FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 74 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 7 Jam 12 Menit 54 Detik 

Andal Python dengan Bootcamp LiveClass DQLab

Belajar Data Science di Rumah 18-Januari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/8cb6f1326ed95c5347ead42c1c05090c_x_Thumbnail800.jpeg

Kepopuleran Python tidak bisa dianggap sebelah mata. Meskipun telah dibuat sejak tahun 1980-an oleh Guido van Rossum, namun sampai hari ini masih banyak yang menjadikan Python sebagai pilihan bahasa pemrograman yang digunakan. Mulai dari praktisi data, para developer, tenaga pengajar, dan masih banyak lagi. Kita pasti akan bertanya-tanya apa sih alasan Python ini bisa digunakan oleh banyak orang? Tentu saja karena Python yang bersifat fleksibel bisa mengerjakan banyak pekerjaan, mulai dari mengolah data, menyajikannya dalam bentuk dashboard, membuat game, mendeploy model Machine Learning ke website, pembuatan chatbot, dan masih banyak lagi.


Python kembali trending dan banyak digunakan lagi terlebih ketika munculnya big data dan ilmu Data Science. Namun sayangnya tidak semua orang bisa menguasai Python dengan belajar secara otodidak. Lembaga kursus akhirnya mulai memanfaatkan hal ini untuk membuka kelas dan bootcamp. Salah satunya adalah DQLab. Saat ini, DQLab membuka bootcamp dengan judul “Bootcamp Data Analyst with Python & SQL”. Apa saja sih materi Python yang akan dibahas di bootcamp ini? Yuk simak pembahasannya!


1.Sekilas tentang Bootcamp Data Analyst with Python & SQL

Python

Bootcamp Data Analyst with Python & SQL merupakan bootcamp yang memang ditujukan untuk pemula. Dalam bootcamp ini, peserta akan diajarkan dari dasar, termasuk proses instalasi, pengenalan library, hingga hal-hal yang ada di level medium seperti pengolahan data dengan Python dan SQL, serta menyajikan datanya dalam bentuk visualisasi. Tidak hanya itu, di akhir para peserta juga akan mendapatkan bimbingan untuk membuat portfolio data. Tentu hal ini akan sangat menarik, mengingat portfolio data bisa menjadi salah satu “senjata” untuk memulai karir sebagai praktisi data seperti Data Analyst.


Bootcamp ini akan dimulai dari tanggal 22 Februari sampai 19 April 2023, dengan tiga kali pertemuan setiap minggunya di jam 20.00-22.00. Di dalam satu kelas hanya dibatasi untuk 150 peserta sehingga mentor akan lebih fokus dalam menjawab pertanyaan.


Baca juga : Tips Coding Python Sederhana untuk Pemula


2.Fundamental Python

Python

Materi pertama tentang Python yang akan ditemui pada bootcamp ini adalah fundamental Python. Di bagian ini, peserta diharapkan bisa menggunakan coding Python meskipun tidak memiliki basic sama sekali. Hal-hal yang akan dipelajari adalah:

  • Memahami konsep dan struktur dasar coding bahasa Python

  • Mampu melakukan pengolahan angka dan teks dengan berbagai operator dan fungsi bawaan Python

  • Memahami dan mampu menggunakan variabel dan nilai literal dengan berbagai tipe data

  • Mampu menggunakan alur logika pengambilan keputusan dengan struktur if dan switch

  • Mampu menggunakan alur perulangan dengan while

  • Mampu menggunakan struktur data dasar List dan Dictionary

Hal-hal ini merupakan hal-hal dasar yang akan banyak digunakan untuk materi selanjutnya. Sehingga peserta harus menguasainya dengan baik.


3.Python in Preparation for Data Science

Python

Di tahapan ini, peserta akan mulai melakukan pengolahan data dengan memanfaatkan library-library Python yang umum digunakan. Hal-hal yang akan dipelajari adalah:

  • Mampu membaca file dari file teks dan Excel dengan Python

  • Melakukan pengurutan (sorting) data dengan List

  • Melakukan penyaringan (filtering) data dengan List

  • Mampu menggunakan struktur data Array dari library NumPy untuk melakukan pengolahan data dasar perhitungan matematika dasar

  • Mampu menghasilkan grafik dasar Bar Chart dan Line Chart dengan menggunakan MatplotLib berdasarkan struktur data Array dari NumPy

  • Mampu menggunakan struktur data Series dan Data Frame dari library Pandas untuk melakukan pekerjaan pengolahan data sehari-hari dari memasukkan data dari file teks dan Excel, melakukan pengurutan, penyaringan, penggabungan dan operasi perhitungan nilai pada data.

Hal-hal di atas ini akan sangat berguna untuk melakukan analisis lanjutan yang lebih rumit seperti penggunaan Machine Learning dan Artificial Intelligence, pembuatan visualisasi dengan dashboard, dll.


4.Data Visualization & Storytelling with Python

Python

Dalam hal ini, peserta akan belajar untuk membuat visualisasi yang lebih menarik dari sebelumnya dan membuat visualisasi tersebut bisa bercerita. Adapun pokok pembelajaran yang akan dibahas, yaitu:

  • Merancang visualisasi yang menyampaikan informasi dengan jelas, cepat dipahami dan langsung diingat, berdasarkan prinsip-prinsip data storytelling dan penggunaan elemen visual yang tepat

  • Menggunakan plotly dari Python untuk menggabungkan visualisasi dalam bentuk dashboard yang interaktif

  • Menggunakan Google Collab untuk mencoba persiapan data yang baik untuk plotly


Baca juga : Array Python : Array VS List Serupa Namun Tak Sama, Yuk, Kenali Perbedaannya


Python termasuk salah satu bahasa pemrograman yang mudah untuk dikuasai oleh pemula, namun bukan berarti semua orang bisa menguasainya dengan gampang. Adanya bootcamp Data Analyst with Python & SQL dari DQLab tentu saja akan memberikan kemudahan dalam proses belajar bagi mereka yang tidak pernah belajar Python dan SQL sama sekali. Setelah menyelesaikan materi-materi di atas, peserta akan diminta untuk membuat portfolio data. Tentunya akan dibimbing penuh secara intensif untuk bisa menghasilkan portfolio data yang menarik.


Dengan terbatasnya peserta yang akan diterima dalam kelas ini, tentu saja kamu tidak boleh melewatkan kesempatan menarik ini. Kapan lagi kamu akan mendapatkan bootcamp selengkap ini dengan hanya membayar 30 ribuan per pertemuan. Tunggu apa lagi? Yuk, buruan daftar dan jangan sampai kehabisan kuota.


Penulis: Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :