Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Analisis Statistik Adalah: Pahami Pengertian dan Jenis Data yang Digunakan

Belajar Data Science di Rumah 23-November-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/ce2ff765b0530b98705e56fd436fb0ae_x_Thumbnail800.png

Analisis statistik adalah salah satu tahapan yang dilakukan dalam penelitian. Suatu penelitian dapat memberikan manfaat bagi peneliti sendiri maupun untuk orang lain. Selain untuk keperluan akademis, penelitian juga penting untuk kepentingan perusahaan, industri, kesehatan, pemerintahan, dan lain sebagainya. Ketika sedang mengerjakan atau membaca penelitian mungkin kamu sering menemukan kata statistik atau statistika. Kedua kata tersebut memang biasa digunakan dalam pemecahan masalah yang menggunakan data. Serupa tapi tak sama, kata tersebut dapat menggambarkan makna dari statistika dan statistik. Apa bedanya statistik dan statistika?


Statistika adalah ilmu atau metode ilmiah yang mempelajari mengenai bagaimana merencanakan, mengumpulkan, mengelola, menginterpretasi, dan menganalisa data kemudian hasilnya pengolahannya dipresentasikan. Sedangkan statistik adalah hasil data yang disajikan dalam bentuk grafik, tabel, dan lain sebagainya. Ada juga yang mendefinisikan statistik sebagai kumpulan data yang berbentuk angka dan bukan angka yang berkaitan dengan suatu permasalahan tertentu. Dengan kata lain, statistika adalah ilmunya sedangkan statistik adalah datanya. Sebelum melakukan penelitian, ada baiknya pahami dahulu pengertian analisis statistik dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan analisis statistik. Pada artikel kali ini kita akan membahas serba-serbi analisis statistik. Yuk, simak bersama di bawah ini!


1. Apa Itu Analisis Statistik?

Analisis statistik adalah sebuah proses pengolahan data yang meliputi pemeriksaan, pembersihan, transformasi, pemrosesan, dan pemodelan data. Tujuannya adalah untuk menemukan informasi yang berguna dan dapat digunakan sebagai dasar dalam pengambilan kesimpulan atau keputusan. Proses ini menerapkan metode atau teknik statistik sesuai dengan data yang dimiliki. Mengapa analisis data itu penting? Tidak semua orang paham membaca data yang sangat banyak dan masih dalam bentuk mentah. Dengan melakukan analisis data, kumpulan data mentah akan diolah sedemikian rupa sehingga mudah dimengerti dan dipahami oleh orang lain, misalnya tim di perusahaan yang berkaitan dengan promosi, universitas atau jurusan untuk meningkatkan mutu pembelajarannya, dan lain sebagainya. 


Baca juga : Pengolahan Data Statistik Parametrik dan Non-Parametrik


2. Jenis Data Statistik

Terdapat banyak jenis data statistik yang biasanya digunakan dalam penelitian. Beberapa diantaranya adalah di bawah ini:

Data berdasarkan cara memperolehnya

  • Data primer adalah data yang diperoleh langsung dari sumber data

  • Data sekunder adalah data yang diperoleh secara tidak langsung atau dari pihak ketiga (buku, jurnal, karya ilmiah, dan lain-lain)


Data berdasarkan sifatnya

  • Data kualitatif adalah data non numerik atau bersifat naratif yang tidak dapat diangkakan

  • Data kuantitatif adalah data numerik atau data yang dinyatakan dalam angka-angka


Data berdasarkan pengukurannya

  • Data nominal adalah data yang ditetapkan berdasarkan golongan atau kategori serta bersifat diskrit dan saling terpisah

  • Data ordinal adalah data yang dapat diurutkan berdasarkan peringkat atau kategori tertentu 

  • Data interval adalah data yang dikelompokkan berdasarkan ukuran yang sama


3. Metode Analisis Statistik

Metode analisis data adalah teknik atau cara yang diterapkan dalam melakukan analisis data. Metode analisis diterapkan berdasarkan jenis data serta tujuan penelitian yang ingin dicapai. Beberapa metode analisis statistik yang sering digunakan dalam penelitian yaitu antara lain:

  • Analisis kualitatif digunakan untuk data kualitatif dan ketika penelitian membutuhkan pendekatan secara subyektif.

  • Analisis kuantitatif digunakan untuk data kuantitatif dan ketika penelitian membutuhkan pendekatan secara objektif.

  • Analisis regresi adalah metode yang digunakan untuk melihat pengaruh antara dua atau lebih variabel. 

  • Analisis inferensial menggunakan data sampel dari seluruh kumpulan data untuk membuat prediksi terhadap kasus dalam suatu populasi.

  • Analisis deskriptif adalah metode yang digunakan untuk menyajikan data secara deskriptif atau narasi dengan apa adanya.


4. Contoh Penerapan Analisis Statistik

Analisis statistik dapat diterapkan di berbagai penelitian baik di bidang industri, pendidikan, pemerintahan, kesehatan, dan masih banyak lainnya. Misalnya di bidang industri, analisis yang menggunakan formula atau rumus statistik dapat digunakan untuk melihat trend pasar, preferensi konsumen, evaluasi teknik promosi produk, dan lainnya. Di bidang kesehatan analisis statistik bisa digunakan untuk melihat perkembangan kasus covid atau persebaran penyakit tertentu di suatu daerah. Di bidang pendidikan, analisis statistik dapat diterapkan untuk melihat minat mahasiswa, evaluasi sistem pembelajaran, tingkat mahasiswa yang lulus tepat waktu dan tidak, dan lainnya. Di bidang pemerintahan contoh yang paling jelas dan dapat juga kamu pelajari hasil analisisnya yaitu pada Badan Pusat Statistik. Disana ada banyak data statistik yang diolah mulai dari data kependudukan, data ekspor impor, data ekonomi, data geografis, dan lain sebagainya. 


Baca juga : Yuk Pelajari Macam-Macam Metode Analisis Statistika


5. Analisis Statistik dengan Bahasa Pemrograman Populer

Salah satu software yang umum digunakan untuk analisis statistik adalah SPSS (Statistical Package for Social Science) yang sering digunakan untuk mengolah data ilmu sosial. Ada juga SAS (Statistical Analysis System) yang dikembangkan untuk mengolah data ilmu eksakta maupun ilmu sosial. SAS menggunakan bahasa pemrograman komputer dan memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai aktivitas yang berkaitan dengan data. Selain itu, sekarang ini ada bahasa pemrograman populer yang digunakan untuk melakukan analisis dengan rumus statistik yaitu R. Bahasa pemrograman ini bersifat open source dan cocok untuk pemula. Kamu bisa mempelajari bahasa R secara gratis dengan bergabung di DQLab.id, loh. Modul tersebut membahas penggunaan R untuk pengolahan data science seperti sintaks-sintaksnya dan library yang tersedia di R. Daftar dan mulai belajar bersama mentor profesional serta member-member data lainnya.


Penulis: Dita Kurniasari

Editor: Annissa Widya


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!