SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

1 Hari 9 Jam 17 Menit 45 Detik

Apa Saja Sih Job Description Data Engineer?

Belajar Data Science di Rumah 26-Oktober-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-kamis-04-2023-10-28-182702_x_Thumbnail800.jpg

Saat ini berbagai industri sudah banyak yang mulai beralih menggunakan teknologi digital. Hal inilah yang membuat banyak perusahaan yang membutuhkan bantuan dari seorang praktisi data. Praktisi data ini ada beberapa jenis seperti data scientist, data analyst, dan juga data engineer. Ketiganya bisa membantu perusahaan dalam mengolah data perusahaan.


Data-data yang dihasilkan oleh perusahaan akan disimpan ke dalam sebuah database. Data yang ada di perusahaan berada di tabel data yang berbeda dan juga dalam bentuk yang berbeda atau masih belum bisa dipakai. 


Hal tersebutlah yang menjadikan perusahaan membutuhkan seorang data engineer untuk mempersiapkan data yang akan digunakan oleh data scientist. Data engineer ini adalah salah satu bidang yang sangat luas, karena disetiap perusahaan pasti memiliki job desknya masing-masing.


Tetapi secara umum, seorang data engineer memiliki tugas-tugas utama yang penting untuk sebuah perusahaan. Nah, penasaran bukan apa saja tugas-tugas utama dari seorang data engineer? Mari kita simak pembahasannya pada artikel kita kali ini!


1. Data Cleaning

Tugas utama dari seorang data engineer ini adalah membersihkan data. Karena terkadang dalam data mentah terdapat anomali data, tipe data yang tidak sesuai, data kosong, duplikasi data, penulisan yang tidak sempurna, dan masih banyak lagi yang bisa mengganggu proses analisis data.


Maka dari itu, setelah data sudah terkumpul dan dirapikan, tugas data engineer ini adalah membersihkan data yang masih mentah atau biasa disebut dengan raw data menjadi data yang lebih rapi dan sudah siap digunakan oleh para praktisi data lainnya seperti data scientist dan data analyst.

Data Engineer

Credit by TechnologyAdvice


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Mengelola Metadata

Data engineer memiliki tugas untuk mengumpulkan berbagai macam data, baik data yang terstruktur maupun data yang tidak terstruktur di dalam storage yang berisikan laporan eksplorasi dari data yang biasa disebut dengan metadata.


Tugas data engineer disini adalah melakukan pengelolaan terhadap data yang sudah mereka kumpulkan untuk pengelolaan data yang sudah disimpan dan juga disusun dengan melalui sistem manajemen basis data.

Data Engineer

Credit by NetSuite


3. Machine Learning

Machine learning adalah salah satu bagian yang cukup penting untuk seorang data engineer. Maka dari itu lah, tugas dari seorang data engineer adalah harus memastikan ketersediaan model machine learning yang sudah dirancang oleh data scientist pada storage maupun berasal dari sumber secara langsung.


Proses ini juga sudah didukung dengan tugas data engineer lainnya seperti pengelolaan sumber daya komputasi sampai dengan persiapan alat pemantauan machine learning.Oleh karena itu, seorang data engineer juga harus mampu dan memahami apa itu machine learning.

Data Engineer

Credit by Wi6Labs


Baca juga : Data Enginer VS Data Scientist


4. Menyiapkan Tools yang DIperlukan

Tugas lainnya dari seorang data engineer adalah menyiapkan berbagai macam tools. Tugas data engineer yang satu ini biasanya hanya dilakukan dalam beberapa kondisi tertentu, karena data dapat diambil langsung dari storage.


Tetapi, ada beberapa kondisi yang dimana ada beberapa pihak lain yang memerlukan business intelligence sebagai bahan analisis yang menyediakan tools agar bisa melihat data, menyusun laporan, dan juga memperlihatkan hasil data secara visual.

Data Engineer

Credit by DZone


Yuk, mulai berkarir atau switch karir di bidang data sekarang juga. Ngga usah overthinking karena tidak memiliki background pendidikan yang linier dengan itu. Kamu bisa belajar dari basic hingga advanced dan mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Modul Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir.


Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Pilih menu Learn

  • Pilih menu Career Track

  • Lalu Pilih menu Data Analyst



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login