DQLab Super Giveaway! Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp.99.000! DAFTAR

Pakai Kode: KUPON99K. Berakhir 0 Days 21 Jam : 59 Menit : 16 Detik

Bekerja Sesuai Passion, Adn Agung Mantapkan diri Beralih Profesi dari Data Engineer menjadi Data Scientist

Belajar Data Science di Rumah 09-Maret-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/b971ac0197c97f069f20d06e25e9b3f2_x_Thumbnail800.jpg

Berprofesi sebagai Data Scientist, Adn Agung Mantap Implementasikan Kompetensi Data Science Bekal dari DQLab Pandora Box


Adn Agung yang mengawali karirnya sebagai data scientist dengan mengikuti program internship, kini resmi sudah ia menyandang status sebagai seorang data scientist profesional di Evosys for PT Unilever. Bahkan, sebelumnya Adn merupakan seorang data engineer yang rela meninggalkan pekerjaannya demi alih profesi sebagai data scientist. Meski sama-sama di ranah data science, Adn mengaku lebih mendapat tantangan di profesi barunya.


Menurut Adn, salah satu hal yang membuatnya sukses meraih posisinya kini adalah berkat keterlibatannya sebagai partisipasi DQLab Pandora Box. Baginya, DQLab Pandora Box sangat membantunya dalam mendalami data science, terutama pemahamannya pada ilmu penggunaan Pentaho. Tak hanya itu, Adn juga mengatakan jika apa yang ia dapatkan tersebut merupakan  nilai tambah yang sangat berarti. “Hal yang saya dapatkan dari DQLab Pandora Box juga menjadi poin plus yaitu pemahaman tentang tools Pentaho Data Integration. Selain itu skill dalam pembuatan data pipeline dalam proses ETL (Extract Transform Load) juga menjadi poin plus,” tambah Adn.


Sebelumnya DQLab pernah membahas mengenai kisah di balik alih profesinya Adn. Namun kali ini, bersama DQLab Adn akan berbagi cerita perjalanan karirnya sebagai data scientist profesional. Bagaimana cerita selengkapnya? Simak selengkapnya ya!


1. Mengikuti DQLab Pandora Box

Semangatnya yang tinggi dalam mempersiapkan diri untuk bisa menjadi data scientist berkompeten, ia tunjukkan dengan mengikuti program DQLab Pandora Box. Adn mengaku banyak pelajaran dan pengalaman yang ia dapatkan selama mengikuti DQLab Pandora Box. Tidak hanya berbicara tentang hardskill, di sana ia juga bisa mengasah kemampuan softskillnya secara bertahap.

 

“Melalui DQLab Pandora Box, saya terlibat pada project, berhubungan dengan klien, tim data Xeratic, serta dihadapkan dengan materi baru yang membuat saya tertantang sebagai Data Scientist yang baru merintis karir,” jawab Adn saat ditanya pengalamannya mengikuti DQLab Pandora Box.

 

Baca juga : Level Up Career Melalui Program Pandora Box, Kini Jeffry Sukses Berkarir Sebagai Data Engineer Xeratic

 

2. Menjadi Data Scientist dengan Project Menantang

Adn mengatakan dengan mengikuti DQLab Pandora Box, ia juga bisa menambah portofolio data melalui sejumlah project, yang nantinya portofolio tersebut bisa ia gunakan ketika hendak melamar pekerjaan. Salah satu keikutsertaannya adalah berkontribusi pada project Natural Language Processing, yang merupakan salah satu perusahaan media terbesar di Indonesia.

 

Selain menambah pengalaman, melalui project ini Adn juga mempelajari bagaimana memahami keinginan klien. “Bersama tim Xeratic, pada project ini saya belajar untuk memahami pola pikir klien, goal bisnis yang ingin dicapai, dan memetakan goal tersebut menjadi action items project,” jelasnya.


