DQLab Super Giveaway! Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp.99.000! DAFTAR

Pakai Kode: KUPON99K. Berakhir 0 Days 21 Jam : 42 Menit : 5 Detik

Alasan Mengapa Skill Data Analytics Perlu Dimiliki

Belajar Data Science di Rumah 04-Desember-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/ca2e35156b42b0b21c02686cfb3fcdb1_x_Thumbnail800.jpg

Profesi data analyst dipastikan akan menjadi profesi masa depan Namun, melihat potensi dan menariknya data analyst, sayangnya belum ada jurusan khusus yang membahas tentang data analyst. Tapi, tidak perlu khawatir, dengan pelatihan data analyst setidaknya akan membantu sahabat data dalam menyelami gambaran role data analyst. Menjamurnya kursus data analyst tentunya menghadirkan pelatihan data analyst yang bermanfaat bagi para peserta. Terlebih lagi, dalam rangka mempersiapkan talenta data yang siap terjun di industri data. Pelatihan data analyst biasanya melingkupi seputar tips interview dunia kerja di industri data, membangun kompetensi skillset data analyst, algoritma machine learning, penggunaan data science pada berbagai industri dan masih banyak lagi lainnya. 


Namun, sahabat data ada satu hal yang perlu kalian ketahui. Sebelum kalian mengikuti pelatihan data analyst, ada baiknya untuk kenali lebih dulu alasan mengapa skill data analytics perlu dikuasai oleh data analyst. Dilansir dari laman SAS mengatakan bahwa data analytics dapat membantu perusahaan memanfaatkan sekumpulan data dan menggunakannya untuk mengidentifikasi peluang baru. Pada dasarnya, penggunaannya mengarah kepada pergerakan bisnis yang lebih cerdas, operasi yang lebih efisien, laba yang lebih tinggi, dan pelanggan yang lebih bahagia. Maka demikian penting untuk diketahui. Kali ini, DQLab akan mencoba mengulik skill data analytics. Teruntuk kamu yang akan memulai karir sebagai data analyst, pastikan untuk disimak baik-baik ya.


1.Dapat Menjadi Problem Solver dan Communicator untuk Informasi Yang Rumit

Skill data analytics pada intinya memang berguna untuk memecahkan masalah, terutama dalam bidang data yang masalahnya cukup rumit. Dengan adanya skill analytics ini, kita juga dilatih untuk dapat memecahkan masalah dari skala kecil menjadi besar. Untuk ini wajar adanya apabila skill data analytics ini dikatakan dapat mempengaruhi seluruh bisnis data. Sebagai seorang data analyst, problem solving selalu dibutuhkan dalam menyikapi permasalahan industri melalui keluaran hasil analisis data.


Dalam mempelajari data analytics, seseorang tidak hanya diajarkan untuk memecahkan sebuah masalah. Namun, sekaligus juga diajarkan untuk bisa mengkomunikasikan informasi yang rumit kepada klien atau mereka yang membutuhkan tenaga data analytics. Keterampilan dalam berkomunikasi ini sangat penting, mengingat terkadang bahasa analisis data memang sulit dijelaskan kepada khalayak. Dengan komunikasi yang lancar otomatis akan memudahkan seorang data analytics dalam membantu perusahaan untuk melakukan pengambilan keputusan.


Baca juga : Data Science: Belajar Analisa Data


2.Permintaan Tinggi dan Banyak Dibutuhkan di Berbagai Bidang Industri

Karena keterbatasan sumber daya terutama di Indonesia, tenaga data analytics sangat langka dan sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Para pekerja dengan basic pendidikan analytics sudah pasti mendapatkan keuntungan besar, terutama soal gaji yang nilainya sangat tinggi. Hal ini wajar, mengingat dalam mempelajari data analytics cukup sulit. Namun, bagi sahabat data yang sebelumnya bukan berlatar belakang pendidikan STEM, tidak perlu khawatir. Pelatihan Data Analyst akan membantu kamu setidaknya memahami role data analyst serta keterampilan yang dibutuhkan oleh industri. Selain keuntungan finansial, ternyata profesi ini juga dibutuhkan di berbagai bidang. Terutama dalam dunia industri bisnis, penerbangan maupun pemerintahan. Pasalnya, semakin sering suatu perusahaan bermain dengan database, maka semakin mereka juga membutuhkan tenaga data analytics.


Baca juga : Ingin Menjadi Data Analyst? Yuk, Simak 3 Tipsnya dari Senior Praktisi Data Langsung 


3.Profesi Idaman Industri Data

Semakin banyaknya permainan terhadap data, semakin banyak pula peluang data analytics untuk mendapatkan pekerjaan yang mereka idamkan. Tak hanya itu, semakin banyak pakar yang mendorong masyarakat akan pentingnya profesi ini, maka semakin banyak pula orang yang tertarik untuk mempelajarinya. Seorang data analytics bebas memilih berbagai bidang pekerjaan terkait yang sesuai dengan keinginannya. Sebab, profesi data sangat luas cakupanya misalnya saja Anda bebas memilih untuk menjadi Metrik dan Spesialis Analytics, Data Analyst, Big Data Engineer serta Konsultan Data Analytic. Andapun nantinya kemungkinan dapat bergabung dalam organisasi besar seperti, IBM, ITrend, Opera, Oracle dan lainnya.


4.Yuk Mulai Belajar Data Science Sekarang!

Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industri data yang sebenarnya! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

1.Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

2.Akses module Introduction to Data Science

3.Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

4.Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!


Penulis: Reyvan Maulid Pradistya

Editor : Annissa Widya


Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!