PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 18 Jam 18 Menit 47 Detik 

Aplikasi Statistik dalam Perhitungan Premi Asuransi

Belajar Data Science di Rumah 17-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/9d24865ba546a4a875995ecbf965708b_x_Thumbnail800.jpg

Asuransi adalah usaha kerja sama antara perusahaan asuransi dan nasabah dimana perusahaan akan memberikan sejumlah dana kepada nasabah pada waktu tertentu sesuai dengan perjanjian sebagai pengganti premi yang dibayar nasabah. Perusahaan asuransi merupakan salah satu perusahaan yang melindungi nasabahnya dari kejadian yang tidak diinginkan di masa mendatang. Menurut jangka waktu pertanggungan, asuransi jiwa terbagi atas tiga jenis yaitu asuransi jiwa berjangka, asuransi jiwa dwiguna, dan asuransi jiwa seumur hidup. Banyak perusahaan asuransi yang menggunakan tabel komutasi dalam melakukan perhitungan premi. Nilai-nilai pada tabel komutasi diperoleh berdasarkan Tabel Mortalita Indonesia Tahun 2011. Beberapa penelitian telah membahas perhitungan premi menggunakan tabel komutasi secara manual. Perhitungan premi secara manual untuk beberapa nasabah dengan usia berbeda membutuhkan waktu yang cukup lama dikarenakan perhitungan dilakukan satu per satu untuk setiap nasabah. Oleh karena itu, salah satu cara untuk memangkas waktu dalam penghitungan premi adalah dengan bantuan perangkat lunak (Software).


Salah satu Software yang dapat digunakan untuk menghitung premi asuransi adalah Software R. Cara perhitungan premi dengan Software R sudah diperkenalkan oleh Effendie (2015) dalam bukunya yang berjudul œMatematika Aktuaria dengan Software R. Dalam buku tersebut, dibahas perhitungan premi dengan membuat fungsi terlebih dahulu pada R yang mana fungsi tersebut diperoleh dari rumus anuitas, nilai sekarang dari manfaat, dan premi tahunan. Selain membuat fungsi, tersedia sekumpulan package untuk mengefisienkan dalam penyelesaian masalah dari segi waktu. Package adalah merupakan sekumpulan fungsi yang digunakan untuk menganalisis suatu hal tertentu. Terdapat ribuan package yang dapat diunduh secara gratis melalui https://www.r-project.org/. Beragam package yang tersedia menjadi salah satu alasan mengapa R menjadi sangat diminati. Salah satu package R adalah lifecontingencies yang digunakan untuk mengelola life table dan tabel aktuaria, menggambarkan demografi, dan melakukan perhitungan di bidang keuangan serta matematika aktuaria di bidang asuransi. Mari kita cari tahu lebih dalam soal aplikasi penggunaan statistik dalam bidang asuransi. Pada artikel DQLab kali ini, kita akan membahas mengenai penggunaan aplikasi statistik untuk melakukan perhitungan premi asuransi dengan menggunakan package R. Dengan harapan bisa menjadi tambahan insight dan rekomendasi bagi kalian calon praktisi data, peneliti maupun data enthusiast. Jangan lewatkan artikel berikut ini, pastikan simak baik-baik, stay tune and keep scrolling on this article guys!


1. Perhitungan Statistik Premi Asuransi dengan Tabel Komutasi

Salah satu tujuan dari asuransi jiwa adalah menanggung kerugian ekonomi akibat terjadinya peristiwa kematian. Sangat sulit untuk mengetahui kapan seseorang akan meninggal dalam suatu jangka waktu tertentu. Terdapat tabel mortalita yang merupakan hasil pengamatan jumlah orang meninggal pada suatu kelompok orang dalam jumlah besar pada jangka waktu tertentu. Salah satu tabel mortalita adalah Tabel Mortalita Indonesia Tahun 2011. Tabel Mortalita Indonesia Tahun 2011 terdiri dari 5 kolom, yaitu x, lx, dx, px, dan qx, dengan x menyatakan usia, lx menyatakan jumlah orang yang hidup pada usia tahun, dx menyatakan jumlah orang yang meninggal pada usia tahun, px menyatakan peluang seseorang dapat bertahan hidup pada usia tahun hingga x+1 tahun, dan qx menyatakan peluang seseorang yang berusia tahun akan meninggal sebelum mencapai x+1 tahun.


