PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 13 Jam 43 Menit 41 Detik 

Belajar Data Science Otodidak Tips dan Triknya Versi DQLab

Belajar Data Science di Rumah 19-Juli-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/db60fcb7219f4736f5a3272e5a3ff6c6_x_Thumbnail800.jpg

Kebutuhan akan sumber daya manusia yang kompeten di bidang data science meningkat seiring dengan eksistensi "big data". Namun, kebutuhan sumber daya manusia tersebut tidak selaras dengan ketersediaannya. Oleh karena itu, saat ini banyak orang yang rela banting setir untuk beralih profesi sebagai seorang data scientist karena bisa dibilang profesi yang memiliki prospek cerah. Selain itu, profesi data scientist merupakan ilmu yang bersifat multidisiplin yaitu bukan hanya background STEM saja yang bisa menjadi seorang data scientist. Tak heran jika, di saat pandemi dimana hampir semua kegiatan sebisa mungkin dilakukan di rumah membuat beberapa orang berupaya untuk tetap produktif dengan cara belajar data science otodidak. Mengingat di era internet seperti ini segala macam informasi bisa kita dapatkan dengan mudah, seperti dalam bentuk artikel, audio hingga video pun banyak tersedia.


Namun, kamu juga harus berhati-hati jangan sampai kamu overdosis informasi yang malah bisa mengakibatkan cara belajar yang tidak terarah. Untuk itu, artikel ini akan membahas tentang tips dan trik belajar data science otodidak bersama DQLab agar belajarmu tetap terarah. Jadi, simak terus artikel ini sampai selesai!


1. Maksimalkan Materi Kursus Online Data Science

Bukan rahasia umum lagi bahwa, untuk mempelajari data science tidak harus berasal dari background pendidikan formal tapi bisa juga melalui pendidikan non formal seperti kursus online dan semacamnya. Saat ini, sudah banyak kursus dan pelatihan online yang menawarkan kelas data science salah satunya DQLab, dimana prosesnya pun biasanya lebih singkat dan padat. Tapi perlu diingat, semua orang bisa belajar data scientist tapi, data scientist bukan untuk semua orang. Untuk itu kamu harus selalu memiliki sikap continuous learning salah satu caranya adalah dengan memaksimalkan kursus atau pelatihan online, metode belajar secara online yang terbilang lebih praktis karena bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun. Hal itu bisa menjadi keuntungan atau kelemahan tergantung bagaimana cara kamu memanfaatkan waktu kamu. Oleh karena itu, alangkah baiknya kamu memiliki target pencapaian belajar. Misalnya, dalam kurun waktu seminggu kamu harus bisa menguasai materi tertentu, dengan membuat target pencapaian belajar kamu jadi lebih disiplin dan bertanggung jawab dalam memanfaatkan waktu yang kamu punya. Kemudian kamu harus aktif dalam forum diskusi baik antara kamu dan siswa lain ataupun kamu dengan mentor kamu.


Baca juga : Awali Kursus Data Science Gratis Di Era Pandemi Bersama DQLab


2. Komunikatif dalam Forum Diskusi

Trik lainnya yang bisa kamu lakukan adalah tetap komunikatif dalam forum diskusi terkait data science dan proaktif di dalamnya. DQLab juga menyediakan forum diskusi yang berisi ribuan teman yang memiliki passion yang sama denganmu. Dengan aktif dalam forum diskusi membuat kamu lebih bersemangat untuk mempelajari data science, karena kamu akan bertemu dengan orang-orang yang memiliki passion yang sama dengan kamu yang datang dari berbagai latar belakang pendidikan yang berbeda-beda sehingga wawasan kamu jadi bertambah pula. Kamu juga dapat saling bertukar pengetahuan mengenai materi seputar data science baik itu mengenai hal teknis maupun non-teknis. Dengan mengikuti komunitas, selain wawasan baru kamu bisa memperluas relasi kamu serta tak jarang kamu bisa mendapatkan info mengenai kompetisi, berbagai seminar atau bahkan lowongan pekerjaan juga.  


3. Membangun Portfolio

Jika kamu sudah memiliki skill dasar dan pemahaman tentang bahasa pemrograman khususnya Python, maka itu merupakan modal yang cukup untuk kamu mulai membangun portfolio data. DQLab menyediakan kelas penerapan industri yang berisi tentang berbagai studi kasus yang kurikulumnya disusun oleh para praktisi yang berpengalaman dibidangnya. Jadi, kamu bisa mengerjakan semua studi kasus tersebut untuk menambah sekaligus mempercantik portfolio kamu. Dengan membangun projek data mu sendiri, secara tidak langsung kamu semakin meningkatkan pemahaman kamu akan konsep data dan mengasah kemampuan coding. Selain hardskill yang terasah, softskill seperti problem solving serta creative thinking mu juga dapat terasah.


4. Mengikuti Internship

Setelah kamu menguasai teori serta fundamental untuk menjadi seorang Data Scientist, cara terbaik yang bisa kamu lakukan sebagai pemula adalah dengan terjun langsung ke industri dengan melakukan internship atau magang di perusahaan. Dengan belajar data scientist secara langsung di perusahaan kamu akan dapat menghadapi real case nya di lapangan sehingga tentu akan lebih mudah untuk paham. Pengalaman yang kamu dapatkan penting terutama bagi kamu yang masih fresh graduate atau pemula yang belum memiliki pengalaman terkait bidang data scientist. Selain berguna untuk meningkatkan keterampilan kamu dan memantapkan pemahaman mu. Namun, kamu bisa melampirkan itu di CV (Curriculum Vitae) kamu sebagai bahan pertimbangan yang baik nantinya.


Baca juga : Cari Tahu Alasan Kenapa Harus Belajar Data Science


5. Yuk, Belajar Data Science Otodidak Lebih Terarah Bersama DQLab 

Belajar data science otodidak lebih terarah bersama DQLab, selain itu kamu tidak perlu bingung dengan urusan waktu, karena dengan kursus data science online waktu belajar kamu bisa lebih fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Materi-materi yang ditawarkan lengkap dan sesuai dengan kebutuhan industri, disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup. Jadi, jangan khawatir, kamu bisa mulai kursus data science online bersama DQLab! Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan!

Penulis: Rian Tineges

Editor: Annissa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :