PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 20 Jam 32 Menit 24 Detik 

9 Tools Data Analyst untuk Scale Up Bisnis

Belajar Data Science di Rumah 16-November-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/8d2eeb17de3b143cdf091b16576f193e_x_Thumbnail800.jpg

Dalam menjalankan bisnis, data analyst diperlukan untuk mengolah data mentah menjadi sebuah informasi yang berguna untuk perusahaan yang sedang merintis bisnis. Hasil pengolahan yang sudah dianalisis oleh data analyst akan dipakai sebagai dasar rekomendasi bagi pelaku usaha, konsumen, vendor, pengelola keuangan dan bahan perkiraan untuk bisnis beberapa kuartal ke depan. 


Data analyst juga bisa mempertimbangkan berapa besar penerimaan dan penggunaan sumber daya dari bisnis yang sudah dijalankan. Apakah dari penerimaan yang didapatkan dapat menunjang perusahaan untuk melakukan scale up bisnis atau tidak. Peningkatan skala usaha menjadi penting karena menjadikan suatu bisnis bisa naik kelas dari bisnis menengah ke bawah upgrade menjadi bisnis skala atas. Scale up bisnis juga dilakukan agar usaha yang dijalankan dapat memberikan keuntungan yang besar dan berdampak pada kesejahteraan semua pelaku.


Untuk menunjang pekerjaan data analyst dalam mempertimbangkan apakah bisnis melakukan scale up atau tidak, diperlukan bantuan tools yang tepat. Selain itu, diperlukan juga data-data terkait dalam hal peningkatan usaha. Saat ini, tersedia banyak sekali tools data analyst yang bisa dimanfaatkan dan dikelola dalam menyusun indikator penentu keberhasilan bisnis melalui peningkatan skala usaha. 


Adapun tools yang dibahas dalam artikel ini akan menggambarkan keunggulan dan performansi masing-masing dalam hal keberlanjutan sebuah usaha. Beberapa tools mungkin ada yang sudah sahabat DQLab ketahui dan ada juga yang belum. 


Nah, kira-kira apa saja tools yang dipakai data analyst dalam menunjang peningkatan bisnis? Simak penjelasan lengkapnya melalui artikel dibawah ini. Disimak sampai habis yuk sahabat DQLab!


1. Tableau Public

Urutan pertama dalam tools data analyst adalah Tableau Public. Sebagai salah satu garda terdepan dalam analisis dan visualisasi data, Tableau Public merupakan software dengan kemampuan Big Data yang tak perlu diragukan. Sebagai tools untuk big data, Tableau dapat menghubungkan data dari beragam sumber. Mulai dari data berbasis Microsoft Excel, jaringan internet, maupun Data

Hasil pengolahan data Tableau juga bermacam-macam, bisa berupa data visualisasi dalam bentuk bagan serta dashboard. 

Data Analyst


Terlebih lagi, hasil tersebut dapat diperbarui (update) secara real time. Bila dibutuhkan, Tableau pun menyediakan fitur unduh dengan beragam format berkas sesuai keperluan. Kamu juga bisa membagikan solusi analisis data di sosial media maupun pada klien apabila diperlukan.


2. Zoho Analytics

Dilansir dari situs Gartner, Zoho analytics adalah tools BI potensial dengan banyak fitur berguna. Hal ini memungkinkan pengguna untuk membuat laporan dengan sangat efisien dari data mentah. Mengimpor data ke dalam aplikasi Zoho sangat lancar. Hal ini membuat laporan dalam beberapa format seperti diagram lingkaran, grafik batang, grafik garis untuk pemahaman yang jelas tentang pengguna non-teknis dan pemegang saham. 

Data Analyst

Disini anda dapat langsung mempresentasikan slide dalam aplikasi dengan laporan yang dihasilkan. Kamu juga dapat menggabungkan data dari sumber untuk menghasilkan laporan visualisasi data. Berikut adalah fitur utama dari aplikasi Zoho:

  • Berbagai macam opsi visualisasi dalam bentuk bagan, pivot table, widget khusus yang cocok digunakan dalam KPI, dashboard khusus, yang bisa dipilih pengguna dalam melakukan dashboard reporting.

  • Augmented analytics menggunakan asisten cerdas berbasis AI dan Machine Learning dapat membantu pengguna untuk memahami pertanyaan yang diajukan dalam natural language.

  • Aplikasi yang sangat ramah untuk pengguna seluler seperti iOS dan Android memungkinkan analisis data interaktif dari data yang dinamis.

