Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS
SIGNUP GRATIS

Algoritma Data Science & Contohnya Dalam Kehidupan Sehari-hari

Belajar Data Science di Rumah 05-Juli-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/bb092a2b0b61793c5ce48a58e4343419_x_Thumbnail800.jpg

Algoritma data science memiliki banyak kegunaan dan bisa diaplikasikan di berbagai bidang, seperti penambangan teks, analisis genomik, dan analisis keuangan. Berkembangnya big data yang sangat signifikan menyebabkan penggunaan algoritma data science terus meningkat hal ini karena tidak semua tools konvensional bisa digunakan untuk mengolah big data. 


Algoritma data science banyak berkembang akibat penelitian akademik dan industri yang memproduksi algoritma data science untuk mengotomatisasikan beberapa pekerjaan yang sama secara berulang-ulang. Dengan adanya algoritma data science, pekerjaan menjadi lebih cepat dan efektif.


Artificial intelligence dan big data adalah dua bidang utama yang akan mendorong pasar data science global selama beberapa tahun kedepan karena semakin banyak perusahaan yang ingin merampingkan operasi bisnis dengan memanfaatkan data internal maupun eksternal mereka. Karena jumlah data yang dihasilkan oleh manusia, mesin, dan sensor meningkat dengan cepat, sejalan dengan meningkatnya kebutuhan teknik lanjutan untuk mengumpulkan, memahami, memproses, dan memvisualisasikan data. 


Bahkan saat ini algoritma data science mulai banyak diaplikasikan di berbagai bidang. Penasaran apa saja contoh bidang yang bisa memanfaatkan algoritma data science dan bagaimana cara menggunakannya? Yuk kita simak artikel berikut ini sampai akhir!


1. Healthcare

Data science sedang digunakan di banyak aplikasi perawatan kesehatan yang berbeda, mulai dari sistem pendukung keputusan klinis hingga perangkat yang dapat digunakan. Layanan kesehatan dapat memanfaatkan analisis data dalam hal penelitian, pemantauan pasien, dan diagnostik. Misalnya, dokter menggunakan data science untuk mendapatkan diagnosis yang akurat untuk pasien kanker berdasarkan riwayat medis, latar belakang kesehatan keluarga, dan lain sebagainya. Selain itu, dokter juga dapat meresepkan perawatan yang paling sesuai untuk pasien tertentu pada waktu tertentu.

data science


Baca juga: Memahami Keunggulan dan Manfaat Data Science dalam Dunia Bisnis


2. Customer Profiling dan Engagement

Lembaga keuangan saat ini mulai fokus mempelajari data pelanggan dan mengikuti tren pasar terbaru. Untuk tujuan ini, mereka menggunakan data science untuk mengidentifikasi pasar baru yang dapat dimanfaatkan untuk pertumbuhan bisnis. Selain itu, bank juga menggunakan data science untuk memahami perilaku nasabah saat ini dan merekomendasikan produk baru untuk meningkatkan basis konsumen.


Banyak bank menggunakan algoritma data science untuk melacak perilaku pelanggan secara berkelanjutan dan menyediakan layanan yang dipersonalisasi. Misalnya, bank menggunakan data pelanggan atau nasabah untuk mengirim email pemasaran yang dipersonalisasi yang menyarankan produk keuangan yang mungkin menarik bagi nasabah mereka.

data science


3. Asuransi

Data science dapat membantu perusahaan asuransi untuk dapat memprediksi peluang klaim yang diajukan oleh nasabah tertentu. Hal ini memungkinkan perusahaan asuransi untuk menetapkan tarif atau setoran berdasarkan catatan klaim nasabah di masa mendatang. Misalnya, jika seseorang mengalami kecelakaan dan mengajukan klaim dalam waktu dua bulan sejak pembelian polis, kemungkinan besar orang tersebut akan mengajukan klaim lain dalam waktu dekat menggunakan model heuristik atau prediktif. Dengan menggunakan teknik seperti itu, perusahaan asuransi meningkatkan ROI dan nasabah juga mendapatkan layanan yang lebih baik.

data science


4. Pengenalan Gambar

Pengenalan gambar digunakan untuk situs web yang mendukung konten dan memungkinkan users untuk mencari hal-hal yang mereka cari di internet menggunakan gambar. Teknik ini juga membantu dalam pencarian visual, deteksi wajah, penandaan foto, dan lain sebagainya. Selain itu, algoritma machine learning digunakan untuk memproses data yang dikumpulkan dari kamera CCTV. Algoritma ini dapat mengidentifikasi pola tertentu yang mungkin berguna dalam penyelidikan atau membantu menemukan penjahat melalui pengenalan gambar.

data science


Baca juga: 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


Ingin belajar berbagai algoritma data science dan bagaimana cara menggunakannya di berbagai bidang industri? Yuk belajar dari modul DQLab! Selain belajar teori, kita juga akan praktik langsung menggunakan data yang mencerminkan data real di dunia industri. Klik button di bawah ini untuk mengakses modul GRATIS "Introduction to Data Science" dengan R dan Python serta nikmati experience menarik menggunakan live code editor dari DQLab. Selamat belajar!


Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita






Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :