PROMO BACK TO SCHOOL, HEMATNYA SERU! DISKON 95% + Cashback*
Cuma Rp 159K bisa belajar data science 6 bulan
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 17 Jam 36 Menit 35 Detik 

Background NON IT, Said Berhasil Berkarir menjadi Data Scientist

Belajar Data Science di Rumah 29-Juni-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/8fd42712777a407ed94c28fe62ea3644_x_Thumbnail800.jpg

Jurusan di perkuliahan umumnya untuk memudahkan kamu dalam memilih pekerjaan setelah lulus nanti. Tapi pada praktiknya, tak jarang seseorang memilih profesi di luar bidangnya. Hal ini tentu tidak bermasalah, jika sesuai persyaratan dan orang tersebut memiliki kompetensi yang dibutuhkan. Sama halnya dalam dunia data science, meskipun umumnya profesi ini diisi oleh mereka yang memiliki background pendidikan IT, namun setiap orang dengan ragam background pendidikan juga bisa berkarir sebagai praktisi data.


Said Al Afghani Edsa yang kini berprofesi sebagai data scientist di Pegadaian membuktikan, jika siapa pun bisa menjadi praktisi data, meski tidak memiliki latar belakang pendidikan IT. Menurutnya, asal ada kemauan untuk terus belajar, background pendidikan bukan jadi halangan. Dengan tekad yang kuat, akhirnya Said memutuskan untuk mempelajari dan mendalami data science bersama DQLab. Said menambahkan, dalam mempelajari suatu hal, penting untuk mempelajari dan menguasai semua dasarnya agar bisa fokus mendalami suatu kompetensi. "Belajarlah seperti elang. Kita melihat secara garis besar terlebih dahulu, sehingga ketika kita menangkap mangsa akan tepat sasaran," kata Said.


Bersama DQLab, Said kali ini akan menceritakan kisah seputar perjalanannya menjadi data scientist tanpa memiliki bekal ilmu IT. Ini dia cerita selengkapnya!

1. Lulusan Matematika Murni, Said Berhasil Menjadi Data Scientist

Saat di bangku perkuliahan, Said memang begitu senang dengan bidang matematika dan bisnis. Tak heran jika ia sangat menikmati perjalanan untuk mendapatkan gelar sarjana S1. Ketika lulus, Said memutuskan untuk memilih data scientist sebagai jalan hidupnya. Namun, karena bukan berasal dari kalangan IT, hal itu lantas membuat Said untuk mulai mempelajari data science. "Sebagai non IT saya harus belajar basic secara mendalam agar mendapatkan inti sari dari ilmu tersebut," ujar Said.


Menurut Said, sebagai pemula penting untuk kenali bahasa pemrograman SQL, R dan Python. Kunci dalam belajar data science, teori dan praktik harus seimbang. Ia juga menambahkan, jangan lupa untuk bangun project yang tersedia di DQLab untuk hasilkan portofolio data menarik.


Baca juga : Tanpa Punya Background IT, Yevon Mulai Bangun Karir Sebagai Data Analyst Lewat Job Connector DQLab!


2. Project dari DQLab yang Saat Ini Diimplementasikan pada Said sebagai Data Scientist

Selama mengikuti program belajar bersama DQLab, Said disuguhkan sejumlah modul yang harus ia selesaikan. Modul-modul tersebut berguna untuk melatih kemampuannya. Tidak hanya itu, di DQLab Said juga mengerjakan beberapa project data salah satunya adalah Customer Segmentation. "Project yang relate dengan keseharian saya saat ini adalah, Customer Segmentation. Namun pada eksekusi di lapangan saya kembangkan kembali," jelasnya.


3. Tips Sukses Berkarir Menjadi Data Scientist Versi Said

Berikut beberapa tips sukses versi Said yang bisa kamu tiru untuk bisa berkarir sebagai data scientist. Pertama, "Just do it" untuk mulai semua kompetensi, terutama dalam mempelajari dasar-dasar data science. Kemudian, carilah tempat kursus yang paling mendekati kasus di lapangan, salah satunya DQLab. Yang terakhir, buatlah project yang bisa kamu jadikan sebagai portofolio datamu. Nantinya, portofolio akan membantumu dalam mencari pekerjaan. Terus semangat, Sobat Data!


Baca juga : Siapkan Diri sebagai Praktisi Data, Pahami Python Bersama DQLab secara GRATIS!


4. Gali Kemampuan Datamu dan Mulai Belajar Data Science Bersama DQLab!

Meski tidak memiliki background pendidikan IT, memilih data scientist sebagai profesi  bukan hal yang tidak mungkin. Dengan semangat dan keseriusan dalam belajar, kamu bisa menggapai mimpimu. Kamu bisa belajar data science secara otodidak atau memilih tempat kursus untuk mendapatkan bimbingan serta arahan. Di DQLab, kamu akan mendapatkan materi pembelarajan secara online. Hal ini sangat efektif bagi kamu yang ingin belajar secara praktis, terlebih dalam keadaan pandemi seperti saat ini. Tidak perlu takut salah, karena akan ada fitur Live Code Editor yang akan membimbingmu dalam belajar. Yuk, mulai belajar di sini!


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!