PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

1 Hari 22 Jam 11 Menit 32 Detik

Analisis Data Python Pakai Konversi String ke Integer

Belajar Data Science di Rumah 26-Maret-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-jumat-08-2024-03-26-175706_x_Thumbnail800.jpg

Bahasa pemrograman atau biasa dikenal pula dengan bahasa komputer merupakan suatu sistem komunikasi antar manusia dengan mesin komputer dengan menuliskan instruksi tertentu. Manusia dapat menuliskan instruksi yang ingin dilakukan oleh komputer dengan menggunakan bantuan bahasa pemrograman, salah satunya seperti bahasa python. Dalam bahasa python terdapat beberapa tipe data yang tersedia. Selain itu tipe data tersebut dapat dikonversi menjadi tipe data lainnya, contohnya seperti konversi string ke integer dalam bahasa python.


Proses konversi merupakan suatu  proses mengubah tipe data string yang awalnya berisi kumpulan karakter menjadi tipe data integer yang berisi bilangan bulat. Proses konversi dapat memiliki berbagai manfaat seperti proses pengolahan data, operasi matematika, dan optimasi memori. Hal ini dikarenakan operasi matematika maupun proses pengolahan data hanya bisa dilakukan jika data yang digunakan memiliki format tipe data numerik. Yuk, simak artikel berikut untuk tahu lebih lanjut terkait str dan int!


1. Tipe Data

Dalam bahasa pemrograman, tipe data merupakan suatu atribut yang berkaitan dengan data yang akan memberi tahu sistem komputer. Tipe data ini termasuk dalam format penyimpanan data. Data bisa dalam bentuk variabel atau tipe data tertentu. Tipe data digunakan agar data dapat tetap konsisten sehingga penggunaan memori komputer bisa lebih efisien. Dalam bahasa python, terdapat beberapa macam tipe data yaitu nonetype, numeric, boolean, sequence, set, dan map. 


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Tipe Data String

Tipe data string merupakan suatu jenis tipe data yang termasuk ke dalam jenis data sequence. Tipe data sequence lainnya adalah list dan tuple. Tipe data string disingkat menjadi str. Tipe data ini termasuk tipe data teks yang dapat berupa huruf, kata, frasa, kalimat atau paragraf yang diapit oleh ‘ atau “. String ini biasa digunakan untuk menyimpan teks seperti nama produk, kota, dan lain-lain. Contoh: ‘a’; ‘belajar bahasa python dari dasar’; “menjadi data scientist”.


3. Tipe Data Integer

Tipe data integer juga termasuk tipe data yang sering digunakan. Tipe data integer termasuk kedalam jenis tipe data numeric. Tipe data numeric terbagi menjadi dua yaitu integer dan float. Integer yang biasa disingkat dengan int merupakan tipe data yang menyimpan nilai bilangan bulat seperti -2, -1, 0, 1, 2, dan seterusnya. Adapun float merupakan tipe data yang menyimpan bilangan riil, yaitu bilangan yang dapat ditulis dalam bentuk desimal. 


4. Cara Konversi String ke Integer

Ketika seseorang melakukan coding atau pengkodean menggunakan suatu bahasa pemrograman seperti python, adakalanya memerlukan proses konversi. Proses konversi ini bisa dilakukan dari satu jenis data ke jenis data lainnya. Sebagai contoh mudah cara mengkonversi tipe data string ke integer adalah dengan langsung menggunakan fungsi int() untuk mengkonversinya.


Perhatikan contoh konversi string ke integer di bawah ini:

Excel


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Proses konversi data seringkali dibutuhkan oleh pengguna untuk berbagai keperluan. Hal ini ada kalanya data yang diperoleh masih berupa string, sedangkan proses lanjutan yang akan dilakukan membutuhkan jenis tipe data numeric. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengkonversi data string ke integer. Beberapa tips mudah python dapat kamu peroleh dengan mempelajari modul yang ada di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login