Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Asah Skill Data, Pelajari Azure Machine Learning

Belajar Data Science di Rumah 08-Desember-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/cb477e22bdfee2b9041185942846ccf8_x_Thumbnail800.jpeg

Machine Learning merupakan teknologi yang mulai banyak diadaptasi. Hal ini karena Machine Learning dapat menghemat waktu, tenaga, dan pengeluaran, khususnya bagi industri yang melakukan pekerjaan yang sama secara berulang-ulang. Machine Learning dapat didevelop di berbagai environment, salah satunya adalah Azure Machine Learning.


Azure Machine Learning atau Microsoft Azure adalah suatu platform yang ditawarkan oleh perusahaan Microsoft untuk mengolah dan menganalisis data terutama data yang banyak melalui jaringan global. Untuk mengantisipasi meningkatnya data maka Microsoft menawarkan layanan yang disebut dengan Microsoft Azure.


Ada beberapa alasan terkait mengapa kamu perlu menggunakan Azure Machine Learning. Salah satunya adalah Microsoft Azure memiliki standar cyber security yang baik dengan sertifikasi ISO 27018. Sehingga, kamu tidak perlu khawatir akan keamanan datamu.


Data center yang dimiliki oleh Microsoft sudah melewati berbagai uji coba, dan telah terbukti dalam memberikan keamanan data yang terpercaya. Layanan ini tidak hanya menyediakan alat untuk memodelkan analisis prediktif, namun juga menyediakan layanan yang memungkinkan pengguna untuk mengelola model prediksi yang sudah dibangun.


Tidak hanya itu, Azure Machine Learning juga dapat digunakan untuk mengimpor data training menjadi lebih mudah. Dalam masalah Machine Learning, azure dapat dimanfaatkan untuk beberapa hal. Mau tahu apa saja? Yuk simak artikel ini sampai akhir!


1. Mengenal Azure Machine Learning

Microsoft Azure adalah suatu platform yang ditawarkan oleh perusahaan Microsoft untuk mengolah dan menganalisis data terutama data yang banyak melalui jaringan Cloud. Diluncurkan pada Juni 2014, Azure Machine Learning membawa analitik prediktif ke cloud publik. Hal ini beroperasi di cloud publik Azure dan pengguna tidak perlu membeli perangkat lunak dan perangkat keras apa pun secara terpisah. 


Machine Learning


Mereka juga tidak perlu lagi khawatir tentang pemeliharaan dan penyebaran. Azure Machine Learning adalah platform seret dan lepas sederhana, yang dapat membangun, menguji, dan menempatkan solusi analitik prediktif pada data milikmu.


Alat ini memiliki potensi untuk menyelesaikan proyek pemrosesan data yang besar, dan karena alasan itu, alat ini diakui saat ini sebagai pengubah permainan di dunia pemodelan data. 


ML Studio memungkinkan pengguna non-IT untuk membuat model data dengan mudah menggunakan diagram aliran data dan gerakan drag and drop. Platform ini tidak hanya meminimalkan persyaratan pengkodean tetapi juga menghemat waktu melalui perpustakaan percobaan sampel Machine Learning Studio.


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Mengenal Komponen Azure Machine Learning

Machine Learning


Azure Machine Learning memiliki tiga komponen utama yaitu compute, storage, dan fabric. Compute adalah komponen yang berfungsi mengorganisir proses komputasi secara menyeluruh yang meliputi foreground dan background. Storage adalah komponen yang berfungsi menyimpan seluruh data dengan dua jenis penyimpanan yaitu azure storage dan SQL azure. Fabric adalah komponen yang berfungsi mengatur penyimpanan pada azure yang meliputi manajemen, penjadwalan, dan lainnya.


3. Mengapa Azure Machine Learning Dibutuhkan

Azure Machine Learning diciptakan untuk menjawab berbagai permasalahan yang muncul dalam pengembangan Machine Learning. Ada beberapa alasan mengapa Azure Machine Learning ini dibutuhkan, misalnya:

  • Menggunakan Machine Learning sebagai Layanan, sehingga bisnis tidak perlu lagi melakukan pengaturan yang rumit atau membeli software dan hardware lainnya, mereka cukup memanfaatkan layanan ini dalam membangun aplikasi Machine Learning.

  • Interface yang mudah dan fleksibel untuk digunakan, karena less coding dan hanya membutuhkan drag and drop komponen.

  • Menyediakan berbagai macam algoritma, khususnya algoritma Machine Learning yang umum digunakan oleh praktisi data. 

  • Mudah diimplementasikan ke web service.

  • Memiliki dokumentasi yang lengkap untuk solusi Machine Learning, seperti tutorial, referensi, dan lain-lain.


4. Siapa Saja yang Membutuhkan Azure Machine Learning

Azure Machine Learning akan dibutuhkan oleh mereka yang telah menerapkan MLOp di organisasi atau perusahaan tempat mereka bekerja, baik secara individu maupun tim. Misalnya Data Scientist dan Machine Learning Engineer yang membutuhkan alat yang dapat mempercepat proses kerja mereka sehari-hari.

Azure Machine Learning ini dikembangkan menggunakan alat yang kuat serta didukung oleh API Azure Resource Manager sehingga sangat mampu untuk membangun alat Machine Learning tingkat lanjut.


Perusahaan yang bekerja di cloud Microsoft Azure akan menemukan keamanan yang familiar dan kontrol akses berbasis peran (RBAC) untuk infrastruktur. Kita dapat mengatur proyek untuk menolak akses ke data yang dilindungi dan memilih operasi.


5. Penerapan Azure Machine Learning

Hampir semua bidang dapat diselesaikan dengan menerapkan algoritma Machine Learning. Ketika kegiatan menyangkut proses otomasi dengan memanfaatkan kecerdasan buatan, maka Machine Learning dapat diaplikasikan.


Machine Learning


Contoh penerapan dari Microsoft Azure ini dapat dilihat pada sebuah supermarket yang memiliki beberapa cabang di beberapa kota dan negara dan menyimpan data konsumen yang sangat banyak. Transaksi meliputi pembelian barang dan jumlah barang serta total harga tersimpan dalam data mereka. Data ini akan berguna setelah dilakukan analisa untuk keperluan tertentu, misalnya melakukan prediksi.


Baca juga : Kenali Algoritma Klasifikasi Machine Learning Terpopuler di Tahun 2021


Azure Machine Learning juga perlu dipelajari untuk dapat mengembangkan aplikasi Machine Learning. Sebelum itu tentu pengguna juga perlu memahami terlebih dahulu apa itu Machine Learning dan bagaimana cara menggunakannya. Semua itu dapat dipelajari di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan. Materi yang mudah dipahami dan mentor yang ahli di bidangnya mampu membantu proses pembelajaranmu.


Yuk, bergabung di DQLab.id dan mulai belajar serta mempraktekkan model Machine Learning yang digunakan di industri!


Penulis: Salsabila MR

Editor: Annisa Widya Davita

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login