Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

Artificial Intelligence VS Machine Learning

Belajar Data Science di Rumah 13-Maret-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/b09336f5e0b846e4261767f113c2f0cc_x_Thumbnail800.jpeg

Dengan berkembangnya teknologi saat ini yang membawa pengaruh cukup besar terhadap keberlangsungan setiap perusahaan. Maka dari itu, tidak heran jika sekarang mayoritas perusahaan menempatkan pengolahan data dan juga data analystics sebagai bagian yang penting dalam proses bisnis. itulah sebabnya diperlukannya pemahaman antara Machine Learning dan juga Artificial Intelligence. Terlebih lagi kedua istilah ini cukup populer. Karena di era digitalisasi bisnis seperti ini, jumlah data yang miliki oleh perusahaan akan semakin meningkat dalam skala yang cukup besar.


Sehingga perusahaan membutuhkan proses komputasi untuk menganalisis big data ini untuk menghasilkan informasi yang berguna. Machine learning dan juga artificial intelligence ini pada dasarnya memiliki peran yang cukup penting untuk memproses data management ataupun data analystics yang menjadi pilar penting untuk kelangsungan bisnis di era seperti ini. Nah, masih banyak yang bingung apa bedanya Machine Learning dan juga AI. Pada artikel kali ini kita akan membahas perbedaan keduanya jadi simak terus ya!


1. Apa Itu Machine Learning

Machine learning adalah sebuah bidang keilmuan mengenai algoritma komputer yang sangat berguna untuk meningkatkan kinerja dari sebuah program komputer secara mandiri atau otomatis dengan berdasarkan data yang ada. Cara kerja dari machine learning ini adalah dengan mengumpulakn, memproses, dan juga membandingkan data untuk mencari sebuah pola dan juga menganalisis perbedaannya. Machine learning ini memiliki beberapa elemen penting dalam proses pengolahan datanya, pertama ada data ingestion, data mining, data mapping, data science, dan lain sebagainya.


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Artificial Intelligence

Sekarang kita sudah mengetahui apa itu machine learning, nah pada poin kedua ini kita akan membahas apa itu AI (Artificial Intelligence). Mungkin AI ini cukup familiar di telinga kita, bahkan kebanyak orang sekarang juga secara tidak sadar sedang menggunakan AI dalam kehidupan sehari-harinya. Jadi definisi dari artificial intelligence ini adalah ilmu komputer yang cukup berguna untuk bisa menciptakan mesin yang cerdas agar dapat bekerja layaknya manusia. Contoh AI yang sering kita pakai adalah Google search, Siri, Image Recognition Software, dan lain sebagainya. Jadi AI ini mirip dengan mansuia yaitu dapat menyelesaikan masalah apapun. Jadi apa sih bedanya AI dan juga machhine learning. Machine learning ini adalah bagian dari AI itu sendiri. Jadi AI memiliki fungsi untuk meningkatkan peluang sebuah kesuksesan suatu sistem maupun mesin. Sedangkan untuk machine learning cenderung lebih fokus kearah akurasi sistem ataupun mesin itu sendiri.


3. Fungsi Machine Learning

Pada poin kali ini kita akan membahas fungsi dari machine learning. Fungsi yang pertama adalah machine learning ini bisa memprediksi keberlangsungan sebuah perusahaan. Maksudnya adalah perusahaan yang menggunakan machine learning ini dapat memprediksi berapa banyak customer yang akan churn dan apa saja penyebabnya, kemudian nanti machine learning ini akan melihat karakteristik dari pelanggan ini dengan melakukan sebuah segmentasi dan juga melakukan prediksi agar perusahaan dapat berkembang. Fungsi kedua adalah sistem pintar yang otomatis. Dengan melakukan sebuah training kepada machine learning, nantinya dia akan bekerja secara otomatis ketika kita sudah melatihnya dengan algoritma yang ada. jadi machine learning dapat melakukan klasifikasi, prediksi, dll secara otomatis tanpa bantuan dari manusianya langsung.

Baca juga: Ikut Bootcamp Machine Learning & Artificial Intelligence for Beginners dari DQLab

4. Fungsi Artificial Intelligence

Setelah kita melihat fungsi yang dimiliki oleh machine learning saatnya kita melihat fungsi dari AI. Fungsi yang pertama adalah AI dapat memungkinkan adanya penyerderhanaan proses dalam bentuk apapun. Ai ini akan membantu menyediakan aksses informasi dengan sangat mudah dan bebas dari yang namanya kerumitan, AI akan memungkinkan informasi yang tersedia sesuai dengan preferensi orang yang mengaksesnya dan hasilnya informasi yang tersedia akan menjadi lebih tertarget dan tefokus. Fungsi kedua adalah dapat melakukan penyesuaian saat tersedia begitu banyak sekali pilihan. Dengan menggunakan AI ini akan membantu kalian ketika sulit memilih dari berbagai macam pilihan karena AI akan secara otomatis akan langsung menuju ke intinya tanpa melenceng kemana-mana.


Gimana sahabat DQ? Ngga perlu khawatir jika kamu belum memiliki pengalaman tentang machine learning sebelumnya, kamu tetap bisa mengasah pemahaman mendasar kamu tentang machine learning, kamu bisa bergabung dalam bootcamp DQLab yang berjudul Bootcamp Machine Learning & Artificial Intelligence for Beginner.

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login