PROMO KILAT 2 DAYS ONLY!!
Belajar Data Science 3 Bulan hanya 100K!

1 Hari 17 Jam 19 Menit 20 Detik

Aplikasi Excel dalam Employee Training & Development

Belajar Data Science di Rumah 22-Juni-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/8359a0f7-f438-41d5-a4c4-49e12c0ab36b-2023-06-22-182211_x_Thumbnail800.jpeg

Excel menjadi salah satu tools pengolahan data yang banyak digunakan di beberapa perusahaan. Jika dibandingkan dengan tools pengolahan data lain yang menggunakan coding, Excel akan menjadi pilihan bagi mereka yang tidak pernah belajar coding sama sekali.


Pasalnya meskipun bersifat less coding, namun Excel tidak kalah powerfull untuk melakukan pengolahan data, karena didukung oleh berbagai fungsi, formula, serta fitur bawaan dari Excel.


Modern ini, Excel bahkan menjadi skill minimal yang harus dikuasai oleh para praktisi data. Excel adalah salah satu alat yang sangat berguna untuk Employee Training & Development, karena dapat membantu dalam mengelola data, membuat laporan, dan menghitung statistik.


Dalam artikel ini kita akan membahas tentang pemanfaatan Excel dalam pelatihan dan pengembangan karyawan secara detail. Yuk, simak pembahasannya lebih lanjut!


1. Pengelolaan Data

Excel memungkinkan kamu untuk mengelola data pelatihan karyawan dengan mudah. Kamu dapat membuat daftar peserta, menyimpan informasi kontak, riwayat pelatihan, dan catatan lainnya dalam lembar kerja Excel. Ini membantu untuk mengorganisir data dengan baik dan memudahkan pencarian serta pembaruan informasi.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja 


2. Penjadwalan Pelatihan

Dengan Excel, kamu dapat membuat jadwal pelatihan yang terperinci. Selain itu, kamu dapat menggunakan fungsi kalender dan pemformatan tanggal Excel untuk mengatur tanggal dan waktu pelatihan. Ini membantu untuk memastikan bahwa setiap karyawan menerima pelatihan yang diperlukan dan dapat memantau kemajuan mereka.


3. Pelacakan Kemajuan

Excel dapat digunakan untuk melacak kemajuan pelatihan karyawan. Kamu dapat membuat daftar tugas atau kompetensi yang harus dicapai oleh setiap karyawan dan kemudian mencatat kemajuan mereka dalam lembar kerja Excel. Ini membantu untuk memantau perkembangan individu dan mengidentifikasi area di mana karyawan perlu bantuan atau dorongan lebih lanjut.


4. Analisis Data

Excel menyediakan berbagai alat analisis yang berguna dalam Employee Training & Development. Kamu dapat menggunakan rumus dan fungsi Excel untuk menghitung statistik, menghasilkan grafik, dan menganalisis data pelatihan. Dengan analisis ini, kamu dapat memahami tren, melihat keberhasilan program pelatihan, dan mengidentifikasi area di mana perbaikan dapat dilakukan.


5. Pembuatan Laporan

Excel memungkinkan untuk membuat laporan pelatihan yang terstruktur dan profesional. Kamu dapat menggunakan format dan template Excel untuk menyusun laporan pelatihan yang rapi dengan grafik, tabel, dan ringkasan penting. Ini membantu pengguna untuk mengkomunikasikan hasil pelatihan kepada manajemen atau pihak yang berkepentingan lainnya.


6. Perencanaan Anggaran

Excel dapat digunakan untuk merencanakan anggaran pelatihan karyawan. Kamu dapat membuat spreadsheet yang menggambarkan biaya pelatihan, termasuk biaya fasilitas, materi pelatihan, transportasi, dan lainnya. Ini membantu untuk mengelola anggaran pelatihan dengan baik dan memastikan pengeluaran yang efisien.


 Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


Pada dasarnya, Excel dapat digunakan untuk mengerjakan banyak pekerjaan yang berkaitan dengan training dan development karyawan. Dengan memanfaatkan Excel secara efektif, perusahaan dapat memastikan bahwa pelatihan dan pengembangan karyawan berjalan dengan efektif dan efisien.


Tertarik untuk belajar Excel lebih lanjut? Kamu bisa mengakses modul Excel di DQLab dengan cara membeli modul Platinum Excel. Selain program tersebut, DQLab juga menyediakan free modul yang berjudul “Free Trial Excel - Penggunaan Rumus dan Fungsi” untuk kamu yang ingin belajar Excel namun tanpa harus mengeluarkan biaya lebih. Meskipun bersifat gratis, namun modul ini juga bisa dibilang cukup lengkap agar pemula bisa mengenal Excel secara singkat


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst!

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login