Baca juga : Pengolahan Data Statistik Parametrik dan Non-Parametrik


2. Package R dalam Bidang Asuransi

Perhitungan premi sebelumnya telah dibahas oleh Effendie (2015) dalam bukunya yang berjudul "Matematika Aktuaria" dengan Software R. Dalam buku tersebut, dibahas perhitungan matematika aktuaria dengan membuat fungsi terlebih dahulu. Package merupakan sekumpulan fungsi yang digunakan untuk menganalisis suatu hal tertentu. Terdapat ribuan package yang dapat diunduh secara gratis melalui https://www.r-project.org/. Pada Januari 2015, sudah lebih dari 6000 package yang tersedia di CRAN. Beragam package yang tersedia menjadi salah satu alasan mengapa R menjadi sangat diminati. Salah satu package R adalah lifecontingencies yang digunakan untuk mengelola life table dan tabel aktuaria, menggambarkan demografi, dan melakukan perhitungan di bidang keuangan serta matematika aktuaria di bidang asuransi.


3. Notasi Fungsi Package R Bidang Asuransi

Berikut ini beberapa fungsi (perintah) pada lifecontingencies package yang dapat digunakan dalam perhitungan premi asuransi jiwa dwiguna:

axn merupakan fungsi untuk menghitung asuransi jiwa, dengan argumen yang umum digunakan sebagai berikut:

Axn(actuarialtable, x, n, i, m)

dengan,

Actuarialtable = tabel mortalita yang digunakan

x = usia tertanggung

n = periode pertanggungan

i = tingkat bunga

m = periode tertunda

exn merupakan fungsi untuk menghitung asuransi jiwa dwiguna murni dengan argument yang umum digunakan adalah:

exn(actuarialtable, x, n, i,)

axn merupakan fungsi anuitas, dengan argument yang umum digunakan sebagai berikut:

axn(actuarialtable, x, n, i, payment)

dengan payment = due untuk anuitas di muka dan payment = immediate untuk anuitas di akhir periode.


4. Perbandingan Perhitungan Premi Antara Tabel Komutasi dengan Package R

Berdasarkan penelitian yang dilakukan dari Jurnal Vokasi Indonesia Universitas Indonesia, mengenai perhitungan premi dengan tabel komutasi dan lifecontingencies package pada R, diperoleh bahwa hasil perhitungan adalah œsama, mulai dari perhitungan anuitas, nilai sekarang aktuaria, hingga premi tahunannya. Untuk menghitung seorang tertanggung dengan usia tertentu, perhitungan dengan package lifecontinencies pada R lebih efisien dari segi waktu penyelesaian dibandingkan secara manual. Hal ini dikarenakan sudah ada fungsi pada lifecontingencies package sehingga pengguna hanya import tabel mortalita dan memasukkan tingkat bunga, usia, jangka waktu pertanggungan dan jangka waktu pembayaran premi sedangkan perhitungan secara manual lebih lama karena harus membuat tabel komutasi sesuai dengan tingkat bunga yang dilanjutkan dengan menghitung anuitas, nilai sekarang aktuaria, dan premi. Jika terdapat sekelompok nasabah yang akan dihitung premi yang harus mereka bayar dan usia nasabah tersebut terbeda-beda, maka perhitungan dengan lifecontingencies package sangat efisien. Hal ini dikarenakan pada perhitungan premi secara manual harus dilakukan satu per satu sedangkan penghitungan premi dengan package R untuk sekelompok nasabah dapat dilakukan secara sekaligus.


Baca juga : Yuk Pelajari Macam-Macam Metode Analisis Statistika


5. Biar Nggak Pusing, Cus Belajar Statistik Bareng DQLab

Kini Sahabat Data DQLab sudah tidak perlu khawatir lagi. Karena dengan belajar data science di DQLab sekarang tidak perlu install software lagi. Kamu bisa langsung belajar dari sekarang karena dataset yang telah disediakan sudah sudah terintegrasi dengan live code editor. Biar nggak pusing-pusing banget nih buat belajar statistik, langsung aja yuk. Kamu bisa loh untuk coba bikin akun gratisnya kesini di DQLab.id dan lakukan signup untuk dapatkan info-info terbaru serta belajar data science. Nikmati pengalaman belajar data science yang menarik dan cobain berlangganan bersama DQLab yang seru dan menyenangkan dengan live code editor. Cobain juga free module Introduction to Data Science with R dan Introduction to Data Science with Python untuk menguji kemampuan data science kamu gratis!


Dapatkan keuntungan-keuntungan yang didapatkan salah satunya tidak perlu install software tambahan. Karena kalian belajar secara langsung terhubung dengan live code editor dari device yang kalian gunakan. Tersedia berbagai macam modul-modul yang terupdate mulai dari free hingga platinum semua dapat diakses jika kamu ingin berlangganan buat akses seluruh modul lengkapnya. Kalian juga bisa mencoba studi kasus penerapan real case industry dan kamu juga diberikan kesempatan mendapatkan job connector dari perusahaan ternama di ranah industri data. Uniknya kamu bisa langsung apply dari akun kamu loh. So, tunggu apalagi, buruan SIGNUP Sekarang ya!


Penulis: Reyvan Maulid

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :