PROMO BACK TO SCHOOL, HEMATNYA SERU! DISKON 95% + Cashback*
Cuma Rp 159K bisa belajar data science 6 bulan
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 19 Jam 12 Menit 16 Detik 

Alasan Visualisasi Data Penting untuk Penuhi Skill Data Analyst

Belajar Data Science di Rumah 24-April-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2e0687ec52ed10b382b73a58666d6439_x_Thumbnail800.jpg

Dewasa ini, perusahaan-perusahaan di seluruh dunia bersedia merekam interaksi pengguna terhadap produk atau layanan mereka agar dapat mengidentifikasi tren, pola, dan apapun untuk mendapatkan wawasan tentang target pasar mereka. Dengan manfaat visualisasi data seorang data analyst pembuat keputusan bisnis yang tepat yang akan mendorong mereka menuju kesuksesan dan meningkatkan kinerja mereka. Dalam Business Intelligence, mengeksplorasi data user experience yang tak ternilai ini mengambil bentuk visualisasi data. Visualisasi data berarti menyajikan data mentah melalui representasi grafis yang memungkin analis dan eksekutif bisnis untuk mengeksplorasi data dan mengungkap wawasan yang dalam. Format visual ini memungkinkan seseorang untuk membuat keputusan yang cepat dan efektif karena jauh lebih mudah bagi orang untuk memahami informasi melalui visual daripada laporan mentah.


Untuk menjadi seorang data analyst harus memiliki kemampuan teknis atau hard skill yang mumpuni salah satunya adalah dapat memvisualisasikan data. Menggunakan visualisasi, kamu dapat mengidentifikasi area bisnis yang membutuhkan perhatian dan peningkatan serta manfaat visualisasi data lainnya. Artikel ini akan membahas tentang alasan mengapa visualisasi data penting kamu kuasai sebagai salah satu syarat untuk berkarir sebagai data analyst. Jadi, simak terus artikel ini sampai selesai, ya!


1. Lebih Memahami Latar Belakang Permasalahan

Data Analyst

Visualisasi data adalah senjata untuk melancarkan aksi kamu dalam memahami suatu cerita atau masalah tertentu. Dengan merancang visualisasi data kamu dengan cara yang menarik, kamu dapat membantu audiens dalam memahami cerita atau suatu permasalahan. Dalam menyampaikan suatu cerita pastikan selalu menggunakan cara yang paling sederhana, tanpa visualisasi rumit yang berlebihan.


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Analisis Lebih Baik

Data Analyst

Dengan melakukan visualisasi data, kamu dapat terbantu dalam hal analisis data agar menjadi lebih baik lagi. Dengan visualisasi data dapat membantu pemangku kepentingan bisnis menganalisis laporan tentang penjualan, strategi pemasaran, dan minat produk. Berdasarkan analisis, visualisasi data dapat fokus pada bidang-bidang yang membutuhkan perhatian untuk meningkatkan laba, yang pada gilirannya membuat bisnis lebih produktif. Selain itu, otak manusia menggenggam visual lebih mudah daripada laporan tabel. Visualisasi data memungkinkan pembuat keputusan untuk diberitahu dengan cepat dari wawasan data baru dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk pertumbuhan bisnis.


3. Untuk Mengidentifikasi Pola

Data Analyst

Sejumlah data yang besar dan rumit memberikan banyak peluang untuk melihat wawasan ketika kami memvisualisasikan data. Visualisasi memungkinkan pengguna bisnis untuk mengenali hubungan antara data, memberikan makna yang lebih besar padanya. Menjelajahi pola-pola ini dapat membantu pengguna fokus pada area tertentu yang memerlukan perhatian dalam data, sehingga mereka dapat mengidentifikasi area tersebut untuk mendorong bisnis kamu kedepannya. Dengan melihat dan mengidentifikasi pola-pola yang terbentuk maka akan selaras dengan kecepatan waktu mengidentifikasi kesalahan dalam data. Jika data cenderung menyarankan tindakan yang salah, visualisasi mengidentifikasi data yang salah lebih cepat sehingga dapat dihapus dari analisis.


4. Untuk Melihat Trend Bisnis Memahami Tren Terbaru

Dalam lingkungan bisnis yang sangat kompetitif saat ini, menemukan insight dari sekumpulan data merupakan suatu kebutuhan yang crucial dan wajib. Caranya dengan menemukan korelasi data menggunakan representasi visual adalah kunci untuk mengidentifikasi insight bisnis. Dengan mengeksplorasi suatu insight penting bagi pengguna bisnis atau eksekutif untuk mengatur proses agar mencapai tujuan bisnis bersama. Dengan menggunakan visualisasi data, kamu dapat menemukan tren terbaru dalam bisnis kamu untuk menyediakan produk-produk berkualitas dan mengidentifikasi masalah sebelum muncul. Tetap di atas tren, kamu dapat melakukan lebih banyak upaya untuk meningkatkan laba untuk bisnis kamu. Dengan memahami tren terbaru, maka kamu dapat melihat peluang-peluang bisnis yang mungkin sebelumnya belum terpikirkan oleh kamu.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


5. Yuk, Ikuti Data Analyst Career Track dari DQLab Sekarang!

Kamu pemula yang tidak memiliki background STEM? Jangan khawatir, karena gelar bukan halangan untuk menguasai ilmu data analyst agar bisa berkarir di industri 4.0. Mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir. Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!


Penulis: Rian Tineges

Editor: Annissa Widya Davita













Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!