PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

0 Hari 7 Jam 5 Menit 13 Detik

Analysis ToolPak Excel, Sebagai Tools Menganalisis Data

Belajar Data Science di Rumah 07-Maret-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d683c0f7b393f621f57c2ffc806522e3_x_Thumbnail800.png

Ketika kamu perlu mengembangkan teknik data analisis dan statistik yang cukup kompleks, jangan khawatir karena Ms Excel memiliki satu tools statistik yang bernama Analysis ToolPak. Analysis ToolPak adalah add-in untuk Microsoft Excel yang disertakan dengan Microsoft Excel. Add-in hanyalah seperti workbook tersembunyi yang menambahkan perintah atau fitur ke Excel. Biasanya Analysis ToolPak diinstal ketika seseorang menginstal Excel. Toolpak ini dapat digunakan untuk menganalisis data dan berbagai perhitungan penting lainnya. Analysis ToolPak berfungsi untuk menghitung secara statistic dan menampilkan hasilnya dalam sebuah tabel ataupun bagan. Kita hanya tinggal perlu menyediakan data dan parameter untuk setiap analisis yang ingin kita gunakan.

Namun, tidak hanya perhitungan statistik tetapi juga perhitungan pada sektor finansial dan perhitungan kompleks lainnya. Teruntuk kamu yang tidak memiliki latar belakang IT, kamu tidak perlu khawatir karena ada banyak sekali tutorial baik di youtube ataupun di beberapa platform pembelajaran excel untuk belajar hingga memperdalam Toolpak ini. Pada artikel ini kita akan membahas beberapa contoh metode analisis yang terdapat pada Analysis ToolPak Excel. Tanpa berlama-lama lagi, simak penjelasan di bawah ini, ya!


1.Forecasting menggunakan Exponential Smoothing

Analisis exponential smoothing merupakan salah satu jenis metode dalam Analysis ToolPak yang sering digunakan dalam Excel. Metode analisis ini disebut juga metode penghalusan eksponensial yang mana merupakan suatu metode peramalan rata-rata bergerak yang memberikan bobot secara eksponensial pada data-data terbarunya sehingga data-data tersebut nantinya akan mendapatkan bobot yang lebih besar. Yang artinya, semakin baru datanya maka semakin besar pula bobotnya. Hal ini dikarenakan data yang baru dianggap lebih relevan. Metode analisis exponential smoothing pada umumnya digunakan untuk meramalkan demand pada barang yang perubahannya sangat cepat.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Analisis Data Correlation

Analisis korelasi merupakan salah satu jenis metode dalam Analysis ToolPak yang sering digunakan dalam Excel. Metode statistik ini digunakan apabila terdiri dari minimal 2 variabel. Oleh karena itu, metode ini didefinisikan sebagai metode analisis yang mengukur seberapa kuat hubungan antara 2 variabel atau lebih. Dengan itu, kita dapat mendeskripsikan bagaimana gambaran dari data yang kita miliki agar lebih bermanfaat. Contoh penggunaan korelasi digunakan di bidang riset maupun bisnis seperti, suatu perusahaan yang menggunakan korelasi untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang kuat antara kenaikan gaji karyawan dengan jumlah pendapatan perusahaan tersebut.


3. Precision Covariance Analytics

Analisis covariance merupakan salah satu jenis metode dalam Analysis ToolPak yang sering digunakan dalam Excel. Metode analisis ini merupakan uji analisis yang bertujuan untuk meningkatkan presisi sebuah percobaan karena didalamnya dilakukan pengaturan terhadap pengaruh peubah bebas lain yang tidak terkontrol. Ancova (Analysis of Covariance) menggunakan konsep ANOVA dan analisis regresi. Dimana kita akan membandingkan variabel dependen (Y) ditinjau dari variabel independen (X1) sekaligus menghubungan variabel dependen dengan variabel independen lainnya (X2). Variabel X2 yang digunakan untuk memprediksi inilah yang disebut kovarian.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


4. Yuk Mulai Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!


Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi.

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.

    Penulis: Salsabila Miftah

    Editor : Annissawd


    Mulai Karier
    sebagai Praktisi
    Data Bersama
    DQLab

    Daftar sekarang dan ambil langkah
    pertamamu untuk mengenal
    Data Science.

    Buat Akun


    Atau

    Sudah punya akun? Login