TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

0 Hari 10 Jam 37 Menit 8 Detik

Azure Machine Learning untuk Inovasi Analisis

Belajar Data Science di Rumah 28-Agustus-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-kamis-07-2023-08-30-143524_x_Thumbnail800.jpg

Teknologi Machine Learning merupakan salah satu teknologi yang menjadi pondasi dari berbagai inovasi di berbagai industri dalam era digital yang terus berkembang. Machine Learning didefinisikan sebagai bidang studi yang memungkinkan komputer untuk mengambil keputusan tanpa harus di-program secara eksplisit. Meskipun Machine Learning yang diciptakan oleh Arthur Samuel ini pertama kali digunakan pada tahun 1959, baru beberapa tahun terakhir inilah Machine Learning kembali booming dan menjadi hal yang mempermudah banyak pekerjaan manusia, bahkan dalam kehidupan kita sehari-hari.


Azure Machine Learning yang merupakan bagian dari layanan cloud Microsoft Azure, menawarkan solusi lengkap untuk mengembangkan, melatih, dan menyebarkan model Machine Learning. Penggunaan Azure Machine Learning tentu dapat mempermudah pekerjaan para developer karena bisa membangun, menguji, serta menerapkan model machine learning di skala yang lebih besar tanpa harus memikirkan infrastruktur dan konfigurasi. Dalam artikel ini, kami akan membahas secara rinci bagaimana Azure Machine Learning dapat membantu perusahaan dan individu dalam merumuskan solusi analitis yang kuat. Yuk, simak pembahasannya!


1. Mengenal Azure Machine Learning

Machine Learning

Pict by: Minsoo Thigpen (Techcommunity Microsoft)

Azure Machine Learning merupakan layanan yang memungkinkan pengguna untuk membangun, melatih, dan menerapkan model Machine Learning dengan lebih mudah. Dengan memanfaatkan Azure Machine Learning, maka pengguna dapat merancang alur kerja eksperimen, melakukan pra-pemrosesan data, memilih dan melatih model, serta mengevaluasi kinerjanya dengan cepat. Platform ini memiliki interface yang intuitif dan mendukung berbagai bahasa pemrograman seperti Python.


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Pengembangan Model yang Lebih Cepat

Machine Learning

Pict by: Minsoo Thigpen (Techcommunity Microsoft)

Pengembangan model Machine Learning akan menjadi lebih cepat dan efisien dengan memanfaatkan Azure Machine Learning. Platform ini menyediakan berbagai algoritma dan pre-built model yang dapat diakses oleh pengguna untuk menghemat waktu dan upaya dalam membangun model dari awal. Selain itu, pengguna juga bisa menguji berbagai parameter dan opsi dengan cepat untuk menemukan model terbaik yang paling sesuai dengan data dan tujuan masing-masing pengguna.


3. Skalabilitas dan Kinerja

Machine Learning

Pict by Microsoft

Azure Machine Learning memanfaatkan kapasitas komputasi cloud Microsoft Azure untuk memungkinkan training model pada skala data yang lebih besar. Salah satu kelebihan dari Azure Machine Learning adalah pada kemampuannya dalam menangani dataset besar atau saat memerlukan sumber daya komputasi yang lebih kuat untuk mempercepat proses training model. Tidak hanya itu, platform ini juga dapat diintegrasikan dengan analytic tools lainnya untuk memperluas fungsionalitas analisis pengguna, misalnya saja seperti Azure Databricks.


4. Mengelola Life Cycle Model

Machine Learning

Pict by Vanenburg

Azure Machine Learning membantu dalam mengelola life cycle Machine Learning model dari tahap awal hingga akhir. Pengguna dapat melacak versi model, mengelola pengujian dan validasi, serta dengan mudah menyebarkan model yang dimiliki pengguna sebagai layanan web atau dalam lingkungan produksi. Sehingga hal ini memungkinkan pengguna untuk memantau dan memperbarui model sesuai kebutuhan, menjaga model tetap relevan seiring berjalannya waktu.


Bcaa juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


Adanya Azure Machine Learning membuka pintu bagi para profesional dan organisasi untuk memanfaatkan potensi Machine Learning dengan lebih efisien dan efektif. Dengan memanfaatkan dukungan dari ekosistem Microsoft Azure, inovasi dalam analisis data dan pengembangan model dapat diakselerasi membawa nilai tambah yang signifikan dalam berbagai aspek bisnis dan teknologi.


Untuk bisa menguasai Machine Learning, kita bisa memulainya dengan  mempelajari Machine Learning di DQLab. Selain modul pembelajaran, kita juga bisa mengikuti Bootcamp Machine Learning & AI for Beginner yang diadakan oleh DQLab.


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Untuk mendapatkan pengalaman belajar menarik, buruan sign up di DQLab. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :