#OCTOFEST 70% + 85% OFF!
Belajar Data Online 6 Bulan Anti Ribet cuma Rp. 150K!
0 Hari 1 Jam 17 Menit 22 Detik

Akselerasi Karir dengan Kenali Bootcamp Python

Belajar Data Science di Rumah 13-September-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-selasa-01-2023-09-13-170646_x_Thumbnail800.jpg

Pada era big data ini dimana data berkembang dengan cepat memberikan kita kesempatan untuk belajar lebih banyak dan lebih luas, salah satunya adalah belajar bahasa pemrograman python. Bahasa pemrograman python ini memiliki banyak peminat dari berbagai kalangan.


Bahasa python pun dikenal mudah dipelajari dan mudah dipahami oleh pemula. Dengan demikian tidak heran jika banyak pemula yang mengikuti pelatihan atau bootcamp python.


Bahasa python adalah suatu bahasa pemrograman yang populer digunakan oleh berbagai perusahaan besar di dunia. Bahasa python ini pun bersifat open source sehingga bisa digunakan oleh siapapun. Menurut survei pengembang Stack Overflow tahun 2022, python menjadi bahasa pemrograman yang populer dengan urutan keempat. Pada artikel  kali ini kita akan mengenali serba-serbi bootcamp khususnya bootcamp python. Yuk, simak bersama-sama!


1. Apa Itu Bootcamp

Bootcamp merupakan suatu kegiatan pelatihan yang dilakukan secara intensif yang berfokus pada bidang tertentu yang tujuanya untuk meningkatkan skill dalam bidang tersebut. Bootcamp berbagai macam jenisnya, ada yang dilakukan secara full time maupun part time.


Waktu pelaksanaan dan durasi bootcamp juga berbeda-beda yang mana biasanya bootcamp yang bersifat part time memakan durasi bootcamp lebih lama dibandingkan dengan yang full time. Hal ini salah satunya dikarenakan bootcamp part time biasanya dijadwalkan di luar jam kerja atau weekend. Pemilihan jenis bootcamp ini dapat kamu sesuaikan dengan kesibukanmu yaa.

Python


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Manfaat Mengikuti Bootcamp

Bagi seseorang yang ingin berfokus belajar pada bidang tertentu biasanya memilih untuk mengikuti kegiatan bootcamp atau pelatihan khusus. Bootcamp dikenal memiliki berbagai manfaat seperti:

  • belajar dari mentor yang berpengalaman sehingga proses belajar menjadi lebih maksimal

  • dapat membangun portofolio dengan mengerjakan project yang diberikan

  • bertemu banyak orang baru sehingga dapat membangun networking

  • memiliki kesempatan mendapatkan peluang karir baru

  • dapat belajar skill baru dalam waktu singkat

  • meningkatkan nilai dan kualitas diri di mata atasan atau recruiter


Python


3. Perbedaan Bootcamp dengan Kuliah

Bootcamp dan kuliah forma pada umumnya memiliki tujuan yang sama yaitu agar bisa menguasai skill baru yang ingin dipelajari. Namun keduanya tentu memiliki beberapa perbedaan seperti : 1) durasi program. bootcamp biasanya hanya membutuhkan waktu berminggu-minggu saja, sedangkan kuliah formal membutuhkan waktu bertahun-tahun sampai mendapatkan gelar; 2) materi program, materi pada bootcamp tentunya tidak sebanyak yang diberikan dalam dunia perkuliahan; 3) biaya program, biaya mengikuti bootcamp cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan biaya kuliah.


Python


4. Materi Bootcamp

Seperti yang telah diketahui bahwa bootcamp merupakan pelatihan yang berfokus pada satu bidang. Mungkin sebagian dari kita penasaran apa saja materi yang diberikan dalam program bootcamp?


Sebagai contoh, materi bootcamp python yang ada di DQLab memberikan materi pengenalan bahasa python, struktur data python, konsep fungsi dan modularitas, cara mengidentifikasi dan menangani error, pengenalan libraries dan frameworks, visualisasi data, dan belajar menganalisis data menggunakan python.

Python


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Mengikuti bootcamp menjadi suatu pilihan tepat bagi kamu yang ingin belajar bahasa python secara lebih intens dan terbimbing. 


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan ikuti DQLab LiveClass Bootcamp Data Analyst with SQL and Python sekarang! 


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :