DOBEL DISKON 95% + 10% SPESIAL PROMO PUNCAK 7.7!
Belajar Data Science Paket Premium cuma 6 Bulan Hanya 177K!
SERBU SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 8 Jam 45 Menit 29 Detik 

Bagaimana Mulai Belajar Data Science Bagi Pemula? Simak Tipsnya Disini, Yuk!

Belajar Data Science di Rumah 24-Mei-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/e032cb5061315ab158de83a4b213e9a9_x_Thumbnail800.jpg

Belajar data science merupakan salah satu ilmu yang banyak ditekuni saat ini. Banyak orang mulai dari yang memiliki background IT maupun pemula tertarik dengan data science. Melihat fungsi data science yang sangat berpengaruh dalam proses pengolahan data lebih efektif, profesi sebagai praktisi data mulai banyak dicari. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa mulai banyak orang yang tertarik belajar data science. Namun bagi pemula mungkin akan muncul pertanyaan bagaimana mulai belajar data science? Apalagi jika sebelumnya tidak berlatar belakang IT.


Setiap mempelajari hal baru, tentu yang paling penting adalah niat dan konsisten dalam belajar. Menentukan waktu belajar yang konsisten, lingkungan belajar yang kondusif, dan materi pembelajaran yang terstruktur adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan saat memulai mempelajari hal baru misalnya mempelajari data science ini. Data science di era sekarang ini menjadi ilmu yang terus berkembang dan juga mulai banyak diterapkan pada berbagai industri dan instansi. Kali ini DQLab akan memberikan beberapa tips bagaimana memulai belajar data science bagi pemula. Yuk, simak bersama pembahasannya dibawah ini!


1. Kuasai Pilar Ilmu Data Science

Tak kenal maka tak sayang. Memahami apa yang akan kamu pelajari adalah langkah penting ketika kamu akan belajar hal baru. Data science merupakan ilmu yang terdiri dari tiga pilar ilmu yaitu matematika, statistika, dan komputer. Bagi pemula yang mulai belajar data science, ketiga ilmu tersebut wajib dikuasai. Matematika dan statistika dibutuhkan dalam mengolah data. Pelajari metode-metode yang sering diterapkan ketika melakukan pengolahan data. Selain itu ilmu komputer juga harus kamu kuasai. Ilmu komputer yang dimaksud adalah pemrograman. Pemrograman pada data science menjadikan aktivitas mengolah data lebih efektif, efisien, dan akurat. Dengan pemrograman, kita bisa mengolah data yang sederhana hingga yang kompleks. Apalagi data science lebih ditujukan untuk data yang berjumlah sangat banyak dan beragam yang disebut juga big data yang jika dilakukan secara manual akan memakan banyak waktu dan tenaga. Kamu bisa mulai belajar bahasa pemrograman Python dan R yang biasa digunakan untuk data science. Pahami strukturnya dan coba buat code untuk melakukan perhitungan sederhana. Kamu akan lebih mudah ke tahap selanjutnya ketika sudah paham dasar pemrogramannya. 

Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Eksplorasi Berbagai Jenis Data

Tips kedua untuk mulai belajar data science yaitu eksplorasi berbagai jenis data. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, data science merujuk pada data yang sangat banyak dan beragam yang disebut big data. Data yang diolah dalam data science dapat berupa angka, teks, gambar, video, suara, dan lainnya. Berbeda jenis data, maka berbeda pula penanganannya. Oleh karena itu penting untuk memahami jenis data sebelum diolah agar dapat menentukan metode mana yang tepat untuk data tersebut. Penerapan metode yang tepat pada data akan mempengaruhi hasil analisis. Jadi, ingat untuk selalu memahami data terlebih dahulu ketika melakukan pengolahan data. 

3. Temukan Media Belajar Data Science Yang Sesuai

Selain kedua tips diatas, terkadang bagi pemula masih bingung untuk belajar ke tahap selanjutnya yang spesifik ke data science seperti latihan-latihan atau project yang mendukung dalam membangun portofolio data. Dengan populernya data science, saat ini banyak komunitas, kursus, atau blog yang membahas data science. Kamu bisa memilih media belajar yang sesuai dengan cara belajarmu. DQLab merupakan salah satu platform kursus data science online yang memudahkan kamu untuk belajar data science dimana saja dan kapan saja. Kamu bisa menyesuaikan waktu belajar yang diinginkan. Sehingga tidak mengganggu aktivitas lainnya seperti sekolah, kuliah atau pekerjaan bagi yang ingin beralih profesi. Materi terstruktur yang dimiliki oleh DQLab juga memudahkan pemula dalam mempelajari data science secara bertahap agar dapat memahami dan menerapkan data science dengan baik. Project yang diberikan akan membantu kamu dalam membangun portofolio data yang seringkali perlu ditunjukkan saat melamar pekerjaan di bidang data. 

Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


4. Kamu Pemula dalam Mempelajari Data Science? Yuk, Jangan Ragu untuk Mencoba Module GRATIS DQLab!

           

Kamu bisa mulai belajar data science gratis bersama DQLab sekarang! Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


Penulis : Dita Kurniasari

Editor : Annissa Widya

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!