PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

1 Hari 7 Jam 29 Menit 22 Detik

6 Mode Operasi yang Bisa Diterapkan di Python

Belajar Data Science di Rumah 08-Mei-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/211a060fd7adbef86476cada4aa34691_x_Thumbnail800.jpeg

Python merupakan salah satu bahasa pemrograman tingkat tinggi yang berorientasi objek dengan semantik yang dinamis. Sebagai bahasa pemrograman tingkat tinggi, Python dipercayakan oleh Data Enthusiast karena keterbacaan kode dan pengguna dapat mengekspresikan hanya dengan sedikit baris kode.


Ketika menjalankan suatu program, tentunya bahasa tersebut harus diubah bentuknya agar dapat diterima dan diproses oleh komputer.


Seperti semua bahasa pemrograman lain, Python juga dapat ditulis menggunakan terminal atau command prompt tetapi jika kamu menggunakan IDE atau menginginkan perangkat lunak antarmuka pengguna grafis di mana kamu dapat menulis kode dan dapat men-debug kode dengan mudah maka itu lebih baik bukan?


Itulah mengapa memilih IDE yang tepat merupakan bagian yang tidak terpisahkan ketika kita sedang menginstall Python.


Python memiliki beberapa mode operasi yang dapat digunakan tergantung pada kebutuhan pengguna. Berikut ini adalah beberapa mode operasi Python yang paling umum digunakan!


1. Interactive Mode

Python

Interactive Mode merupakan mode operasi yang paling sederhana dan sering digunakan untuk melakukan percobaan atau pengujian kode Python. Pada mode ini, kode Python dieksekusi secara langsung pada command prompt setelah diberikan sebagai input.


Baca juga : Yuk Cari Tahu Perbedaan Python R dan SQL


2. Script Mode

Python

Script Mode merupakan mode operasi yang digunakan untuk menulis dan mengeksekusi program Python dalam bentuk file script. Program ditulis dalam file dengan ekstensi .py dan kemudian dieksekusi dengan menjalankan file tersebut menggunakan interpreter Python.


3. Module Mode

Module Mode merupakan mode operasi yang digunakan untuk membuat kode Python yang dapat digunakan kembali. Kode ini diorganisir ke dalam file yang disebut dengan module, dan dapat diimpor ke dalam program Python lainnya untuk digunakan kembali.


4. GUI Mode

Python juga mendukung pengembangan aplikasi dengan antarmuka grafis (GUI). Dalam mode ini, Python dapat digunakan untuk membuat aplikasi desktop dan aplikasi web yang memiliki antarmuka pengguna yang interaktif.


5. Jupyter Notebook Mode

Jupyter Notebook adalah sebuah aplikasi web yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan berbagi dokumen yang mengandung kode Python, teks, dan visualisasi. Python dapat digunakan dalam mode Jupyter Notebook untuk membuat dan menjalankan kode secara interaktif dalam lingkungan web.


6. Parallel Computing Mode

Python juga mendukung pemrograman paralel, yang memungkinkan pengguna untuk memproses tugas secara bersamaan pada beberapa CPU atau node komputer. Dalam mode ini, Python dapat digunakan untuk mempercepat pemrosesan data dan memungkinkan aplikasi untuk memproses data secara efisien pada skala besar.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Itu hanya beberapa mode operasi Python yang paling umum digunakan. Python memiliki fleksibilitas yang tinggi dan dapat digunakan dalam berbagai macam mode operasi tergantung pada kebutuhan pengguna.


Sudah mempersiapkan apa saja untuk jenjang karir kalian di bidang ini? Belum terlambat loh untuk mulai mengasah berbagai keterampilan tadi. Kalian bisa mulai melalui DQLab.


Modul ajarnya lengkap dan bervariasi. Semua skill yang dibutuhkan akan diajarkan. Dilengkapi studi kasus yang membantu kalian belajar memecahkan masalah dari berbagai industri. Bahkan diintegrasikan dengan ChatGPT. Manfaatnya apa?

  • Membantu kalian menjelaskan lebih detail code yang sedang dipelajari.

  • Membantu menemukan code yang salah atau tidak sesuai.

  • Memberikan solusi atas problem yang dihadapi pada code.

  • Membantu kalian belajar kapanpun dan dimanapun.

Selain itu, DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Tunggu apa lagi, segera Sign Up dan siapkan diri kalian untuk mempercepat jenjang karir sebagai Data Scientist tahun ini!

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login