FLASH PROMO 90% + 50%! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 180K
Bebas Akses 65 Modul Data Interaktif, Mentoring, Portofolio Data, dan Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 1 Jam 45 Menit 45 Detik 

Apa itu Teknik Analisis Data? Skill Penting Era Digital 2022

Belajar Data Science di Rumah 12-September-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2e7eff293f8f7aa49ed0d5d3b0e77d3d_x_Thumbnail800.jpg

Teknik analisis data adalah proses membersihkan, mengubah,  memproses data mentah, dan mengekstraksi informasi relevan yang dapat ditindaklanjuti yang membantu bisnis membuat keputusan yang tepat.


Prosedur ini membantu mengurangi risiko dalam proses pengambilan keputusan dengan memberikan insight dan statistik yang berguna. Insight ini sering disajikan dalam bagan, gambar, tabel, dan grafik.


Contoh sederhana dari analisis data dapat dilihat setiap kali kita mengambil keputusan dalam kehidupan kita sehari-hari dengan mengevaluasi apa yang telah terjadi di masa lalu atau apa yang akan terjadi jika kita mengambil keputusan tersebut.


Pada dasarnya, analisis data adalah proses menganalisis data dan informasi masa lalu atau masa depan kemudian membuat keputusan berdasarkan analisis itu. Selain dalam kehidupan sehari-hari, analisis data juga berguna di berbagai bidang industri. Mengapa demikian? Pada artikel kali ini DQLab akan menjelaskan alasannya. 


1. Penargetan Pelanggan yang Lebih Baik

Perusahaan akan berpikir untuk mendapatkan untung sebanyak-banyaknya dengan effort seminimal mungkin dengan tidak menyia-nyiakan waktu, sumber daya, dan uang, terutama dalam menyusun kampanye iklan yang ditargetkan pada kelompok demografis yang tidak terlalu tertarik pada barang dan jasa yang perusahaan tersebut tawarkan.


Analisis data dapat membantu perusahaan untuk melihat di mana mereka harus memfokuskan campaign dan iklan agar produk yang ditawarkan banyak mendapat atensi dan dibeli.

teknik analisis data


Baca juga: Tutorial Implementasi Teknik Analisis Data di Bidang Marketing


2. Mengurangi Biaya Operasional

Analisis data dapat menunjukkan kepada perusahaan area mana dalam bisnis yang membutuhkan lebih banyak sumber daya dan uang, dan area mana yang tidak berproduksi sehingga harus dikurangi atau dihentikan. Dengan demikian, perusahaan tidak akan membuang-buang terlalu banyak biaya untuk sesuatu yang tidak produktif.

teknik analisis data


3. Metode Pemecahan Masalah yang Lebih Baik

Data disebut juga dengan fakta dimana ketika kita menyelesaikan masalah berdasarkan data, maka kita telah menyelesaikan masalah sesuai dengan kondisi nyata yang terjadi di lapangan.


Dengan analisis data yang tepat, kita bisa mendapatkan solusi dari suatu masalah dengan lebih efektif, efisien, dan tepat sasaran karena didukung dengan informasi yang valid dari lapangan. Dengan demikian, perusahaan bisa terhindar dari ‘salah langkah’ karena menyelesaikan masalah hanya berdasarkan asumsi.

teknik analisis data


4. Mendapatkan Data yang Lebih Akurat

Jika perusahaan ingin membuat keputusan yang tepat, maka perusahaan memerlukan data. Namun perlu dicatat bahwa data yang dimaksud adalah data yang akurat.


Analisis data dapat membantu perusahaan untuk memperoleh informasi yang relevan dan akurat yang cocok untuk mengembangkan strategi pemasaran masa depan, rencana bisnis, dan menyelaraskan kembali visi atau misi perusahaan.

teknik analisis data


Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


Ingin mulai belajar berbagai teknik analisis data khususnya big data dengan bahasa pemrograman R dan Python? Yuk belajar bersama DQLab! Dengan modul DQLab kita tidak hanya belajar teori, tetapi juga praktik langsung menulis script code dan praktik langsung menggunakan data yang mencerminkan data real di dunia industri.


Klik button di bawah ini atau sign up melalui DQLab.id untuk mengakses MODUL GRATIS ‘Introduction to Data Science’ dengan R dan Python sebagai awalan mempelajari live code editor DQLab. 


Penulis: Galuh Nurvinda K


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :