PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 13 Jam 19 Menit 5 Detik 

Alasan Pentingnya Belajar Data Science di Era Digital, Pemula Catat!

Belajar Data Science di Rumah 23-Juli-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/fd39f1488c923b1bd1ba9e24f44f6ee5_x_Thumbnail800.jpg

Di era digital yang serba menggunakan teknologi seperti sekarang ini, data menjadi elemen yang penting bagi industri manapun sebagai alat dalam pengambilan keputusan. Namun untuk menjadikan data sebagai sebuah informasi yang berguna, diperlukan proses analisis seperti mengumpulkan, merapikan hingga melakukan analisa. 


Proses tersebut tentu tidak mudah karena jumlah data yang harus dikumpulkan dan dianalisis banyak dan terus berkembang. Hal tersebut menjadi alasan mengapa kini terdapat berbagai jenis pekerjaan di bidang Data Science yang semakin diperlukan oleh perusahaan hingga Start-Up. Bahkan pemerintah pun memerlukan Data Science untuk mengatur kebijakan yang akurat.


Untuk menghadapi tren di era digital, belajar  Data Science menjadi salah satu investasi yang bernilai cukup tinggi. Dengan kompetensi Data Science yang dimiliki, kita akan mampu menganalisis data dimanapun berada, memiliki kemampuan Problem Solving yang baik, serta keterampilan di berbagai bidang ilmu lainnya. 


Sebagai contoh, Data Scientist, salah satu profesi yang bergerak di bidang data dituntut untuk selalu bisa beradaptasi dengan tren yang terus berubah-ubah. Dengan bekal ilmu yang dimiliki, Data Scientist diharapkan mampu untuk mengikuti arus perubahan.


Pada artikel DQLab ini akan memberikan sudut pandang yang bisa menjadi alasan penting bagi kamu untuk memulai belajar  Data Science. Melihat profesi Data Scientist menjadi posisi yang paling banyak dibutuhkan oleh perusahaan hingga hari ini. Semakin penasaran kan? Yuk, simak artikelnya!


1. Sebagai Kompetensi Wajib di Era Digital

Data Science

Seperti yang sudah disinggung di awal paragraf, lahirnya era digital ini didukung oleh boomingnya era internet di tahun 2005 dimana penggunanya bisa mencapai 1 Milyar pengguna dan hingga saat ini pengguna internet akan terus berkembang, hal tersebut selaras dengan membludaknya data. Oleh sebab itu, munculah era yang disebut œBig Data. 


Eksistensi Big Data membuat Data Science menjadi kompetensi yang wajib dikuasai di era digital ini, karena dengan menerapkan Data Science maka sekumpulan data tersebut dapat diolah dengan melalui proses sedemikian rupa agar dapat dimanfaatkan untuk keperluan bisnis.


Beberapa kompetensi yang wajib dikuasai oleh seorang Data Scientist seperti skill programming, analisis statistik dan matematika, analisis resiko, Machine Learning, Data Mining, pengetahuan kalkulus dan aljabar, dan penyimpanan serta struktur data besar. Seorang Data Scientist juga harus berpikir kritis, problem solving yang baik, dan kemampuan komunikasi yang efektif.


Baca juga : Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!


2. Profesi yang Menjanjikan

Data Science

Manfaat yang sangat besar jika kamu mempelajari Data Science adalah kamu berpotensi untuk bisa menggapai profesi yang menjanjikan saat ini. Setidaknya profesi ini cukup menjanjikan di masa mendatang dalam 5 tahun ke depan. Kamu bisa memilih sejumlah profesi yang ada di lingkup Data Science, seperti Data Scientist, Data Analyst, dan Data Engineer. 


Gaji yang ditawarkan juga cukup menggiurkan. Menurut hasil riset PHI-Integration menunjukan gaji seorang Data Scientist untuk Fresh Graduate bisa mencapai Rp 12-15 juta. Sayangnya, di Indonesia sendiri tenaga praktisi data masih belum tercukupi karena dalam belajar Data Science dibutuhkan kemampuan yang spesifik agar dapat mengolah data dengan baik. Selain itu, kemampuan dalam mengkomunikasikan hasil pengolahan data juga penting agar mudah dipahami orang banyak. Tetap semangat ya, Sobat Data!


3. Pentingnya Data Driven Dalam Bisnis

Data Science

Data driven merupakan salah satu pendekatan yang dilakukan ketika mengerjakan pekerjaan dengan data sebagai acuan atau landasannya. Data driven akan fokus pada proses analisis, interpretasi, dan penyajian data sesuai yang dibutuhkan. Sederhananya, data driven adalah suatu cara dalam melakukan pekerjaan berdasarkan data yang ada. Dengan data driven, perusahaan bisa memperoleh solusi yang tepat bagi perusahaan menurut kondisi perusahaan saat itu. 

Terdapat beberapa alasan mengapa data driven penting yaitu sebagai berikut:

  • Membuat pekerjaan lebih terarah

  • Membantu dalam memaksimalkan pemasaran produk

  • Membantu analisis penjualan

  • Memudahkan dalam melakukan prediksi di masa mendatang

  • Sebagai dasar dalam pengambilan keputusan atau kebijakan suatu perusahaan.


4. Membantu Melihat Dunia dengan Baik

Data Science

Setiap manusia pastinya menginginkan sebuah inovasi yang dapat membantu menyelesaikan masalah atau membantu menentukan sebuah pilihan dengan tepat, dengan belajar Data Science sahabat DQ akan memungkinkan mengeluarkan sebuah ide atau karya inovasi dan kemudian dapat membuat penemuan yang berguna bagi khalayak.


Data Science sudah berekspansi dalam pengaplikasiannya, sehingga di berbagai macam industri pun mulai menerapkan ilmu Data Science dan juga memiliki sumber daya seorang praktisi yang handal dalam pengaplikasiaannya. Sebagai contoh yaitu menerapkan ilmu Data Science dalam industri kesehatan, adapun sub ilmu Data Science seperti AI dan Machine Learning yang membantu kebutuhan pasien berdasarkan data dan analisis secara mendalam. Dengan demikian, pasien akan mendapatkan perawat dengan baik dan benar sesuai aturan yang sesuai kebutuhannya.


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


Setelah mengetahui beberapa poin diatas, yakin masih ragu untuk belajar Data Science? Yuk, tanpa ragu lagi dan mulai bergabung bersama platform belajar online DQLab untuk belajar Data Science secara GRATIS!


Modul DQLab disusun secara terstruktur mulai untuk beginner hingga penerapannya di berbagai bidang sehingga kamu bisa belajar Data Science dari basic hingga advanced.


Caranya mudah banget, dengan hanya coba buat akun disini DQLab.id, serta kamu juga bisa cobain free module "Introduction to Data Science with R" dan "Introduction to Data Science with Python".


Ayo, nikmati pengalaman menarik belajar Data Science yang seru dan menyenangkan!


Penulis : Salsabila MR

Editor : Annisa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :