DQLab Super Giveaway! Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp.99.000! DAFTAR

Pakai Kode: KUPON99K. Berakhir 0 Days 21 Jam : 8 Menit : 40 Detik

Belajar Excel: Mengenal Lebih Dalam Tentang Excel, Apa Saja Yang Bisa Dilakukan Dengan Excel?

Belajar Data Science di Rumah 13-Februari-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/6536298f79cfb4aa46126b3df7d6a729_x_Thumbnail800.png

Belajar Excel merupakan skill penting yang perlu dikuasai untuk segala bidang profesi terutama profesi yang banyak melakukan perhitungan dalam pekerjaannya seperti bidang data, keuangan, marketing, dan sebagainya. Aplikasi ini juga banyak yang sudah menggunakannya baik profesional maupun orang biasa untuk membuat dan menyimpan data lebih rapi.


Microsoft Excel adalah bagian dari paket Microsoft Office yang digunakan untuk mengolah angka. Aplikasi ini dapat membantu dalam melakukan perhitungan dari yang mudah sampai yang rumit dengan lebih cepat dan akurat. Ketika data yang kita miliki sangat banyak, maka akan memerlukan banyak waktu dan tenaga saat melakukan perhitungan dan kadang terjadi human error. Disinilah Excel berperan membantu hal tersebut. Untuk mengenal Excel lebih dalam, yuk simak pembahasan dibawah ini.


1. Mengenal Bagian-Bagian Dari Excel

Tampilan dari Excel adalah workbook atau worksheet yaitu lembar yang terdiri kolom dan baris. Kumpulan kolom dan baris ini disebut cell. Sama dengan Microsoft Word, Microsoft Excel juga memiliki menu bar yaitu Home, Insert, Page Layout, Data, View, Review, Formulas, dan Team. Masing-masing menu terdiri dari tools-tools yang bisa digunakan ketika bekerja dengan Excel. Misalnya untuk menerapkan rumus bisa dilihat di menu Formulas, untuk menambahkan tabel bisa pilih menu Insert, untuk menghubungkan sumber data bisa pilih menu Data, dan sebagainya. Dalam satu tampilan Excel kita bisa membuat dua atau lebih worksheet dengan klik tanda (+) pada bagian bawah worksheet. Di antara worksheet dan menu bar terdapat kolom untuk menuliskan rumus yang akan digunakan untuk perhitungan. Format .xlsx adalah format penyimpanan file Excel.

Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Perhitungan Statistik Dan Data Analysis Dengan Excel 

Selain perhitungan sederhana, Excel juga bisa melakukan perhitungan yang rumit seperti statistik. Dalam menu bar Formulas, Excel menyediakan beberapa rumus perhitungan seperti Financial yang bisa digunakan untuk menghitung keuangan, Logical untuk perhitungan logika, Math & Trig untuk perhitungan matematika dan trigonometri, dan Statistical untuk perhitungan statistik. Untuk melakukan data analysis dengan Excel, tools yang disediakan adalah Data Analysis. Tools ini tersedia dalam package namun harus ditambahkan sendiri dengan Add-Ins Toolpak. Beberapa fungsi yang ada pada Data Analysis yaitu ANOVA, correlation, z-test dan t-test, dan lain-lain untuk perhitungan statistik yang lebih rumit. 


3. Membuat Visualisasi Data

Ketika data yang kita miliki sudah diolah dengan baik dan ingin dipresentasikan, tentunya akan lebih menarik jika memvisualisasikannya dalam bentuk grafik. Excel menyediakan tools untuk membuat grafik agar data yang dihasilkan lebih mudah dipahami orang lain. Dengan pemahaman yang baik tentu akan mendapatkan insight yang berguna. Berbagai macam grafik yang ada di Excel yaitu bar chart, pie chart, line chart, column chart, scatter, dan lainnya yang bisa dipilih di menu Insert. Blok data yang sudah diolah kemudian pilih grafik yang diinginkan. Grafiknya juga bisa dimodifikasi seperti mengubah warna, judul grafik, nama item, nama kelompok item pada garis horizontal dan vertikal, dan sebagainya. Jangan lupa ya untuk memastikan bahwa grafik yang kamu pilih cocok dalam menyajikan data yang kamu punya agar informasi yang diperoleh dapat tersampaikan dengan baik.

Baca juga : Belajar Dasar-Dasar Microsoft Excel Bagi Pemula


4. Yuk, TEMUKAN SUMBER DATA UNTUK BANGUN PORTFOLIO GRATIS DI DQLAB SELAMA 1 BULAN!


Gunakan Kode Voucher “DQTRIAL”, dan simak informasi dibawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher “DQTRIAL” dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.

Penulis: Dita Kurniasari

Editor: Annissa Widya

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!