  • Analisis kolaboratif dengan kontrol akses yang halus.

  • Pemodelan cerdas untuk menghubungkan tabel data terkait.

  • Memadukan data dari berbagai sumber data untuk analitik lintas fungsi.


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


3. RapidMiner

RapidMiner merupakan perangkat lunak yang bersifat terbuka (open source). RapidMiner adalah sebuah solusi untuk melakukan analisis terhadap data mining, text mining dan analisis prediksi. RapidMiner menggunakan berbagai teknik deskriptif dan prediksi dalam memberikan wawasan kepada pengguna sehingga dapat membuat keputusan yang paling baik. 

Data Analyst


RapidMiner memiliki kurang lebih 500 operator data mining, termasuk operator untuk input, output, data preprocessing dan visualisasi. RapidMiner merupakan software yang berdiri sendiri untuk analisis data dan sebagai mesin data mining yang dapat diintegrasikan pada produknya sendiri. RapidMiner ditulis dengan munggunakan bahasa java sehingga dapat bekerja di semua sistem operasi.


4. Integrate.io

Integrate.io menawarkan solusi berbasis cloud untuk integrasi data dan ETL. Tools ini memiliki alat transformasi on-platform yang kuat yang membantu membersihkan, menormalkan, dan mengubah data secara lansung. Anda akan dapat membuat jalur pipeline data yang sederhana dan divisualisasikan ke gudang data.

Data Analyst

Fitur:

  • Integrate.io memiliki antarmuka grafis intuitif di mana Anda dapat mengimplementasikan ETL, ELT, ETLT, atau replikasi.

  • Memusatkan, mengubah, dan menyiapkan data secara efisien untuk dianalisis.

  • Transfer data antar database, gudang data.

  • 100+ konektor yang dibuat sebelumnya.

  • Integrate.io mendukung konektor Rest API untuk menarik data dari Rest API yang Anda butuhkan.

  • Dukungan email, obrolan, telepon, dan rapat online 24/7


5. HubSpot

HubSpot CRM sebagai software CRM gratis terbaik karena aplikasi ini menawarkan akses mudah ke dunia solusi CRM untuk kontraktor independen dan bisnis kecil. Versi gratis HubSpot menawarkan fungsionalitas yang cukup untuk meningkatkan proses penjualan dan organisasi data pelanggan Anda tanpa biaya. Software CRM HubSpot gratis menawarkan beberapa fitur pemasaran dan menyediakan akses ke obrolan langsung dan bot percakapan untuk memandu Anda melalui perangkat lunak. 

Data Analyst


Meskipun gratis, program ini memiliki pusat pemasaran, penjualan, dan layanan bawaan yang menambah fungsionalitas CRM. Ini sangat berguna karena semua data kontak, perusahaan, kesepakatan, dan tugas Anda akan tersedia di ketiga tempat tersebut. Untungnya, semua fitur ini sama sekali gratis.


6. OpenRefine

OpenRefine adalah alat yang ampuh untuk menjelajahi dan membersihkan set data yang besar. Misalnya, bahwa kita memiliki satu set data yang berisi, jenis kelamin, usia, dan buku favorit, dan ingin mulai menganalisis data untuk tren. Sebelum melakukannya, kita akan benar-benar memastikan data yang konsisten. Misalnya, menghindari Pride & Prejudice, dan Pride and Prejudice sebagai dua entri terpisah dalam grafik dan grafik. OpenRefine membantu untuk membuat hal tersebut.


Data Analyst


Ada banyak sumber daya di luar untuk belajar, bagaimana menggunakan OpenRefine. Juga dibahas bagaimana menyusun sumber daya yang mengandung dua tutorial baru tersebut. Yang pertama adalah bahan Pustakawan Beasiswa Michigan State University, Digital Thomas Padilla untuk lokakarya "Data Persiapan Digital Humaniora Research."


Lainnya, adalah rekaman webcast pelatihan yang diselenggarakan A&M Texas University Elizabeth Grumbach dan University of Texas Jennifer Hecker. Kedua sumber itu akan membantu proses belajar, bagaimana menggunakan OpenRefine dan membuatnya lebih mudah bagi Anda untuk membersihkan set data.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya


7. Talend

Talend merupakan open source untuk data integration, Talent biasanya digunakan untuk integrasi antara sistem operasional, ETL (extract, transform dan load), dan migrasi data oleh beberapa sumber. Talend akan membantu Anda dalam mengelola semua aspek dari tahap ekstraksi data, transformasi data, dan loading data secara efisien dan efektif.