3. Tips Sukses Beralih Profesi Versi Adn Agung 

Tak mau sendirian, Adn Agung pun berbagi tipsnya untuk kamu yang juga ingin berhasil dalam alih bidang nih, Sobat Data! Yang pertama, tentu kamu harus mengenali bidang baru yang ingin kamu tekuni. Semakin kamu mengenalinya, kamu akan lebih mudah nantinya untuk menjalani perannya. Kedua, petakan role data scientist dan mulai identifikasi tools dan pola pikir seorang Data Scientist. Yang terakhir, pelajari dasar-dasarnya. “Mulai belajar dasarnya dan implementasikan untuk belajar dan terus menantang diri,” pungkasnya.

 

Baca juga : Belajar Data Science, Jihar Lulusan Ekonomi Banting Stir Berkarir di Dunia Data

 

4. Keseharian Adn Agung sebagai Data Scientist

Mungkin diantara kamu masih ada yang penasaran tentang bagaimana sih kesibukan seorang data scientist? Bersama DQLab, Adn menceritakan kesehariannya sebagai data scientist yang memiliki tanggung jawab untuk melakukan maintenance reporting data dalam bentuk visualization dashboard guna keperluan bisnis setiap harinya. Tak lupa, reporting dashboard seuai permintaan user. Selain bertanggung jawab pada maintenance reporting data, Adn juga memiliki tugas lain yang berhubungan dengan Extract, Transfer, & Load (ETL). “Setiap hari saya maintain pipeline ETL, dan jika ada permintaan baru saya akan membuatkan pipeline ETL tersebut,” kata Adn.

 

5. Harapan Adn Implementasikan Kompetensi Data pada DQLab Pandora Box Sebagai Data Scientist

Menjadi seorang data scientist di perusahaan besar tentunya membuat Adn berharap bisa diberikan kesempatan untuk mengembangkan kemampuan yang dimilikinya lebih jauh sebagai seorang data scientist. “Karena untuk saat ini saya lebih ke visualisasi data, dan saya sangat ingin menjadi ahli dalam penggunaan machine learning untuk memecahkan permasalahan,” ungkap Adn saat ditanya harapannya ke depan.

 

6. Tips Adn yang Berawal dari Intern Kini Menjadi Full Time Data Scientist

Kesuksesannya yang kini diraihnya tak semata membuatnya lupa diri. Adn ada beberapa tips yang mungkin bisa kamu lakukan untuk bisa sama-sama sukses berkarir sebagai seorang data scientist professional. Adn mengatakan untuk membuka gerbang karir kamu bisa memulainya dengan mengikuti magang terlebih dahulu untuk kemudian berusaha membuktikan performa terbaikmu. Sehingga, selanjutanya kamu bisa lebih mudah untuk melanjutkan kerja secara full time pada job entry level data scientist.

 

Selain mengikuti program magang, menurut Adn perlunya perbanyak koneksi dengan orang lain yang bisa mendukung karirmu. “Perluas koneksi dengan orang yang relevan untuk berbagi ilmu & sharing pengalaman yang dapat berguna menambah wawasan kita dalam mengarungi dunia Data Science,” jelas Adn.


Dan yang terakhir tetaplah bersabar dan menjaga konsistensi dalam mengembangkan diri agar bisa menjadi seorang data scientist yang memenuhi syarat. Sebab, diperlukan perjuangan untuk bisa meraih profesi yang tengah diperebutkan orang banyak saat ini. Maka, teruslah belajar dan berlatih.


7. Sudah saatnya Kamu Ikuti Jejak Adn dengan Belajar Data Science bersama DQLab!

Mengikuti jejak karir Adn bukan hal yang tidak mungkin, tapi juga bukan hal yang mudah untuk bisa diraih. Perlu kegigihan dan semangat yang tinggi dalam mempelajari ilmu data science. Salah satu yang bisa kamu tiru adalah dengan mengikuti program DQLab Pandora Box di DQLab. Dengan mengikuti program Pandora Box, kamu akan melatih kemampuan diri kamu dengan sejumlah modul dan project data yang menantang. Meski begitu, masih ada pilihan program belajar lainnnya kok yang bisa kamu temui di DQLab. Belajar data science tak perlu repot, karena di sini kamu bisa belajar secara praktis dimana dan kapan pun kamu mau.


Penulis : Sandi Sabar Rahman

Editor : Annissa Widya Davita

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!