SUPER 6.6 SALE! DISKON 96%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 120K!

0 Hari 4 Jam 54 Menit 18 Detik

Apa Saja Sih, Macam-macam Skill Data Engineer?

Belajar Data Science di Rumah 20-Juni-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/6ada9d6f-ddc0-484f-8d67-69daa7411251-2023-06-20-190416_x_Thumbnail800.jpeg

Dengan berkembangnya teknologi saat ini membuat banyak sekali profesi yang menjadi incaran banyak sekali orang. Salah satu contoh yang memiliki peminat yang banyak adalah di bidang data seperti data engineer, data scientist, dan juga data analyst. Mungkin masih banyak orang yang masih belum memahami apa profesi yang ada di bidang data salah satunya adalah data engineer. Bagaimana tugas dan juga tanggung jawab data engineer seperti apa, skills apa saja yang perlu diketahui untuk menjadi data engineer.


Nah, Data engineer adalah satu profesi yang bergerak dibidang data yang memiliki tanggung jawab terhadap infrastruktur data, mengumpulkan data, mengembangkan data sampai dengan memelihara data. Data engineer ini akan bekerja sama dengan profesi praktisi data lainnya seperti data analyst dan juga data scientist. Untuk bisa memaksimalkan tugas dan juga tanggung jawab yang dimilikinya, seorang data engineer harus memiliki beberapa  skills seperti yang kita akan jelaskan pada artikel kali ini. Jadi simak terus ya!


1. Memiliki Pengetahuan tentang Algoritma dan juga Struktur Database

Salah satu fokus kerja dari seorang data engineer adalah mengoptimalkan data dan juga melakukan penyaringan data. Namun, dengan adanya pengetahuan dasar mengenai algoritma akan membantu data engineer memahami fungsi data organisasi secara keseluruhan. Dengan memahami algoritma, data engineer dapat menentukan checkpoints dan juga tujuan akhir dari masalah bisnis yang ada pada perusahaan. Mungkin secara umum, teknologi database yang biasa digunakan oleh data engineer adalah SQL dan juga NoSQL. Kedua platform database tersebut digunakan untuk memodelkan data yang sudah ditentukan dalam hubungan tertentu seperti data pesanan pelanggan.

Data Engineer

Credit by HTML.it


Baca juga : Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!


2. Skill API

Selain memiliki pengetahuan tentang algoritma dan juga database seorang data engineer juga harus memiliki skill API. API itu sendiri adalah sebuah interface perantara yang digunakan untuk menghubungkan satu aplikasi dengan aplikasi lainnya untuk bisa mengakses data. Contohnya seperti, sebuah perusahaan ingin membuat satu aplikasi yang membutuhkan kamera untuk mengambil dokumentasi. Dengan menggunakan API ini, developer tidak memerlukan coding atau membuat sebuah program dari nol lagi. Fungsi API ini adalah untuk memungkinkan developer untuk mengakses kamera tersebut untuk langsung diaplikasikan, tanpa harus membuat perangkat lunak untuk kamera dan lainnya. Data engineer disini bertugas untuk membangun API dalam basis data untuk memungkinkan seorang data scientist dan juga business intelligence analyst melakukan query datanya. 

Data Engineer

                              Credit by HP.com


3. Pengetahuan akan Machine Learning

Machine learning adalah salah satu skill atau pengetahuan yang harus dipahami oleh para praktisi data. Machine learning ini merupakan salah satu bagian penting dari AI atau Artificial Intelligence yang dikembangkan untuk bisa mempelajari suatu hal secara mandiri tanpa adanya arahan dari sang user. Machine learning ini juga harus dipahami dan dikenali oleh para data engineer sehingga bisa memudahkan data scientist dalam menganalisis datanya dengan menggunakan algoritma-algoritma machine learning yang tersedia.

Data Engineer

                        Credit by Analytics Insight


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


4. Skill Cloud Computing

Skill yang penting selanjutnya adalah cloud computing. Cloud computing adalah sebuah metode penyampaian sebuah layanan melalui internet. Seperti yang sudah diketahui bahwa seorang data engineer memiliki tanggung terhadap data-data mentah mulai dari menyimpannya sampai dengan mengelolanya. Maka dari itu data engineer memerlukan skill cloud computing yang baik dan benar-benar memahami bagaimana cara kerja dari cloud computing itu sendiri. Dengan begitu, seorang data engineer dapat menyimpan banyak data dan dapat mengakses data tersebut dari berbagai macam platform lalu di query dan selanjutnya masuk ke dalam proses analisis yang dilakukan oleh data scientist dan juga data analyst.

Data Engineer

                              Credit by Viva


Yuk, bulatkan tekad kamu mulai berkarir atau witch karir di bidang data analyst sekarang juga. Ngga usah overthinking karena tidak memiliki background pendidikan yang linier dengan itu. Kamu bisa mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Modul Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir. Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Pilih menu Learn

  • Pilih menu Career Track

  • Lalu Pilih menu Data Analyst



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login