Talend sudah dilengkapi dengan beberapa fitur seperti berikut ini :

  • Memudahkan pemodelan data dengan menggunakan desain tool secara drag and drop

  • Terdapat lebih dari 900 komponen yang dapat menghubungkan semua sumber data

  • Manipulasi String

  • Penanganan Lookup Otomatis

  • Kemampuan untuk menjalankan extract, transform dan load

Talend merupakan solusi untuk data integration yang sudah handal dan terbukti telah diunduh jutaan kali, sudah memiliki ratusan ribu pengguna dan memiliki komunitas yang dapat membantu para developer dalam mengembangkan sistem dan memecahkan beberapa permasalahan yang terkait dengan integrasi data. 

Data Analyst

Talend sudah digunakan oleh beberapa perusahaan terbesar di dunia, serta instansi pemerintah. Keuntungan yang paling utama dari Talend sebagai Data Integrasi adalah menyediakan suatu alat yang dapat mengintegrasikan, membersihkan serta menjaga semua data Anda, yang memungkinkan Anda untuk mengambil dan mengubah data untuk membuat keputusan lebih cepat.


8. Google Fusion Tables

Google Fusion Tables memungkinkan visualisasi data yang disimpan dalam tabel dalam bentuk grafik, peta, garis waktu dan plot, dengan kemampuan untuk mempublikasikan, berbagi, dan mengintegrasikannya dengan pengguna individu dan situs web. Google Fusion bekerja dengan mengekspor nilai data dari tabel yang dibuat secara online atau dari spreadsheet yang disediakan pengguna dan mengubahnya menjadi representasi data grafis yang berarti.

Data Analyst


Google Fusion Tables sepenuhnya dihosting di infrastruktur cloud Google, yang memelihara versi data terbaru di semua pengguna bersama, situs web atau aplikasi terintegrasi, dan tabel gabungan. Google Fusion Tables juga menyediakan kolaborasi waktu nyata pada kumpulan data yang dibuat, di mana pengguna bersama dapat menambahkan, mengedit, dan mengomentari tabel data yang digunakan.


9. Juicebox

Tools terakhir untuk keperluan bisnis yaitu Juicebox. Jika dilihat contoh sample dari Juicebox ini sangatlah powerful dalam bidang visualisasi data. Juicebox merupakan salah satu tools yang bisa diandalkan dalam melakukan visualisasi data untuk keperluan bisnis. Tools ini bisa dipakai untuk individu maupun perusahaan. Berikut adalah fitur utama dari Juicebox:

  • Pendekatan data storytelling yang unik

  • Dapat diedit dan mudah untuk dipelajari

  • Visualisasi data interaktif dengan konfigurasi yang mudah 

  • Pilihan gaya visualisasi data yang sederhana namun powerful

  • Visualisasi secara otomatis terhubung untuk eksplorasi data perincian

  • Terhubung ke beberapa sumber melalui unggahan data atau koleksi database

  • Tata letak responsif yang ditujukan untuk tampilan seluler.

Data Analyst


Adapun fitur terbaik dari Juicebox adalah desain visualisasi data yang profesional. Paduan font dan warna yang telah ditentukan sebelumnya menghasilkan visualisasi data yang terlihat seperti dibuat khusus. Terinspirasi oleh jurnalisme data modern, aplikasi Juicebox berfokus untuk memandu pengguna menciptakan presentasi yang powrful dibandingkan platform BI yang lainnya.


Nah, jadi gimana sahabat DQLab. Sudah tahu kan apa saja tools-tools yang dipakai dalam data analyst? Selain tools diatas, kamu juga bisa belajar tools lainnya di DQLab. Yuk belajar dengan modul dari DQLab! Disini ada Python, Excel, R dan SQL bisa kamu pelajari satu persatu. 


Modul DQLab disusun oleh expertise yang sudah didesain mulai untuk pemula hingga tingkat lanjut sehingga bisa diakses dan dipelajari oleh siapapun. Klik button di bawah ini untuk mencoba modul gratis "Introduction to Data Science" dengan bahasa pemrograman dan tools yang banyak digunakan oleh data scientist professional dan nikmati sensasi menggunakan live code editor sehingga kita tidak perlu membuka software tambahan. Selamat belajar sahabat DQLab!


Penulis: Reyvan Maulid


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :