TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

1 Hari 16 Jam 34 Menit 50 Detik

Bagaimana Jenjang Karir Data Analyst di 2023?

Belajar Data Science di Rumah 04-Mei-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/f539dce328c54ab45b77a73c9d31b71e_x_Thumbnail800.jpeg

Data analyst adalah profesi yang semakin diminati di era digital ini. Seiring dengan pertumbuhan volume data yang semakin besar, perannya menjadi semakin penting dalam membantu perusahaan dalam pengambilan keputusan bisnis yang lebih akurat. Data analyst memiliki kemampuan untuk mengumpulkan, mengorganisir, dan menganalisis data yang dihasilkan oleh perusahaan, baik itu data internal maupun eksternal, sehingga dapat memberikan informasi yang diperlukan oleh manajemen perusahaan.


Tidak heran jika jenjang karir data analyst di tahun 2023 akan semakin menjanjikan. Namun, profesi ini harus memiliki kemampuan untuk memahami konteks bisnis perusahaan dan mengembangkan solusi yang inovatif. Mereka juga harus mampu berkomunikasi dengan baik dan bekerja sama dengan tim lain dalam perusahaan untuk memastikan bahwa data yang dihasilkan dapat memberikan manfaat yang optimal bagi bisnis. Seperti apa peluang dan strategi untuk menapaki jenjang karir tersebut? Simak penjelasannya di sini!


1. Peran Data Analyst 

Data Analyst

Sebelum membahas lebih lanjut tentang jenjang karir data analyst di tahun 2023, penting untuk memahami peran data analyst itu sendiri. Data analyst adalah seorang ahli yang memiliki kemampuan untuk mengumpulkan, mengorganisir, dan menganalisis data untuk mengambil keputusan bisnis yang tepat. Peran data analyst di masa depan tidak hanya berkaitan pada pengolahan data, tetapi juga harus mampu memahami konteks bisnis dan mengembangkan solusi yang inovatif.


Berikut adalah beberapa contoh peran data analyst di berbagai industri:

  • Keuangan. Di industri keuangan, data analyst memiliki tanggung jawab analisis risiko dan mengembangkan strategi investasi yang menguntungkan. Misalnya, seorang data analyst di perusahaan manajemen investasi dapat menggunakan data historis dan prediktif untuk mengidentifikasi potensi investasi yang menguntungkan dan meminimalkan risiko. Sehingga data analyst harus memiliki pemahaman yang baik tentang pasar keuangan dan produk investasi.

  • Kesehatan. Di industri kesehatan, data analyst dapat membantu meningkatkan efisiensi operasional dan kualitas pelayanan. Mereka dapat menggunakan data pasien untuk mengidentifikasi tren dan memperbaiki kinerja operasional. Selain itu, data analyst juga dapat melakukan analisis berkaitan dengan risiko untuk mengurangi biaya perawatan dan meningkatkan hasil medis.

  • Transportasi. Data analyst dapat membantu meningkatkan efisiensi operasional dan pengalaman pelanggan. Caranya dengan menggunakan data perjalanan untuk memprediksi permintaan dan mengoptimalkan rute. Selain itu, data analyst juga dapat melakukan analisis penggunaan kendaraan untuk mengurangi biaya operasional dan meningkatkan efisiensi.


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Kompetensi yang Dibutuhkan Data Analyst

Data Analyst

Agar bisa menjadi data analyst yang sukses di masa depan, ada beberapa keterampilan teknis dan non-teknis yang harus kalian miliki. Keterampilan teknis meliputi kemampuan untuk memahami dan memanipulasi data. Selain itu, juga harus mampu melakukan analisis data menggunakan algoritma dan metode statistik terbaru. Contohnya, dalam penggunaan software seperti Python, R, SQL, dan lainnya, serta memiliki pengetahuan yang baik dalam teknologi Big Data seperti Apache Hadoop dan Spark. Kemampuan teknis yang kuat akan membantu kalian untuk menghadapi tantangan baru dalam pengolahan data di masa depan.


Di sisi lain, keterampilan non-teknis juga sangat penting. Seorang data analyst yang sukses di masa depan harus mampu berkomunikasi dengan baik dan memiliki kemampuan presentasi. Kalian juga harus dapat bekerja dalam tim dan membangun hubungan yang baik dengan anggota tim lain. Tidak hanya itu, dibutuhkan pula kemampuan time management yang baik. Keterampilan non-teknis yang kuat akan membantu kalian untuk bekerja dengan lebih efektif, serta meningkatkan kemampuan untuk memimpin proyek dan memengaruhi keputusan bisnis.


3. Jenjang Karir Data Analyst

Data Analyst

Jenjang karir data analyst di masa depan sangat menjanjikan, karena perannya menjadi semakin penting di dunia bisnis yang semakin terdigitalisasi. Di tahun 2023, seorang data analyst dapat mengembangkan karir dari posisi junior hingga senior. Seorang data analyst junior biasanya bertanggung jawab untuk mengumpulkan dan menganalisis data, sedangkan seorang data analyst senior memiliki tanggung jawab yang lebih besar, seperti mengembangkan strategi data dan memimpin tim analis data.


Selain itu, ada beberapa posisi lain di bidang data yang mungkin bisa kalian coba. Di antaranya:

  • Data Scientist: Seseorang yang memiliki kemampuan untuk melakukan analisis data yang lebih kompleks dan terukur. Data scientist dapat memanfaatkan data untuk menghasilkan insight yang dapat membantu perusahaan dalam pengambilan keputusan bisnis yang lebih akurat.

  • Data Engineer: Bertanggung jawab untuk mengumpulkan dan mempersiapkan data sebelum dianalisis oleh data analyst atau data scientist. Seorang data engineer harus memiliki kemampuan teknis yang kuat untuk membangun sistem dan arsitektur data yang efisien.

  • Business Intelligence Analyst: Memanfaatkan data untuk membantu perusahaan dalam pengambilan keputusan bisnis yang lebih baik. Mereka bertanggung jawab untuk membuat laporan dan visualisasi data yang mudah dimengerti oleh manajemen perusahaan.

  • Data Analytics Manager: Bertanggung jawab untuk memimpin tim analis data dan memastikan bahwa analisis data yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan bisnis perusahaan. Mereka juga bertanggung jawab untuk mengembangkan strategi data dan membuat rekomendasi bisnis yang berdasarkan analisis data.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


4. Strategi Meningkatkan Karir sebagai Data Analyst di 2023

Data Analyst

Untuk bisa berhasil menapaki jenjang karir data analyst di tahun 2023, ada beberapa strategi yang bisa Anda lakukan, seperti:

  • Mendapatkan pengalaman kerja yang relevan. Dalam industri yang semakin kompetitif, pengalaman kerja sangat penting untuk meningkatkan kredibilitas dan kemampuan. Pengalaman kerja dapat membantu kalian memahami konteks bisnis yang lebih baik dan memberi insight tentang praktik terbaik dalam industri.

  • Meningkatkan keterampilan teknis dan non-teknis. Keterampilan teknis non-teknis dan teknis sangat penting untuk bisa bersaing. Kalian bisa meningkatkan keterampilan teknis dengan mengikuti pelatihan dan sertifikasi terkait data analysis, seperti SQL, Python, dan machine learning. Sementara itu, keterampilan non-teknis dapat ditingkatkan dengan mengikuti kursus atau seminar tentang kepemimpinan, komunikasi, dan time management.

  • Membangun networking. Kalian bisa memanfaatkan media sosial, seperti LinkedIn, untuk terhubung dengan para ahli di bidang data analysis dan industri yang terkait. Dengan membangun networking, kalian dapat memperoleh informasi tentang kesempatan pekerjaan dan perkembangan terbaru dalam industri.

  • Adaptif terhadap teknologi baru. Teknologi terus berkembang dan mempengaruhi cara bisnis beroperasi. Sebagai data analyst, kalian harus terus mengikuti perkembangan teknologi dan memahami cara memanfaatkannya untuk mengoptimalkan pengolahan data. Kalian bisa mengikuti berita teknologi terbaru dan memanfaatkan forum dan blog yang terkait dengan data analysis.

Sudah mempersiapkan apa saja untuk jenjang karir kalian di bidang ini? Belum terlambat loh untuk mulai mengasah berbagai keterampilan tadi. Kalian bisa mulai melalui DQLab. Modul ajarnya lengkap dan bervariasi. Semua skill yang dibutuhkan akan diajarkan. Dilengkapi studi kasus yang membantu kalian belajar memecahkan masalah dari berbagai industri. Bahkan diintegrasikan dengan ChatGPT. Manfaatnya apa?

  • Membantu kalian menjelaskan lebih detail code yang sedang dipelajari

  • Membantu menemukan code yang salah atau tidak sesuai

  • Memberikan solusi atas problem yang dihadapi pada code

  • Membantu kalian belajar kapanpun dan dimanapun

Selain itu, DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Tunggu apa lagi, segera Sign Up dan siapkan diri kalian untuk mempercepat jenjang karir sebagai data analyst tahun ini! 


Penulis : Dita Feby 

Editor : Annissa Widya  

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :