PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

1 Hari 7 Jam 55 Menit 10 Detik

A Day in Data Scientist Life, Apa Saja Tugasnya?

Belajar Data Science di Rumah 30-November-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/c890d5ca72fe373f1efe04104ed5923e_x_Thumbnail800.jpeg

Seorang data scientist adalah seseorang yang memiliki keahlian dalam statistik, data science, Big Data, pemrograman R, Python, dan SAS. beberapa tahun ke belakang, istilah data science mendapat sorotan karena tugas fungsinya yang sangat krusial di sebuah perusahaan. Bahkan, Harvard Business Review menyatakan bahwa data scientist adalah the sexiest job in 21st century. Hal ini karena banyaknya peminat yang serius menekuni bidang ini. 


Data scientist bertugas untuk menganalisis pertanyaan mana yang perlu dijawab dan di mana data yang relevan dapat ditemukan. Selain memiliki ketajaman bisnis dan kemampuan analisis, data scientist juga harus memiliki skill data mining, data cleaning, dan penyajian data. Data yang diolah pun beragam, mulai dari data tidak terstruktur dan dari berbagai sumber. 


Potensi karir data scientist memang sangat menjanjikan, terlebih saat ini teknologi dan penggunaan data terus berkembang pesat. Namun, apakah sebenarnya tugas seorang data scientist? Untuk membantu kamu memahami tugas harian dari data scientist sehingga kamu dapat membayangkan bagaimana kalau kita ada di posisi data scientist, berikut adalah penjelasan tugas sehari-hari data scientist. 


1. Bekerja Dengan Data

Tugas sehari-hari seorang data scientist tidak akan jauh dari data, yaps! Sesuai dengan namanya, ya? Data scientist menghabiskan sebagian besar waktunya untuk mengumpulkan data, melihat data, membentuk data, tetapi dengan berbagai cara dan untuk berbagai alasan. Tugas terkait data yang ditangani oleh seorang data scientist meliputi menarik data, menggabungkan data, menganalisis data, mencari pola atau tren, menggunakan berbagai macam tools seperti R, Tableau, Python, Matlab, Hive, Impala, PySpark, Excel, Hadoop, SQL dan/atau SAS, mengembangkan dan menguji algoritma baru, dan lain sebagainya.


Data Scientist


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Berkomunikasi Dengan Berbagai Stakeholders

Satu hal yang perlu diingat bahwa meskipun seorang data scientist bekerja dengan data dan angka, namun tujuannya adalah untuk kebutuhan bisnis. Oleh karena itu, seorang data scientist harus bisa melihat gambaran besar dari sudut pandang departemen lain. Tidak semua stakeholders memahami dan bisa membaca data sehingga data scientist harus bisa mengkomunikasikan hasil analisisnya kepada mereka. 

Data Scientist


3. Mengikuti Perubahan

Seorang data scientist harus harus terus mengikuti perkembangan teknologi, mencari hal-hal baru yang berguna untuk mempermudah pekerjaan mereka, mulai dari tools yang lebih powerful hingga model algoritma baru yang bisa bekerja lebih efektif dan efisien. Tak heran jika seorang data scientist dituntut untuk terus belajar, mengikuti perubahan, dan berusaha untuk selalu mengoptimalisasikan setiap pekerjaannya.


Data Scientist


4. Terbiasa Dengan Keadaan yang Fleksibel

Setelah membaca tiga poin di atas, apakah kamu setuju jika pekerjaan dan tugas data scientist sangat fleksibel? Yaps data scientist memang dituntut untuk bisa beradaptasi dan fleksibel di segala situasi karena ada berbagai jenis data, permasalahan, dan error yang bisa saja ditemui setiap harinya. Oleh karena itu, seorang data scientist terbiasa bekerja secara fleksibel namun tetap tepat sasaran.


Data Scientist


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Yuk mulai karir data scientist kamu bersama DQLab! Belajar data science dengan berbagai modul dari DQLab menggunakan bahasa pemrograman R dan Python untuk mengasah skill dan intuisi datamu untuk menjadi data scientist profesional.


Klik button di bawah ini atau sign up melalui DQLab.id untuk mengakses FREE MODUL ‘Introduction to Data Science’, selesaikan modulnya, dan dapatkan sertifikat compliance sebagai modal awal membangun portfolio data science.


Penulis: Galuh Nurvinda K


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login