PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

0 Hari 2 Jam 32 Menit 45 Detik

Apa Saja Ya Perbedaan Antara R, Python dan SQL?

Belajar Data Science di Rumah 13-Maret-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d996cea4e88feef1580f7da21aeb9ce0_x_Thumbnail800.png

Pada era kecanggihan teknologi yang terus berkembang kini bahasa pemrograman sudah tidak asing lag di telinga kita. Bahasa pemrograman atau bahasa komputer merupakan sekumpulan instruksi yang ditugaskan kepada komputer untuk melaksanakan tugas tertentu dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Dengan menggunakan bahasa pemrograman dapat meningkatkan kemampuan berpikir secara logis, mengembangkan cara berpikir yang sistematis dalam mengatasi masalah.


Terdapat beberapa tingkatan bahasa pemrograman, yaitu bahasa program tingkat rendah (low-level), tingkat menengah (mid-level) dan tingkat tinggi (high-level). Terdapat beberapa contoh bahasa pemrograman seperti HTML/CSS, JavaScript, PHP, C++, Pascal, Matlab, Python, R dan SQL. Masing-masing bahasa pemrograman memiliki kelebihan dan kekurangan, bisa dari kecepatan pemrosesan, kemudahan bahasa, ketersediaan library dan lain-lain. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai bahasa pemrograman Python, R dan SQL.


1. Bahasa Pemrograman yang Populer


Bahasa pemrograman Python, R dan SQL merupakan bahasa pemrograman yang cukup populer terutama di kalangan data science atau data analyst. Python memiliki sintaks yang sederhana dan mudah diingat serta memiliki banyak library. Terdapat banyak perusahaan yang menggunakan bahasa pemrograman Python seperti Windows, Mac OS,Linux, dan lain-lain. R merupakan bahasa pemrograman yang berfokus kepada analisis data, statistik dan model grafis. Selain itu R juga memiliki banyak packages. Kemudian SQL merupakan bahasa database yang berguna untuk membuat, mengelola dan mengambil basis data relasional.


Baca juga : Belajar Data Science: Kenali Dasar Bahasa Pemrograman Python yang Cocok bagi Pemula


2. Keunggulan dan Kekurangan


Telah dijelaskan pada bagian sebelumnya bahwa Python, R dan SQL merupakan bahasa pemrograman yang populer, namun ketiga bahasa pemrograman tersebut memiliki keunggulan dan kekurangan. Keunggulan bahasa Python adalah mudah dipelajari, mudah diaplikasikan dalam mengembangkan produk, mendukung sistem Internet of Things (IoT), fleksibel, meningkatkan produktivitas serta gratis dan open source. Adapun kekurangan Python adalah kurangnya dukungan multiprosesor, lebih sedikit developer yang berpengalaman, batasan desain, batasan kecepatan serta kurang populer untuk mobile app development. Sedangkan pada bahasa R adalah memiliki kemampuan analisis data yang canggih, fitur visualisasi data yang banyak sehingga mampu menghasilkan grafik yang bagus, terdapat banyak komunitas yang terus mengembangkannya. Adapun kekurangan bahasa R adalah tampilan command-line yang agak membingungkan, R disimpan dalam memori fisik sehingga menjadi kendala jika bekerja dengan data yang sangat banyak. Yang terakhir adalah SQL. SQL memiliki kemampuan dalam manajemen user, memiliki security data yang baik dan kemampuan back up data, standar pada suatu tabel jelas dan terstruktur. Kekurangan SQL adalah hanya dapat diimplementasikan pada 1 unit server, software berlisensi dan harganya cukup mahal serta hanya mampu dijalankan pada sistem operasi Microsoft Windows. 


3. Kegunaan Python, R dan SQL


Python, R dan SQL sebenarnya sama-sama dapat digunakan untuk pekerjaan data statistik. R umumnya digunakan untuk analisa data yang dikerjakan pada server pribadi. R dapat digunakan untuk pengujian hipotesis statistik dan membuat model analisis data. Python juga dapat digunakan untuk membuat data modeling, membuat dan menentukan algoritma yang sesuai dengan permasalahan yang akan diselesaikan dan analisis data seperti machine learning. Sedangkan SQL sering digunakan untuk mengambil, mengedit dan mengolah data dari database.


Baca juga :  Python : Kenali 3 Buku yang Akan Mempercepat Kamu Dalam Belajar Python


4. Yuk Mulai Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!       


Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login