[LAST DAY] MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 1 Jam 40 Menit 27 Detik 

Algoritma Python : 3 Buku Python dalam Bahasa Indonesia Ini Layak Dijadikan Pegangan Bagi Pemula

Belajar Data Science di Rumah 21-April-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/38311b20614fa32703b2a5ba50089a26_x_Thumbnail800.jpg

Algoritma Python termasuk ke bagian yang cukup penting di dalam ilmu Data Science, mengingat Python adalah salah satu bahasa pemrograman yang banyak digunakan dalam ilmu ini. Sehingga mau tidak mau siapapun yang memutuskan untuk bergabung ke dunia Data Science memang harus bisa menguasai algoritma Python, termasuk pemula sekali pun. Ada banyak sekali cara belajar yang dapat diterapkan oleh pemula agar dapat menguasai materi-materi yang berhubungan dengan Data Science.

Salah satu caranya bisa dengan menemukan informasi yang ada di buku. Biasanya, jika Data science diterapkan pada bidang yang lebih condong ke arah akademik, maka untuk mendapatkan informasi yang dianggap valid akan lebih banyak menggunakan buku dan jurnal. Umumnya, buku untuk belajar pemrograman termasuk Python akan dikemas dengan Bahasa Inggris, sementara tidak semua orang bisa menguasai Bahasa Inggris dengan fasih. Sehingga adanya buku untuk belajar Python yang dikemas dengan bahasa Indonesia sangat dibutuhkan. 

Dalam artikel ini akan membahas beberapa buku Python yang ditulis dalam Bahasa Indonesia. Buku-buku ini nantinya bisa dijadikan pegangan untuk belajar Python, bahkan bagi pemula sekalipun. Penasaran kan? Yuk, simak artikelnya!

1. Fundamental of Python for Machine Learning

Buku karangan Teguh Wahyono ini sangat cocok bagi kamu pemula yang sedang ingin mempelajari Machine Learning namun menggunakan Python. Di dalam buku ini, pembahasannya terbagi menjadi tiga bagian besar, yaitu konsep Machine Learning dan Artificial Intelligence (kecerdasan buatan), dasar-dasar pemrograman Python untuk Machine Learning, dan contoh penerapan Machine Learning dengan menggunakan Python. Buku ini juga dilengkapi dengan studi kasus yang dibahas secara lengkap, mulai dari pembahasan mengenai pemahaman akan algoritma, pembagian dataset, pengembangan model Machine Learning yang didapatkan, hingga visualisasi dari model yang didapatkan.

Baca juga : 3 Jenis Algoritma Machine Learning yang Dapat Digunakan di Dunia Perbankan

2.  Logika Pemrograman Python

Buku ini lebih menekankan ke arah penyelesaian masalah dengan menggunakan Python, itulah mengapa isi dari buku ini lebih ke arah panduan agar memahami bagaimana caranya permasalahan yang ada diubah ke logika pemrograman sehingga dapat digunakan dalam menyelesaikan masalah. Buku karangan Abdul Kadir ini sangat cocok jika dijadikan panduan untuk belajar Python secara otodidak. Ada banyak contoh studi kasus yang diberikan lengkap dengan penjelasannya. Tentunya studi kasus dan pembahasan ini dikemas dengan bahasa yang ringan dan mudah dimengerti oleh pemula.

3. Data Mining dan Big Data Analytics Menggunakan Python dan Apache Spark

Buku yang satu ini tentunya berisi pembahasan mengenai cara melakukan big data analytics dengan Apache Spark, serta disajikan dengan hands on coding Python step by step. Berbagai metode pemecahan masalah juga dibahas, seperti regresi, klasifikasi, analysis sentiment dengan data dari Twitter, dan masih banyak lagi. Selain itu, agar proses big data analytics menjadi lebih cepat dan efektif, maka akan dipandu juga mengenai cara membuatan cluster komputer menggunakan Apache Spark. Buku karya Budi Santosa dan Ardian Umam ini terbilang cocok untuk pemula yang tidak pernah menggunakan Python dan Apache Spark sebelumnya, karena disediakan lampiran tutorial instalasi, serta tutorial pemrograman Python.

Baca juga : Belajar Data Science: Pahami Penggunaan Machine Learning pada Python


4. Yuk Mulai Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!       


Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


    Penulis : Gifa Delyani

    Editor : Annissa Widya Davita


      Postingan Terkait

      Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!