TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

0 Hari 10 Jam 40 Menit 21 Detik

5 Tugas Penting Seorang Data Scientist

Belajar Data Science di Rumah 14-Februari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/0c68eeb238b65549f1e655c14549804c_x_Thumbnail800.jpeg

Profesi Data Scientist wajib kamu tambahkan sebagai list profesi impianmu di 2023. Kenapa? Karena hingga saat ini, Data Scientist menjadi profesi yang paling banyak diminati oleh para kaum millennial.


Bahkan menurut beberapa survey, Data Scientist menduduki posisi pertama dari 10 profesi paling dicari hingga tahun 2023 dan diprediksi akan terus meningkat. Maka tak heran lagi, jika rata-rata perusahaan berani menawarkan salary tinggi bagi mereka yang berprofesi sebagai Data Scientist.


Namun, ternyata tugas dari seorang Data Scientist terbilang cukup berat loh. Profesi Data Scientist merupakan gabungan dari profesi Data Engineer dan Data Analyst, dimana  tugas utamanya adalah mengumpulkan, mengolah, menganalisis dan mempresentasikan data sehingga dapat memberikan informasi yang berguna dalam suatu perusahaan.


Kebayang kan kompleksnya seperti apa. Itulah mengapa perusahaan berani memberikan gaji yang tinggi, karena sebanding dengan tanggung jawab yang mereka punya.


Kira-kira apa saja ya tugas Data Scientist dalam membantu perusahaan? Berikut ini akan dijabarkan 5 tugas utama seorang Data Scientist untuk meningkatkan performa perusahaannya. Yuk simak terus!


1. Melakukan Penelitian Data

Penelitian terhadap data merupakan salah satu tugas utama Data Scientist. Seorang Data Scientist perlu melakukan proses pengumpulan data dan kemudian meneliti data tersebut.


Hal ini perlu dilakukan karena ada kalanya data atau permasalahan yang diselesaikan oleh Data Scientist adalah permasalahan baru, sehingga untuk memahami dan menyelesaikan permasalah itu seorang Data Scientist perlu melakukan riset dan penelitian terhadap data.


Setelah melakukan riset dan penelitian, Data Scientist akan dapat menentukan langkah selanjutnya untuk penyelesaian masalah.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Cleaning Data

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa data tidak akan pernah bersih selama Data Scientist itu mau untuk membersihkannya.


Disinilah peran Data Scientist untuk melakukan pemisahan dan seleksi manakah yang masuk ke dalam data terstruktur dan manakah data yang masuk ke dalam data yang tidak terstruktur.


Mulai dari filter data, sort data dan memproses data menjadi sebuah wawasan yang sangat bermanfaat bagi pengambil keputusan.


Selain itu, mereka juga melakukan pengecekan terhadap data apakah ada indikasi, duplikasi data, missing value, dan ketidakakuratan data yang diambil dari data mentah.


Tidak heran jika cleaning dataset ini membutuhkan waktu yang sangat lama sehingga 80% tugas sehari-hari Data Scientist terkuras habis hanya karena melakukan pembersihan data.


Adapun keluarannya, Data Scientist disini tidak ingin data yang dihasilkan itu tidak berkualitas. Maka dari itu, perlu dan penting sekali untuk melakukan pembersihan data secara menyeluruh.


3. Membuat Model Data

Setelah memastikan bahwa data yang digunakan telah valid, maka Data Scientist bisa menggunakan data tersebut untuk dianalisis agar bisa mendapatkan model dari data.


Namun sebelum analisis, data tetap harus dibersihkan, loh. Data modeling atau pembuatan model dari data merupakan tindakan mengeksplorasi struktur yang berorientasi pada data, sehingga kita bisa melihat konsep yang bisa menjelaskan data serta hubungan apa saja yang terjadi dalam data. 


Data modeling menjadi sesuatu yang sangat wajib untuk dilakukan oleh Data Scientist karena akan digunakan untuk menentukan dan menganalisis kebutuhan data yang diperlukan untuk mendukung proses bisnis, sehingga pemodelan data harus melibatkan campur tangan Data Scientist dan juga para stakeholder.


4. Melakukan Analisis Data

Seperti yang telah kita ketahui pada umumnya, tugas penting Data Scientist adalah menganalisis data. Proses analisis data ini mengubah data yang awalnya belum berarti menjadi sebuah informasi.


Hasil analisis data tersebut nantinya akan digunakan sebagai dasar pertimbangan pemilik bisnis untuk membuat keputusan. Hasil analisis data juga dapat menjawab berbagai permasalahan data yang diperlukan.


Dalam menganalisis data terdapat berbagai langkah yang dapat diterapkan antara lain mengumpulkan data, menyeleksi data, proses coding dan penyajian data.


5. Menyajikan dan Memberikan Saran dari Hasil Analisis Data

Sebagai seorang Data Scientist, kamu tidak hanya mengumpulkan data kemudian menganalisisnya. Kamu juga bertugas menyajikan hasil analisis data yang telah dilakukan agar mudah dibaca dan dipahami oleh orang lain, dalam hal ini pemangku kepentingan di perusahaan.


Dengan kata lain, Data Scientist harus menyajikan hasil analisis data dengan visualisasi data. Ini merupakan goals dari rangkaian tugas Data Scientist, karena merupakan salah satu bentuk komunikasi dalam menyampaikan hasil dan memberikan saran.


Untuk itu kamu harus paham kepada siapa pesan ini akan disampaikan. Sehingga kamu dapat menyesuaikan tampilan data yang akan kamu sajikan sesuai dengan audience yang membaca visualisasi data tersebut. 


Untuk itu diperlukan pertimbangan untuk pemilihan warna dan juga font serta pastikan label terbaca. Terdapat lima tipe visualisasi data yang biasa digunakan, yaitu temporal, hierarki, network, multidimensi, dan geospasial.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Gimana apakah gambaran tugasnya sudah cukup terbayang? Yuk belajar Data Science bersama DQLab.


Karena di DQLab kamu bisa belajar 3 bahasa pemrograman sekaligus plus Excel loh. Kalian cukup bikin akun gratisnya dengan isi form dibawah ini.


Terus kamu bisa coba modul gratis dari DQLab yaitu Introduction to Data Science with R dan Introduction to Data Science with Python. 


Kalau pengen nambah belajarnya gimana min? Bisa banget! Caranya gimana? Langsung aja yuk buat subscribe akun kalian menjadi member DQLab Premium.


Gabakalan rugi deh buat dapetin modul-modul terupdate seputar Data Science dan belajar bahasa pemrograman R, Python dan SQL yang sesuai dengan real-case industry. 


Kamu juga diberikan kesempatan mendapatkan job connector dari perusahaan ternama di ranah industri data. Yuk Sign Up sekarang!


Penulis: Salsabila MR

Editor: Annisa Widya Davita

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :