PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 11 Jam 26 Menit 47 Detik 

Aplikasi Statistika pada Bisnis Manufaktur

Belajar Data Science di Rumah 25-April-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/37661ed6b725f9336d42f003a4e8f9f8_x_Thumbnail800.jpg

Statistika merupakan sebuah ilmu terapan yang bisa diaplikasikan untuk berbagai studi dan bisnis. Pada dasarnya statistika adalah cabang dari matematika terapan yang digunakan untuk mengumpulkan, mendeskripsikan, menganalisis, dan mencari kesimpulan dari kumpulan data. Dalam statistika terdapat teori matematika yang berperan penting seperti turunan dan integral, kalkulus, aljabar linier, dan teori probabilitas. Seseorang yang menguasai ilmu statistika biasa dikenal dengan statistician. Seorang statistician sangat concern dengan bagaimana cara menyimpulkan sesuatu dari beberapa sampel yang berasal dari kumpulan data yang sangat besar dengan karakteristik tiap data yang berbeda. Sample ini merepresentasikan sebuah porsi dari populasi.


Statistika dapat diaplikasikan untuk menyelesaikan berbagai masalah di berbagai sektor, salah satunya adalah bisnis manufaktur. Secara sederhana, definisi dari industri manufaktur adalah sebuah industri yang membuat produk dari bahan mentah dengan memanfaatkan mesin atau tenaga manual. Lalu bagaimana peran statistika dalam bidang manufaktur?


Pada artikel kali ini DQLab akan menjelaskan kegunaan dari statistika yang bisa membantu perusahaan untuk mendapatkan kualitas produk yang lebih baik. Jadi tunggu apa lagi? Yuk simak artikel ini sampai akhir!


1. Mengidentifikasi Konsumen

Sebuah keuntungan dari aplikasi statistika adalah ilmu ini berperan penting untuk mengidentifikasi konsumen dari sebuah perusahaan. Ketika perusahaan tau siapa konsumen mereka, akan lebih mudah untuk menemukan produk manufaktur yang dibutuhkan oleh konsumen sehingga produk yang akan dilempar ke pasar tepat sasaran. Selain itu, segmentasi konsumen juga membantu tim marketing untuk mengolah budget agar lebih efektif dan efisien karena sudah ada fokus target yang disasar.

statistik


Baca juga : Pengolahan Data Statistik Parametrik dan Non-Parametrik


2. Mengidentifikasi Jumlah Produksi yang Tepat

Statistika dapat membantu perusahaan untuk mengidentifikasi kuantitas produksi yang ideal dengan permintaan konsumen. Ketika kuantitas produksi lebih rendah daripada permintaan, perusahaan akan kehilangan momentum penjualan produk yang berdampak pada profit. Namun, jika produksi terlalu banyak dan warehouse tidak mencukupi maka supply chain akan bermasalah dan banyak produk yang harus ditimbun karena tidak terjual. Dengan menganalisis data permintaan, historis penjualan, data konsumen, dan informasi lainya perusahaan perhitungan kuantitas produksi akan lebih akurat.


3.  Merancang Produksi Berdasarkan Season

Terkadang permintaan konsumen tergantung pada season atau waktu tertentu. Beberapa produk akan mengalami peningkatan permintaan di waktu tertentu, misalnya permintaan sirup akan meningkat di bulan puasa, permintaan baju tebal dan jaket akan meningkat di musim dingin namun akan menurun di musim panas, dan lain sebagainya. Dengan bantuan statistika, perusahaan bisa mengidentifikasi perubahan preferensi konsumen dengan bergantinya musim dan merancang next product yang akan diproduksi.

statistik


4. Mengidentifikasi Strategi Marketing Terbaik

Industri manufaktur memiliki banyak kompetitor. Oleh karena itu, perlu adanya strategi marketing yang baik dan tepat agar bisa lebih unggul dari kompetitor. Selain segmentasi konsumen, statistika juga bisa membantu mengidentifikasi channel terbaik yang bisa digunakan untuk berinteraksi dengan konsumen dan menghasilkan target konsumen potensial yang tepat. Dengan pemilihan channel yang tepat, maka perusahaan bisa mem-boosting popularitas dengan budget yang lebih efisien. 


Baca juga : Yuk Pelajari Macam-Macam Metode Analisis Statistika


5. Belajar Aplikasi Statistika dengan Challenge di Modul DQLab

Statistika tidak hanya bisa diterapkan di industri manufaktur, namun juga bisa diterapkan di industri lainnya. Ingin belajar bagaimana cara mengaplikasikan statistika di berbagai bidang industri? Yuk belajar dari challenge di modul DQLab! 


Modul DQLab tidak hanya berisi materi dan teori, tetapi juga ada tugas dan challenge yang bisa dikerjakan langsung di modul tersebut karena modulnya sudah dilengkapi dengan live code editor. Selain itu, data yang digunakan juga merupakan data yang mencerminkan real di dunia industri sehingga kita memiliki gambaran bagaimana kondisi data di dunia nyata. 

Yuk klik button di bawah ini atau sign up melalui DQLab.id untuk mengakses modul GRATIS "Introduce to Data Science" dengan R dan Python serta free akses ebook 24 jam untuk mendukung proses belajar kamu lebih baik lagi. Selamat belajar!


Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :