FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 74 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 6 Jam 42 Menit 53 Detik 

Alasan Mengapa Belajar Data Science Penting di 2023

Belajar Data Science di Rumah 11-Januari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/f72db3e4954d646e8a88af1a82f53f7b_x_Thumbnail800.jpeg

Ketika kamu berselancar di situs pencari kerja, profesi Data Science bisa dengan mudah kamu temukan. Perusahaan yang membutuhkan praktisi data pun datang dari berbagai bidang industri seperti perbankan, e-commerce, food and beverage, dan masih banyak lagi. Sehingga banyak orang dari berbagai latar belakang mulai tertarik mempelajari Data Science.


Apalagi di era digital seperti sekarang ini, pertumbuhan data semakin cepat dan juga beragam. Banyaknya data tersebut diolah dengan menerapkan ilmu Data Science. Data Science sendiri merupakan ilmu gabungan dari beberapa ilmu lainnya, seperti Statistika, Matematika, Programming, dan juga Bisnis.


Nah untuk menghadapi tren di era digital ini, belajar Data Science menjadi salah satu investasi yang bernilai cukup tinggi loh. Pada artikel ini, mimin akan memberikan sudut pandang yang bisa menjadi alasan penting bagi kamu untuk memulai belajar Data Science. Yuk, simak artikelnya!


1. Data Merupakan Bahan Bakar di Abad ke-21

Beberapa abad lalu, minyak dianggap sebagai black gold yang sangat berharga. Namun, dengan adanya revolusi industri nilainya semakin merosot karena adanya energi alternatif terbarukan. Di abad ke-21, black gold lain kembali ditemukan, black gold tersebut adalah data.


Data Science


Buktinya, semua sektor industri membutuhkan data, bahkan industri mobil sekalipun menggunakan data untuk meningkatkan keselamatan kendaraan yang mereka produksi. Data bisa dikatakan sebagai penggerak industri saat ini. Industri membutuhkan data untuk meningkatkan kinerjanya, membuat bisnis semakin berkembang, dan meningkatkan kualitas produk sesuai keinginan pelanggan.


Contoh pemanfaatan data adalah perusahaan bisa menganalisis pola perilaku pelanggan dari data sosial media untuk melacak trend pasar di waktu mendatang.


Baca juga : Membandingkan 2 Algoritma Data Science Populer 2023


2. Kompetensi Wajib di Zaman Digital

Perkembangan teknologi digital akan menghasilkan banyak sekali data dengan bentuk yang bermacam-macam. Banyak perusahaan yang mulai menyadari betapa pentingnya data untuk membuat keputusan.


Data Science


Dari data yang ada, kita bisa menemukan insight yang menarik dan bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk membuat keputusan. Secara umum, data bisa dikelompokkan menjadi 3 kelompok besar, yaitu data terstruktur, data semi terstruktur, serta data yang tidak terstruktur. 


Selama ini, kita mungkin hanya bertemu dengan data yang terstruktur yang berbentuk tabular saja. Sayangnya, untuk data semi terstruktur dan data yang tidak terstruktur sama sekali tidak bisa diperlakukan dengan cara yang sama seperti memperlakukan data terstruktur.


Data Science menjadi jawaban untuk permasalahan tersebut. Algoritma-algoritma yang tersedia di dalam nya bisa kita manfaatkan untuk mengolah data semi terstruktur dan data tidak terstruktur.


3. Siap Menghadapi Tren Masa Depan

Data menjadi hal yang sangat penting di era digital seperti sekarang ini. Melalui data kita bisa memperoleh informasi yang dibutuhkan untuk memajukan bisnis. Ilmu Data Science mampu menjadi salah satu solusi untuk mengimbangin perkembangan tersebut untuk dapat mengolah data secara cepat dan akurat. 


Data Science bisa diterapkan hampir di segala bidang seperti perusahaan yang bergerak di bidang retail, jasa, lembaga pemerintahan, dan lain sebagainya. Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan menerapkan Data Science salah satunya adalah sebagai bekal bagi perusahaan dalam menghadapi trend di masa depan. 


Tujuan ini bisa didapatkan dengan metode data mining. Data mining adalah proses pengumpulan informasi-informasi dari bank data atau database menggunakan metode AI, statistika, matematika, dan disiplin ilmu lainnya. 


Data Science


Data mining juga dikenal dengan nama lain yaitu Knowledge Discovery in Database (KDD), Data/pattern Analysis, Data Archeology, dan masih banyak lainnya. Terdapat fungsi utama data mining di perusahaan yaitu fungsi deskripsi untuk memahami lebih dalam mengenai data yang dianalisis dengan menemukan pola tertentu yang terdapat di balik suatu data.


Selanjutnya ada fungsi prediksi yang digunakan untuk menemukan pola tertentu dari suatu kumpulan data baik variabel-variabel yang ada maupun yang tidak ada di dalam data. Tujuannya adalah untuk melihat prediksi tren pasar yang berguna dalam keputusan bisnis.


4. Peluang Karir di Bidang Data

Karir sebagai praktisi data tidak hanya bisa dicapai untuk yang memiliki latar belakang IT, namun bisa juga untuk non IT. Hanya saja untuk yang non IT mungkin akan perlu lebih banyak waktu untuk mempelajari skillnya apalagi yang sebelumnya tidak pernah belajar programming.


Sekarang juga banyak webinar dan workshop yang berkaitan dengan Data Science dan profesi data yang bisa kamu ikuti secara gratis maupun berbayar. 


Data Science


Di Indonesia peluang karir sebagai Data Scientist dan Data Analyst masih tergolong tinggi. Data Scientist dan Data Analyst dibutuhkan berbagai bidang seperti industri, pemerintahan, kesehatan, pendidikan, kecantikan, dan lain sebagainya. Jenjang karir Data Scientist yaitu Junior Data Scientist, Senior Data Scientist, dan Chief Data Scientist. 


Gaji yang ditawarkan beragam tergantung pada tingkatan karir dan kebijakan industri. Untuk level awal atau junior berkisar antara 5 juta hingga 8 juta. Sedangkan untuk tingkat senior bisa lebih dari 20 juta. Sedangkan jenjang karir Data Analyst yaitu Junior Data Analyst dan Senior Data Analyst. Untuk entry level gaji yang ditawarkan berkisar antara 5 juta hingga 8 juta dan level senior bisa diatas 20 juta.


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


Data Science ternyata merupakan ilmu yang bisa menempatkan diri dimana saja. Perkembangan Data Science di berbagai sektor membuat kita harus mulai membuka mata untuk melihat peluang besar ini. Jika tidak ingin ketinggalan zaman, maka kita harus mengupgrade diri.


Salah satu caranya, kamu bisa mempelajari Data Science bersama DQLab. Di sana kamu akan mendapatkan module lengkap, sertifikat sebagai bukti telah menyelesaikan modul pembelajaran dan juga bisa langsung menerapkan pembelajarannya melalui fitur project yang tersedia. 


Tunggu apalagi? Yuk langsung bergabung dengan cara Sign Up di DQLab.id kemudian nikmati pembelajaran modul gratis “Introduction to Data Science with Python” atau “Introduction to Data Science with R”. Dengan memulai pembelajarannya dari sekarang, kamu siap menghadapi tantangan di era digital dan mewujudkan karirmu sebagai Data Scientist di tahun 2023.


Penulis: Salsabila MR

Editor: Annisa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :