2 DAYS ONLY FLASH SALE 5.5
Belajar Data Science 3 Bulan hanya 99K!

1 Hari 13 Jam 53 Menit 5 Detik

Analisis Data dengan Tools Data Science Berikut Ini

Belajar Data Science di Rumah 04-April-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-jumat-05-2024-04-06-203432_x_Thumbnail800.jpg

Halo para calon praktisi data! Bagi seseorang yang memiliki minat lebih terhadap data tentu perlu mengetahui hal apa saja yang perlu dipersiapkan, salah satunya adalah menguasai tools data science. Saat ini telah banyak tools data science yang tersedia dan bisa dipilih oleh pengguna sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Penggunaan tools data science ini tentu akan sangat membantu praktis data dalam menganalisis data yang sangat banyak dengan waktu yang lebih efisien.


Data science merupakan suatu  bidang ilmu yang umumnya mengatasi permasalahan big data. Jiak yang diselesaikan adalah permasalahan big data maka tentu membutuhkan bantuan tools atau software yang sesuai. Dari berbagai tools data science, ada yang sifatnya gratis maupun berbayar serta memiliki fitur yang berbeda-beda Beberapa contoh tools data science yang bisa digunakan antara lain seperti R, Python, SQL Tableau, Matlab, dan lainnya. Untuk mengenal lebih dalam, kalian bisa cek artikel berikut ini!


1. R

R adalah suatu aplikasi pengolah data yang sering digunakan oleh para staisi. R memiliki begitu banyak manfaat dan kegunaan, seperti untuk proses analisis dan manipulasi data statistika, membuat visualisasi data, exploratory data analysis, dan lainnya. Bahasa R ini tentu juga memiliki beberapa kelebihan seperti bersifat open source, cocok untuk statistik, mengatasi data wrangling, cocok untuk machine learning, dan bisa berjalan di berbagai sistem operasi. 

Data Science


Baca juga : Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!


2. Python

Mendengar istilah bahasa python tentunya sudah bukan hal yang asing bagi para pecinta data maupun orang yang sudah terbiasa dengan dunia pemrograman. Bahasa python ini seringkali digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti membuat aplikasi, menganalisis data, membuat game, mengembangkan website, dan lainnya.


Bahasa python ini termasuk ke dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi dan sering dipilih oleh para pemula. Pertimbangannya adalah dikarenakan bahasa python ini termasuk bahasa pemrograman yang sintaksnya yang sederhana serta mudah dipahami. 

Data Science


3. Tableau

Tableau merupakan salah satu tools data science yang sering digunakan untuk proses visualisasi data. Dengan menggunakan bantuan tools data science maka memudahkan pengguna dalam memvisualisasikan hasil analisis data agar lebih menarik dan mudah dipahami oleh pembaca. Tableau memiliki banyak kelebihan seperti banyaknya fitur yang menarik, pilihan visual yang interaktif, user friendly, mampu mengolah banyak sumber data, dashboard mobile friendly, serta terintegrasi dengan bahasa skrip.

Data Science


4. SQL

Structured Query Language (SQL) merupakan salah satu tools yang umumnya digunakan untuk mengatasi permasalahan database. SQL ini termasuk ke dalam bahasa query yang memiliki banyak fungsi. Beberapa diantaranya adalah dapat digunakan untuk membuat database, mengedit, menghapus, menggabungkan, memanipulasi, dan masih banyak lainnya. SQL juga bersifat open source serta mudah dipelajari terutama bagi para pemula.

Data Science


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


Seorang praktisi data perlu menguasai tools data science yang bisa digunakan untuk mempermudah pekerjaannya. Dasar-dasar dari penggunaan tools data science dapat dipelajari dengan sering berlatih menggunakan modul yang ada di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login