GRAB IT FAST! Belajar Data Science 6 Bulan Hanya Rp. 149.000. DAFTAR

Pakai Kode: DQCEPATBerakhir 2 Days 4 Jam : 51 Menit : 19 Detik

Analisis Data Adalah: Mengenal Pengertian, Jenis, Dan Prosedur Analisis Data

Analisis Data Adalah: Mengenal Pengertian, Jenis, Dan Prosedur Analisis Data

Belajar Data Science di Rumah 21-April-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d4fa4ca5e51f7dd87afa462fdfa75111_100_persen.jpg

Analisis data adalah skill yang wajib dimiliki seorang praktisi data. Dalam melakukan proses analisis data dibutuhkan pemikiran yang kritis serta kemampuan problem solving yang baik. Kemampuan ini diperlukan agar dapat menentukan metode analisis data yang tepat. Penggunaan metode analisis data yang tepat sangat berpengaruh pada hasil analisis. Jika keliru memilih metode analisis data, bisa jadi hasil yang diinginkan tidak tercapai sehingga tentu saja akan membuang waktu dan tenaga. 


Data Analyst dan Data Scientist merupakan profesi di bidang data yang menuntut kemampuan analisis data yang baik. Kedua profesi tersebut juga menjadi profesi yang banyak dicari di era big data seperti sekarang. Melihat prospek kedua profesi tersebut menjanjikan, banyak orang mulai belajar data dan beralih profesi sebagai praktisi data. Namun sebelum itu, kamu perlu tahu dulu tentang analisis data. Artikel kali ini akan membahas lebih dalam mengenai analisis data. Yuk, simak pembahasannya dibawah ini! 


1. Apa Itu Analisis Data? 

Analisis data adalah proses pengolahan data dengan tujuan untuk menemukan informasi yang berguna yang dapat dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan untuk solusi suatu permasalahan. Proses analisis ini meliputi kegiatan pengelompokkan data berdasarkan karakteristiknya, melakukan pembersihan data, mentransformasi data, membuat model data untuk menemukan informasi penting dari data tersebut. Tak lupa data yang sudah melalui proses tersebut harus disajikan dalam bentuk yang menarik dan mudah dipahami oleh orang lain biasanya dalam bentuk grafik atau plot. Penggunaan teknologi sekarang hampir menyentuh segala aktivitas kita. Teknologi ini tentu berhubungan dengan data dimana akan terus bertambah setiap waktu. Jika data dibiarkan menumpuk, maka data hanya akan menjadi hal yang sia-sia. Padahal data bisa diolah dan dimanfaatkan untuk mendapatkan informasi yang berguna. Oleh sebab itu, analisis data merupakan langkah dalam pengolahan data yang sangat penting. Adapun analisis data memiliki berbagai macam pendekatan atau teknik yang dapat digunakan. 

Baca juga : Data Analisis : 2 Jenis Metode yang Penting Untuk Kamu Tahu dalam Analisis Data


2. Jenis Analisis Data

Saat melakukan penelitian, terdapat beberapa jenis analisis data yaitu analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Analisis kualitatif adalah analisis secara sistematis yang tidak menggunakan model matematika atau statistika. Dengan kata lain analisis ini dilakukan dengan membaca tabel, grafik, atau data lainnya yang sudah tersedia yang diperoleh dari berbagai sumber dengan teknik pengumpulan data tertentu. Tujuan analisis kualitatif adalah untuk menemukan makna dari data-data tersebut. Analisis kuantitatif adalah analisis yang menggunakan model matematika atau statistika dalam memproses datanya. Hasil analisis biasanya berupa angka-angka yang akan disajikan dan diuraikan oleh peneliti. Adapun teknik yang digunakan dalam analisis kuantitatif yaitu teknik analisis deskriptif dan teknik analisis inferensial yang memiliki fungsinya masing-masing. 


3. Prosedur Analisis Data

Dalam melakukan analisis data tentu ada prosedur atau langkah-langkah yang harus dilakukan. Langkah pertama tentunya mengumpulkan data yang dibutuhkan untuk penelitian. Pastikan data yang digunakan sudah lengkap dan memiliki sumber yang jelas. Selanjutnya lakukan identifikasi data dan kelompokkan berdasarkan karakteristiknya. Lakukan juga normalisasi data agar data dalam bentuk yang sama untuk memudahkan proses analisis. Lalu lakukan analisis data tersebut menggunakan metode atau teknik yang sesuai. Hasil analisis data kemudian disajikan dalam bentuk yang menarik dan mudah dipahami. 


Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


4. Yuk Mulai Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!       


Gunakan Kode Voucher “DQTRIAL”, dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher “DQTRIAL” dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


    Penulis : Dita Kurniasari

    Editor : Annissa Widya Davita


      Share

      Postingan Terkait

      Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!