Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

Apa Saja Role Data Scientist dalam Perusahaan?

Belajar Data Science di Rumah 05-Maret-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-kamis-02-2024-03-05-160436_x_Thumbnail800.jpg

Halo teman-teman! Pernahkah kalian mencari tahu profesi apa saja yang sedang naik daun di masa kini? Jika kalian pernah mencobanya, tentu akan muncul profesi data scientist. Data scientist adalah profesi yang sering dibutuhkan dalam perusahaan. Profesi data scientist ini secara umum bertanggung jawab terhadap data perusahaan. Selain itu apa saj arole dan job description data scientist lainnya yang perlu kita ketahui?


Data scientist merupakan suatu profesi yang bekerja dalam bidang data. Data scientist ini bisa bekerja di perusahaan dengan berbagai bidang. Mayoritas perusahaan besar masa kini membutuhkan peran data scientist, antara lain seperti lembaga pemerintahan, institusi pendidikan, perusahaan teknologi, layanan kesehatan, e-commerce, bidang media dan hiburan, logistik, transportasi dan masih banyak lainnya. Pada artikel kali ini kita akan mengenali apa saja role dan job description data scientist. Yuk, simak bersama-sama!


1. Mengumpulkan Data

Data adalah bagian penting yang tentu ada dalam perusahaan. Saat ini telah banyak perusahaan memiliki sistem database yang baik. Database tersebut tentu perlu dikumpulkan dari berbagai sumber. Salah satu peran data scientist adalah mengumpulkan data yang diperlukan untuk proses analisis data. Data tersebut bisa diperoleh melalui cara online maupun offline dengan teknik pengumpulan data yang sesuai.

Data Scientist


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Menganalisis Data

Analisis data merupakan suatu proses mengidentifikasi masalah dan menetapkan tujuan penelitian. Masalah yang dimiliki nantinya akan dicari solusinya kemudian diselesaikan dengan cara analisis data menggunakan teknik pengolahan data yang sesuai dengan jenis data dan tujuan penelitian yang dimiliki. Dalam prakteknya seorang data scientist bisa memilih berbagai algoritma machine learning yang tersedia untuk mengidentifikasi pola dan permasalahan.

Data Scientist


3. Memberikan Saran

Selain menganalisis data, seorang data scientist juga bertugas memberikan saran kepada pihak perusahaan. Saran-saran yang diberikan tentunya juga berdasar dari hasil analisis data. Saran yang diberikan diharapkan sesuai dengan permasalahan data yang ada serta dapat memberikan efek baik atau kemajuan untuk perusahaan kedepannya. Saran yang diberikan pun harus sesuai dengan tujuan analisis. Dengan demikian saran yang diterima stakeholder akan sesuai dengan yang diinginkan.

Data Scientist


4. Memvisualisasi Data

Visualisasi data adalah suatu proses menceritakan hasil analisis data dalam bentuk visual. Proses visualisasi data ini sangat membantu para pembaca terutama yang awam soal permasalahan data dan tidak mengerti cara membaca hasil analisis. Penyampaian visualisasi data yang jelas juga tidak akan membingungkan para stakeholder dalam memahami keputusan yang diberikan. Sata ini pun telah banyak software yang bisa digunakan antara lain seperti Tableau, Microsoft Excel, R, dll.

Data Scientist


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Seorang data scientist kini banyak dicari oleh berbagai perusahaan besar untuk kepentingan tertentu. Seorang profesional dalam bidang data sangat dibutuhkan untuk menganalisis sdat sampai dengan membuat keputusan.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti  Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login