitur baru yang ditawarkan oleh ekosistem Apache.


Dalam dunia yang semakin dipengaruhi oleh data, penggunaan alat yang tepat akan membantu kamu mengubah potensi data menjadi keunggulan kompetitif yang nyata. Ayo tingkatkan keahlianmu dalam mengelola data dan eksplorasi berbagai tools Apache untuk mempercepat kesuksesan kamu sebagai Data Engineer!


DQLab sebagai platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti Python dan SQL, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT siap membantu kamu menggeluti karir di industri data. 


Metode HERO (Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based) yang ramah pemula juga membantu kamu untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif! Tunggu apa lagi? sign up sekarang di DQLab.id!

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login