MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 3 Jam 34 Menit 10 Detik 

Algoritma Artificial Intelligence Berikut Fakta yang Harus Kamu Ketahui!

Belajar Data Science di Rumah 27-April-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/0e3093d2e41e2b55e6a0e16f2ab0f448_x_Thumbnail800.jpeg

Perkembangan teknologi yang sangat pesat ternyata menciptakan hal-hal baru yang dapat memudahkan kehidupan manusia. Salah satunya dengan adanya teknologi Artificial Intelligence. Teknologi ini memungkin kan mesin dapat bertindak layaknya manusia. Teknologi ini dapat berpikir rasional layaknya manusia dan mengambil action yang tepat agar mencapai goals yang spesifik. Salah satu bagian dari Artificial Intelligence ini adalah Machine Learning yang menjadi kepala yang dapat memikirkan keputusan mana yang tepat berdasarkan hasil pembelajarannya.

Perusahaan yang telah menggunakan Artificial Intelligence dapat menghemat budgetnya karena pekerjaan yang biasanya dikerjakan oleh manusia dapat dikerjakan oleh AI ini. Di lain sisi, teknologi ini membuat manusia mau tidak mau harus terus meng-upgrade dirinya agar tetap bisa bertahan di saat teknologi sudah mulai mengancam untuk menggantikan posisi manusia. Nah, dalam artikel ini akan dibahas mengenai fakta-fakta menarik mengenai Artificial Intelligence (AI). Penasaran kan? Yuk, simak artikelnya!

1. Komponen dari Artificial Intelligence

Artificial Intelligence memiliki beberapa komponen tertentu sehingga dapat berpikir dan mengambil action layaknya manusia. Komponen-komponen tersebut adalah :

Learning

Sama hal nya seperti manusia yang harus terus belajar agar dapat mengambil keputusan yang tepat, teknologi AI pun juga harus belajar. Pembelajaran yang paling sederhana dapat menggunakan training dan testing untuk memecahkan permasalahan yang spesifik.

Reasoning

Untuk bisa mengambil action yang tepat, maka dibutuhkan kemampuan dalam mencari alasan yang sesuai mengapa action tersebut harus diambil. Reasoning terbagi menjadi deductive dan inductive. Inductive reasoning banyak digunakan dalam penelitian science, sedangkan deductive reasoning digunakan lebih ke arah logika dan matematika.

Problem Solving

Komponen lain yang harus dimiliki oleh AI adalah problem solving. Dalam AI dapat dicirikan sebagai pencarian sistematis melalui berbagai tindakan yang mungkin dilakukan untuk mencapai beberapa tujuan atau solusi yang telah ditentukan sebelumnya.

Perception

Persepsi dari AI hingga saat ini, terbilang sudah cukup canggih untuk memungkinkan sensor optik mengidentifikasi individu, kendaraan otonom untuk mengemudi dengan kecepatan sedang di jalan terbuka, dll.

Language

Bahasa bisa dibilang menjadi komponen yang tidak kalah pentingnya. Terlebih lagi untuk teknologi AI yang diterapkan di chatbot. Sebenarnya bahasa tidak hanya terbatas pada kata-kata, melainkan juga bisa berbentuk warning, tanda-tanda, dll.

Baca juga : 3 Jenis Algoritma Machine Learning yang Dapat Digunakan di Dunia Perbankan

2. Weak Artificial Intelligence (Narrow AI)

Weak AI atau lebih sering disebut sebagai Narrow AI merupakan jenis kecerdasan buatan yang sifatnya terbatas. Narrow AI ini biasanya akan difokuskan untuk mengerjakan hal yang spesifik. Karena kemampuannya dalam menyelesaikan permasalahan tersebut, kategori ini disebut sebagai simulasi kecerdasan manusia. Padahal kategori AI ini beroperasi pada batasan yang jauh di bawah kecerdasan manusia yang paling dasar sekalipun. Contoh AI dengan kategori ini adalah Asisten Virtual seperti Siri, Alexa, dan asisten lainnya, pencarian Google, mobil yang dapat mengemudi otomatis, dan masih banyak lagi.

3. Strong Artificial Intelligence (Artificial General Intelligence)

Strong AI atau Artificial General Intelligence (AGI) adalah jenis kecerdasan buatan yang mampu menyelesaikan lebih banyak permasalahan seperti halnya manusia. Akan tetapi, permasalahan yang biasanya dapat diselesaikan oleh kecerdasan buatan kategori ini lebih ke arah permasalahan umum. Kecerdasan jenis ini lebih sering kita lihat di dalam film, seperti robot dari Westworld atau Data dari Star Trek: The Next Generation. AGI memang telah menjadi inspirasi fiksi ilmiah distopia sejak lama, dimana robot super cerdas menguasai umat manusia. Namun  para ahli sepakat bahwa itu bukanlah sesuatu yang harus kita khawatirkan akan terjadi dalam waktu dekat.


Baca juga : Belajar Data Science: Pahami Penggunaan Machine Learning pada Python

4. Yuk, BELAJAR DATA SCIENCE GRATIS DI DQLAB SELAMA 1 BULAN                                           

Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.

Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!