Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Aplikasikan Excel untuk Membuat Grafik Simpel

Belajar Data Science di Rumah 04-Mei-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/8efa9333d4e5b78e0a5106fbd8ec5f0d_x_Thumbnail800.jpeg

Microsoft excel merupakan salah satu software yang tidak asing lagi dalam dunia pekerjaan. Bahkan para pelajar maupun mahasiswa sudah menggunakan software ini untuk berbagai keperluan. Salah satu profesi yang cukup sering menggunakan excel adalah para praktisi data. Praktisi data menggunakan berbagai software atau bahasa pemrograman untuk memudahkan dalam mengerjakan tugas dan tanggung jawabnya. Microsoft excel dapat digunakan untuk proses visualisasi data. Lalu bagaimana cara membuat grafik di excel?


Visualisasi data merupakan bagian penting dalam microsoft excel yang perlu dikuasai lebih lanjut. Proses visualisasi data ini memudahkan para pembaca dalam memahami hasil analisis data yang belum tentu dipahami oleh semua orang. Bentuk visualisasi data pun bermacam-macam bentuknya ada berupa grafik, peta, dan masih banyak lainnya. Pada artikel ini kita akan mengenali cara membuat grafik dengan mudah di microsoft excel.


1. Visualisasi Data

Visualisasi data merupakan tampilan berupa grafis atau visual. Secara visual, jika kita melihat data dalam bentuk teks cenderung melelahkan, membosankan dan kurang tertarik, Sebaliknya jika kita melihat tampilan data yang dikemas dalam bentuk gambar atau grafik, kita cenderung lebih tertarik dan lebih memahaminya. Oleh karena itu, itulah salah satu pentingnya visualisasi data yaitu untuk memudahkan para pembaca dalam memahami penyajian data yang ada.

Excel


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Jenis Grafik di Excel

Setelah mengetahui pengertian grafik, kita perlu mengenali pula jenis-jenis grafik yang ada pada Excel untuk menentukan grafik mana yang nantinya akan kita gunakan. Beberapa jenis grafik Excel antara lain:

  1. column chart, atau grafik kolom yang menyajikan kategori data dalam kolom atau baris di sepanjang sumbu horizontal dan kategori nilai di sepanjang sumbu vertikal.

  2. line chart, atau grafik garis yang menampilkan data yang didistribusikan secara merata di sepanjang sumbu horizontal dan semua data nilai didistribusikan merata di sepanjang sumbu vertikal.

  3. pie chart, biasanya digunakan untuk mengukur perbandingan persentase atar item dari dataset.

  4. bar chart, atau grafik batang yang juga digunakan untuk membandingkan nilai masing-masing item dalam bentuk batang

Excel


3. Grafik untuk Visualisasi Data

Pada bagian sebelumnya kita telah mengetahui pengertian serta pentingnya visualisasi data. Visualisasi data bisa menggunakan berbagai macam perangkat atau software, seperti microsoft excel, tableau, plotly, finereport, dan masih banyak lainnya. Selain itu, visualisasi data juga dapat disajikan dalam berbagai bentuk seperti grafik, diagram batang, diagram lingkaran, video, infografis, foto, dan masih banyak lainnya.

Excel


4. Cara Mengaplikasikan Grafik di Excel

  1. membuka aplikasi microsoft excel lalu pilih ‘blank workbook’

  2. input data yang akan dijadikan grafik, lalu blok data

  3. pilih menu toolbar ‘insert’ lalu pilih ‘charts’ atau ‘grafik’

  4. pilih model grafik yang diinginkan

  5. grafik akan muncul dan bisa dimodifikasi sesuai keinginan dan kebutuhan

Berikut ini merupakan salah satu contoh hasil visualisasi data menggunakan excel berasal yang mendeskripsikan update stock suatu produk.

Excel


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


Penggunaan aplikasi atau software untuk visualisasi data bukanlah suatu hal yang asing bahkan hal ini merupakan suatu kebutuhan bagi para praktisi data. Di DQLab kamu bisa mencoba mempelajari cara membuat visualisasi data yang mudah, sederhana dan menarik.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup 


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login