BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE SELAMA 6 BULAN START FROM Rp179,400! 
atau kamu bisa coba buat Akun DQLab, dan akses kelas R & Python GRATIS DAFTAR DISINI

Apa Itu Data Science dan Perbedaannya dengan Data Mining?

Belajar Data Science di Rumah 21-Juli-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/dd909de2da536f1de4cf946b6379dfdb_x_Thumbnail800.jpg

“Data Science” Ya, mungkin belakangan ini kamu sudah sering mendengar terms tersebut disebut-sebut. Hal ini terjadi dikarenakan fenomena big data yang semakin tinggi sehingga membuat berbagai sektor, mulai dari bisnis hingga akademis pun sering membicarakan topik tersebut. Lantas apa itu data science dan mengapa banyak orang mulai mempelajarinya ? Data science merupakan gabungan dari beberapa bidang keilmuan lain meliputi (sains, teknologi, teknik dan matematika) yang menjadi sebuah modal utama bagi seorang Data Scientist atau sebutan bagi orang yang memiliki kompetensi untuk mengolah, mengekstrak dan menganalisa data agar dapat menghasilkan sebuah insight sebagai salah satu media pendukung untuk pengambilan keputusan yang dapat memajukan suatu organisasi ataupun perusahaan.


Kadang-kadang mungkin membingungkan bagi beberapa orang dalam membedakan antara ilmu data mining dan data science. Terutama jika kamu kebetulan pernah mendapatkan matakuliah data mining dibangku kuliah. Oleh karena itu, artikel ini akan menjawab kebingunganmu dengan membahas tentang perbedaan apa itu data science dan data mining. Jadi, simak terus artikel ini bersama DQLab!


1. Pengertian Data Science dan Data Mining

Sebenarnya perbedaan utama antara data science dan data mining terletak pada maksud atau arti dari dua bidang ilmu tersebut. Yang mana data science merupakan bidang keilmuan yang lebih luas mencakup proses pengambilan data, menganalisis dan memperoleh output berupa insight darinya. Dilain sisi, data mining termasuk dalam proses memperoleh insight yang berguna dalam dataset dan memanfaatkan informasi itu untuk mengungkap pola tersembunyi dari suatu data. Selain itu, data mining juga merupakan proses pengumpulan informasi untuk melihat pola dari kumpulan data yang sangat besar dan data discovery yang fokus pada proses ekstraksi pola dari data dengan metode statistik agar dapat dianalisis lebih lanjut. Yang mana hasil dari analisis ini akan digunakan untuk memprediksi suatu kasus untuk proses pengambilan keputusan.


Baca juga : Awali Kursus Data Science Gratis Di Era Pandemi Bersama DQLab


2. Tujuan Data Science 

Selain perbedaan dari segi pengertian data science dan data mining. Selanjutnya juga dapat dilihat dari tujuan masing-masing bidang keilmuan tersebut. Adapun tujuan dari data science adalah untuk mendeskripsikan data dan juga menghasilkan prediksi yang tepat agar dapat digunakan untuk membangun strategi dalam upaya memajukan suatu proses bisnis di suatu perusahaan ataupun organisasi. Mengingat, dalam menjalankan sebuah bisnis dan atau terlibat dalam sebuah penelitian akan sering muncul pertanyaan dalam benak ketika suatu permasalahan terjadi seperti mengapa masalah ini terjadi dan bagaimana selanjutnya ? Oleh karena itu, data science ada untuk membantu menyelesaikan permasalahan tersebut berdasarkan data sehingga masalah tersebut terjawab dengan optimal dan sesuai.


3. Tujuan Data Mining

Selain tujuan data science mari kita lihat bersama dari sisi data mining. Data mining memiliki tujuan untuk membuat data yang melimpah tersebut lebih useful berdasarkan pattern atau pola yang dihasilkan dari proses analisis data dengan begitu kamu dapat melihat trend yang tidak kamu ketahui dari sekumpulan data-data, dan kembali lagi trend tersebut dapat digunakan untuk proses pengambilan keputusan di suatu perusahaan ataupun organisasi.


4. Perbedaan Utama Antara Data Science dan Data Mining 

Dibawah ini  merupakan perbedaan utama antara data science dan data mining:

  • Data mining merupakan bagian dari kegiatan dalam rangka mencari pola dibalik sekumpulan data dengan menggunakan kaidah KDD (Knowledge Discovery in Databases) sedangkan data science dengan memadukan ilmu matematika terapan dan ilmu komputer.

  • Data science lebih luas dibandingkan data mining

  • Data mining adalah subset dari data science

  • Machine learning dalam data mining lebih banyak digunakan untuk pengenalan pola , sedangkan data science memiliki penggunaan yang lebih umum.


Baca juga : Belajar Data Science Otodidak Tips dan Triknya Versi DQLab


5. Yuk, Cari Tahu Tentang Apa Itu Data Science Di Modul DQLab! 

Dengan memahami apa itu data science dan fundamental lainnya bersama DQLab, belajar kamu jadi lebih terarah dan kamu juga dapat terhindar dari overdosis informasi, selain itu kamu tidak perlu bingung dengan urusan waktu, karena dengan kursus data science online waktu belajar kamu bisa lebih fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Materi-materi yang ditawarkan lengkap dan sesuai dengan kebutuhan industri, disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup. Jadi, jangan khawatir, kamu bisa mulai kursus data science online bersama DQLab! Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan!

Penulis: Rian Tineges

Editor: Annissa Widya Davita


Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!