TIKET DQGRATIS UNTUK KAMU!
Sesi Belajar Excel Basic hingga Visualisasi Data Sederhana bersama DQLab  
DAFTAR SEKARANG
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 15 Jam 48 Menit 25 Detik 

Bagaimana Mulai Belajar Data Science: Berikut Langkah-langkahnya!

Belajar Data Science di Rumah 01-Maret-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3b05fcd6fe82938dbaf0a6bdd8e56020_x_Thumbnail800.png

Untuk merintis karir menjadi Data Scientist membutuhkan beberapa syarat yang perlu kamu penuhi, selain harus memahami apa yang dikerjakan oleh seorang Data Scientist. Jika kamu sedang mencari informasi tentang bagaimana cara untuk menjadi seorang Data Scientist, maka ada tiga hal utama yang harus kamu ingat, yaitu pendidikan, pengalaman dan keterampilan. Jika kamu memiliki ketiganya, maka kamu dapat memastikan bahwa kamu dapat terjun ke dalam karir menjadi seorang Data Scientist.

Jika kamu adalah pemula di dunia Data Science, tenang saja karena setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk mempelajarinya. Karena pada dasarnya ilmu Data Science tidak hanya terbatas di background pendidikan tertentu, mengingat pada era digital transformation saat ini, ilmu ini dapat digunakan di semua lini bisnis. Untuk lebih detailnya bagaimana caranya menjadi Data Scientist, yuk, simak ulasan berikut ini!

 

1. Mempelajari Dasar-Dasar Ilmu Data Science

Untuk menjadi seorang Data Scientist diperlukan pemahaman seputar dasar-dasar ilmu data science. Ilmu dasar ini meliputi, kemampuan analisis menggunakan konsep matematika dan statistik, kemampuan bahasa pemrograman, dan pemahaman terhadap bidang bisnis yang digeluti. Pendidikan yang memadai adalah salah satu syarat penting jika kamu ingin menjadi seorang Data Scientist. Poin dari pendidikan ini tidak hanya sebatas pendidikan konvensional. Kamu bisa belajar dari mana saja secara offline maupun online. Banyak perusahaan yang semakin fleksibel untuk mempekerjakan orang yang tidak memiliki background pendidikan yang konvensional, selama orang tersebut dianggap mampu. Kamu bisa belajar secara otodidak melalui kursus online, tutorial atau dari YouTube.

Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!

 

2. Mempelajari Bahasa Pemrograman Python & Statistik

Selanjutnya adalah Python dan Statistik. Kedua hal ini merupakan dua hal yang berbeda. Setelah kamu mempelajari dasar-dasar dan prasyarat di atas, kamu dapat mulai mempelajari bahasa pemrograman khususnya menggunakan Python. Python adalah bahasa pemrograman interpretatif multiguna yang memakai filosofi perancangan dengan fokus kepada tingkat keterbacaan kode. Memang terdapat bahasa lainnya dalam dunia Data Science seperti R, namun Python memiliki banyak kelebihan. Misalnya, Python tidak hanya untuk analisis data, tapi juga fungsi-fungsi lain sebagaimana bahasa pemrograman pada umumnya.

Selain itu, pemahaman yang menyeluruh mengenai statistika merupakan hal yang paling mendasar bagi seorang Data Scientist. Selain digunakan untuk menentukan algoritma yang akan digunakan, ilmu statistika diperlukan untuk mengembangkan software machine learning yang berfungsi sebagai pustaka bagi seorang Data Scientist.

 

3. Mempelajari Machine Learning dan Membangun Portofolio

Bagi seorang yang berkarir di bidang Data Scientist yang bekerja di perusahaan yang mengolah suatu data driven seperti Google Maps, Gojek, dan Netflix pasti tidak jauh dengan teknologi machine learning. Perusahaan tidak perlu menentukan algoritma dari data-data yang jumlahnya besar satu persatu. Disinilah peran dari teknologi machine learning yang bertujuan untuk mengolah data yang besar dan tak terstruktur sehingga menjadi suatu informasi yang berguna.

Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!

 

4. Yuk, BELAJAR DATA SCIENCE GRATIS DI DQLAB SELAMA 1 BULAN!                                 

Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.

 

Penulis : Salsabila Miftah Rezkia

Editor : Annissa Widya Davita


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!