GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 0 Jam 0 Menit 47 Detik 

Alasan Python Bahasa Terbaik untuk Membangun Machine Learning

Belajar Data Science di Rumah 02-Juni-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/e4db04fb9a22a8f69867c11f159660b7_x_Thumbnail800.jpg

Machine learning merupakan istilah yang banyak diperbincangkan seperti di media sosial, webinar, dan lain sebagainya. Machine learning adalah sebuah teknologi yang mampu belajar layaknya manusia. Teknologi ini akan mempelajari data kemudian memberikan output berdasarkan data tersebut. Seiring berjalannya waktu, teknologi machine learning dapat mengembangkan kemampuannya. Semakin banyak dilatih dengan berbagai macam data, machine learning akan semakin berkembang.


Penerapan machine learning tentunya membutuhkan tools dalam pengembangannya. Python merupakan bahasa pemrograman yang sering digunakan dalam pengembangan machine learning. Bukan tanpa alasan, beberapa penelitian menunjukkan sisi positif dari Python ketika digunakan untuk machine learning. Dilansir dari beberapa sumber, ini dia beberapa alasan mengapa Python menjadi bahasa terbaik untuk machine learning. Yuk, simak dibawah ini!


1. Bahasa yang Mudah Dipelajari

machine learning


Bahasa pemrograman Python adalah bahasa yang fokus pada keterbacaan kode sehingga memudahkan dalam pengembangan programnya. Kode yang digunakan dalam Python cenderung pendek dan menggunakan bahasa inggris yang mudah dipahami. Jadi, selama sahabat DQ mempunyai kemampuan bahasa inggris yang baik, kamu bisa mempelajari bahasa pemrograman Python dengan mudah. 


Sintaks yang digunakan juga tergolong sederhana sehingga hubungan antar elemen sistem jelas jadi pemula sekalipun dapat dengan mempelajarinya dengan nyaman. Selain itu, Python juga menyediakan fitur-fitur interaktif yang memudahkan pengembang dalam membangun sebuah program seperti pengujian, debugging, penyelesaian tab, dan lain sebagainya. 


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Library yang Beragam 

machine learning


Selain mudah dipelajari, Python dapat diandalkan dalam data science karena memiliki library yang beragam. Untuk membangun machine learning sendiri, ada beberapa library Python yang sering digunakan seperti Numpy, Scipy, TensorFlow, dan PyTorch. Library-library ini cukup powerful dan dapat diandalkan. 


Library Python memungkinkan pengembang untuk melakukan data processing secara kontinu yang diperlukan machine learning untuk mengakses, menangani, dan mengubah data yang ada. Instalasi dan penggunaan library dalam Python juga mudah, bisa dengan menggunakan pip atau conda di cmd (command prompt). Library Python bisa kamu dapatkan dengan mudah di website resminya. 


3. Fleksibilitas 

machine learning

Bahasa Python dikenal dengan fleksibilitasnya karena memberikan pilihan penggunaan OOP (Object Oriented Programming) atau scripting dan dapat digabungkan dengan bahasa pemrograman lainnya untuk mengoptimalkan tujuan pengembangan program. Pengembang juga dapat memilih gaya pemrogramannya sendiri sesuai yang diinginkan atau sesuai dengan kebutuhan. 


Disamping itu Python untuk machine learning mampu dijalankan di semua platform seperti Windows, MacOS, Linux, Unix, dan lainnya. Pengembang hanya perlu melakukan sedikit modifikasi di beberapa bagian agar dapat dijalankan pada platform yang dipilih. Agar lebih praktis, kita juga bisa menggunakan paket PyInstaller untuk lebih memudahkan dalam mempersiapkan kode secara otomatis dan dapat dijalankan di berbagai platform. 


4. Dukungan Komunitas yang Luas

machine learning


Dengan banyaknya fitur yang disediakan oleh Python membuat bahasa pemrograman ini populer dan menjadi pilihan terbaik untuk mengembangkan program. Banyak developer atau pengembang yang menggunakan Python baik untuk pengembangan program web, aplikasi, hingga machine learning. Sehingga pengguna Python menjadi semakin banyak dan solid. Pengguna Python memiliki komunitas yang luas dimana anggotanya terdiri dari beragam tingkatan dari senior hingga junior. 


Tak jarang programmer senior membagikan tips serta menjawab pertanyaan-pertanyaan teknis yang diberikan member lainnya di grup. Para member grup bisa dengan bebas berdiskusi mengenai pemrograman Python mulai dari yang dasar sampai yang lebih dalam misalnya mungkin ketika kamu sedang mengalami kesulitan dalam mengerjakan suatu project. Komunitas Python termasuk komunitas yang aktif dalam berdiskusi tentang Python. 


Baca juga : Kenali Algoritma Klasifikasi Machine Learning Terpopuler di Tahun 2021


Machine learning adalah kemampuan yang wajib dimiliki ketika kamu ingin menjadi praktisi data seperti Data Scientist. Selain mengolah data, Data Scientist juga bertugas dalam membangun machine learning. Biasanya jika ada rekrutmen, maka machine learning termasuk skill utama yang dicari dari talent data. 


Tidak punya backgorund IT tapi ingin jadi Data Scientist? Tentu bisa, dong. Yuk, belajar bareng DQLab! Dengan Sign Up di DQLab.id kamu akan belajar skill Data Scientist dengan modul terstruktur sehingga pemula dapat belajar data secara bertahap. 


Penulis: Dita Kurniasari

Editor: Annissa Widya

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!