SUPER 6.6 SALE! DISKON 96%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 120K!

0 Hari 4 Jam 7 Menit 59 Detik

AI vs Machine Learning, Apakah Keduanya Berhubungan?

Belajar Data Science di Rumah 02-Juni-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/0beba4e18c73f2b17bd600f766d4d2d7_x_Thumbnail800.jpeg

Artificial intelligence dan machine learning adalah dua istilah yang sangat populer akhir-akhir ini. Kedua istilah ini sering digunakan di berbagai lini industri, bahkan bisa digunakan secara bersamaan. Artificial intelligence dan machine learning berhubungan erat dengan data, analisis, dan perubahan teknologi yang semakin meningkat dari waktu ke waktu. Secara singkat, artificial intelligence adalah konsep luas dari mesin yang mampu menjalankan tugas dan dianggap “pintar” sedangkan machine learning adalah aplikasi dari artificial intelligence dengan cara memberikan atau menginput data ke dalam mesin dan membiarkan mesin belajar sendiri untuk mengolah data tersebut.


Machine learning dan artificial intelligence saling melengkapi, bahkan gabungan machine learning dengan artificial intelligence dapat menghasilkan mesin yang powerful dan dapat bekerja mirip dengan manusia. Machine learning dan artificial intelligence menggunakan model komputasi yang dapat dilatih secara terus menerus dan dapat disusun ulang untuk mendapatkan hasil yang optimal. Saat ini, sudah banyak diskusi ilmiah mengenai artificial intelligence, machine learning, dan komponen pendukungnya. Berdasarkan penjelasan diatas, secara singkat dapat disimpulkan bahwa machine learning adalah bagian dari artificial intelligence. Lalu apa peran artificial intelligence dalam machine learning? Pada artikel kali ini DQLab akan coba menjelaskan peran artificial intelligence dan komponen pendukungnya terhadap kinerja machine learning. Tunggu apa lagi? Yuk simak artikel ini sampai akhir!


1. ‘Bahan Bakar’ Machine Learning dan AI

Artificial Intelligence

Saat ini machine learning dan artificial intelligence menjadi solusi untuk berbagai permasalahan di bidang penelitian dan industri. Di era modern, pertumbuhan data terus meningkat, bahkan jika digambarkan dalam grafik, kecepatan pertumbuhan data dapat membentuk kurva eksponensial yang artinya kecepatan pertumbuhan data sangat cepat. Jenis data ini biasa dikenal dengan istilah big data. Big data merupakan ‘bensin’ untuk machine learning, khususnya untuk deep learning dan artificial intelligence. Kombinasi big data dan machine learning banyak digunakan di berbagai disiplin ilmu, mulai dari biologi, keuangan, sosial, fisika, dan lain sebagainya. Saat ini perusahaan membutuhkan solusi berbasis data dan ‘cerdas’ untuk memecahkan masalah dan meningkatkan performa perusahaan.


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. AI dan Machine Learning Berhubungan

Artificial Intelligence

Apakah machine learning dan artificial intelligence saling berkaitan? Jawabannya adalah IYA! Menurut McCarthy, salah satu pengembang AI dan machine learning, “artificial intelligence adalah ilmu dan teknik pembuatan mesin yang cerdas, terutama program komputer yang cerdas. AI menggunakan komputer untuk memahami kecerdasan manusia, tetapi tidak membatasi metode yang dapat diamati secara biologis” Menurut Mitchell, “Machine learning adalah ilmu yang berkaitan dengan pertanyaan bagaimana cara membangun program komputer yang secara otomatis dapat meningkatkan experience”. Jadi, pada dasarnya machine learning dan artificial intelligence sama-sama membangun program komputer yang ‘cerdas’. Salah satu bagian dari machine learning adalah deep learning. Deep learning dalam bidang teknologi dimanfaatkan untuk pengenalan objek, suara, dan kontrol yang dibuat menggunakan program komputer. 


3. Cara Kerja Machine Learning dan Artificial Intelligence

Machine learning adalah bentuk artificial intelligence yang mengajarkan komputer untuk berpikir dengan cara yang mirip dengan cara manusia dengan cara belajar dan meningkatkan experience dari masa lalu. Machine learning bekerja dengan cara mengeksplorasi data, mengidentifikasi pola, dan meminimalkan keikutsertaan manusia dalam proses pengolahan data. 

Artificial Intelligence

Artificial intelligence bekerja dengan menggabungkan sejumlah big data dengan pemrosesan yang cepat, berulang, dan menggunakan algoritma yang ‘cerdas’. AI mengajarkan perangkat lunak untuk belajar secara otomatis dari pola yang ada di dalam data. Artificial intelligence mencakup banyak teori, metode, dan teknologi. Artificial intelligence dibagi menjadi beberapa sub bidang seperti machine learning, neural network, deep learning, dan lain sebagainya.


4. Sedikit Mengenal Neural Network

Neural network atau dikenal juga dengan jaringan syaraf adalah jenis machine learning yang terdiri dari unit yang saling berhubungan seperti jaringan syaraf manusia yang memproses informasi dengan menanggapi masukan hingga menyampaikan informasi ke setiap unit. Proses ini memerlukan banyak koneksi untuk proses pengolahan data. Deep learning menggunakan jaringan syaraf besar dengan banyak lapisan unit pemrosesan, memanfaatkan kemajuan komputasi, dan teknik pelatihan yang ditingkatkan untuk mempelajari pola kompleks dalam big data.


Baca juga : Kenali Algoritma Klasifikasi Machine Learning Terpopuler di Tahun 2021


Yuk berkenalan lebih jauh dengan machine learning dan turunannya bersama DQLab! DQLab adalah platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science dan Artificial Intelligence dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti R dan Python. Menariknya, DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id atau ikuti training corporate DQLab dengan klik tautan https://dqlab.id/b2b  berikut untuk informasi lebih lengkapnya! Ingin akses semua modul DQLab? Yuk signup sekarang!


Penulis: Galuh Nurvinda K



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login