PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

0 Hari 2 Jam 2 Menit 27 Detik

Bagaimana Mulai Belajar Data Science dari Tingkat Dasar

Belajar Data Science di Rumah 21-Maret-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/8632bf7f58b09c3bfba33c0b59f155ff_x_Thumbnail800.png

Data science merupakan pilihan karir yang sangat tepat dan memiliki masa depan yang lebih cerah tentunya. Hal ini didasarkan pada kondisi bahwa data dihasilkan sepanjang waktu dengan jumlah yang sangat beragam dan terupdate. Dengan kehadiran data science, perlu dibutuhkan seorang tenaga bantu untuk menganalisis  dari sebuah data menjadi informasi yang penting dan memiliki insight yang valuable. Seiring berkembangnya teknologi pada era big data dan Artificial Intelligence, data science memberikan banyak ruang dan kesempatan untuk berkarir di bidang data. Posisi-posisi yang ditawarkan seperti Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer serta banyak posisi lain dalam ranah data science. Sebelum melangkah lebih jauh, pastikan dalam diri anda bahwa anda memang benar-benar ingin menjadi seorang yang berkarir di bidang data dan mengetahui bagaimana memulai belajar data science untuk menggapai keinginan kalian, bukan karena dorongan dari pihak eksternal. Menurut Harvard Business Review, data scientist merupakan pekerjaan yang paling "sexy" di abad ke-21 khususnya dalam bidang data science. Namun, jangan sampai anda menghiraukan sebuah karakteristik yang disematkan pada pekerjaan tersebut tanpa mempertimbangkan faktor-faktor lainnya.


Sebagai seseorang yang akan berkarir di bidang data, perlu mengetahui kompetensi dasar terkait data science. Apalagi jika kalian memiliki background yang bukan berasal dari bidang STEM atau ilmu sosial. Hal ini tentunya akan terasa sulit jikalau mempelajari bidang ilmu data science dari tingkat yang paling mendasar. Namun, jangan khawatir dan ragu bagi kalian yang bukan berlatar belakang STEM. Kalian masih bisa belajar data science secara otodidak dan self-learning tanpa harus mengambil perkuliahan dengan minat khusus data science. Saat ini, banyak tersedia kursus belajar dan referensi bacaan yang bisa menjadi rekomendasi bagi kalian yang ingin menimba ilmu di bidang data. Pada dasarnya semua hal yang dikerjakan oleh seorang data scientist menyangkut tiga keilmuan berikut yakni Programming, Matematika/Statistika dan Domain Expertise. Dari tiga cabang keilmuan data science yang telah disebutkan, muncul pertanyaan terbesar bagi seorang pemula dalam bidang data yakni bagaimana caranya untuk memulai belajar data science. Pada artikel DQLab kali ini, kita akan membahas mengenai tips bagaimana caranya memulai belajar data science khususnya tingkat dasar. Artikel ini tentunya menjawab rasa penasaran dan kekhawatiran kamu khususnya bagi kalian para pemula yang ingin berkarir di bidang data. Jadi, pastikan simak baik-baik, stay tune and keep scrolling on this article guys!


1.Kuasai Core Ilmu Data Science

Pada dasarnya, semua hal yang dikerjakan oleh seorang data scientist menyangkut tiga cabang ilmu. Berikut diantaranya yakni programming, yaitu kemampuan untuk menulis, menguji, memperbaiki, dan memelihara kode pada komputer. Bahasa pemrograman yang sering digunakan oleh seorang data scientist saat ini adalah Python dan R (analisis) dan SQL (mengakses data). Matematika/Statistika, merupakan ilmu yang menjadi landasan dasar tentang bagaimana suatu algoritma bekerja. Beberapa cabang ilmu yang paling sering digunakan adalah kalkulus, aljabar linear, dan probabilistik. Terakhir yakni pengetahuan bisnis disesuaikan dengan latar belakang data dan permasalahan yang dianalisis. Pengetahuan bisnis diperlukan oleh seorang data scientist untuk menentukan keputusan secara tepat berdasarkan informasi yang diperoleh dari hasil analisis. Selain itu, anda juga bisa memiliki pengetahuan di bidang lain. Misalnya saja, secara spesifik kalian memiliki pengetahuan dalam bidang pertanian, akan memiliki edge pada point pengetahuan bisnis Karena anda telah memahami domain expertise pada bidang tertentu yang tentunya sangat membantu pekerjaan Anda nantinya terutama jika Anda menjadi data scientist pada bidang yang anda kuasai ini. Anda tentunya dapat menggunakan data science untuk bidang pertanian seperti untuk menentukan kapan waktu yang efektif untuk menanam, memanen, dan mengirimkannya untuk dijual ke pasar. Pengusaha agricultural yang menggunakan data science dengan baik tentunya akan mendapatkan profit yang lebih besar dan cost yang lebih kecil.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2.Memanfaatkan Sumber Belajar Data Science 

Sebagai pemula yang ingin belajar dalam bidang data, kalian juga bisa memanfaatkan sumber belajar untuk menunjang pembelajaran. Sumber-sumber yang bisa kalian dapatkan yakni video, buku maupun kursus-kursus online. Mengikuti kursus online melalui website yang menyediakan konten video serta latihan berupa coding, seperti datacamp.com, coursera.org, dan udemy.com. Kemudian, membaca buku data science yang direkomendasikan bagi pemula seperti An Introduction to Statistical Learning: With Applications in R. Untuk saat ini, buku tersebut tersedia dalam versi pdf secara gratis. Selain itu, kalian juga bisa menonton video di Youtube yang memuat konten edukasi seperti Khan Academy, 3Blue1Brown dan StatQuest with Josh Stamer. Kalian juga bisa mengasah kemampuan data analysis dengan mengakses dataset-dataset salah satunya Kaggle.


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


3.Baca Buku Rekomendasi dari Data Enthusiast

Berdasarkan review dan ulasan terkait buku apa yang cocok dengan tingkat beginner yang ingin belajar data dari Quora, penulis menyarankan beberapa buku yang bisa dibaca oleh  sahabat data DQLab

An Introduction to Statistical Learning with Applications in R oleh Gareth James, dan lain lain 

Buku ini sangat baik untuk dibaca oleh pemula terutama bagi yang mereka yang ingin belajar tentang ilmu data sekaligus bahasa pemrograman R. Selain teorinya sangat lengkap dan mendasar, beberapa diantaranya: pengantar belajar secara statistik (statistical learning), regresi dan klasifikasi, metode pengambilan sampel,

metode Tree-Based, Support Vector Machine, (Unsupervised Learning). Buku ini tentunya disertai dengan penjelasan yang mudah dicerna, buku ini juga disertai dengan kodingan R. Selain itu buku ini gratis Anda tidak perlu mengunduh buku ini dari situs-situs pembajak buku, cukup pergi ke laman buku tersebut (Introduction to Statistical Learning) dan anda bisa mengunduh versi terbaru dari buku tersebut secara cuma-cuma.

Python Data Science Handbook oleh Jake VanderPlas

Kalian lebih nyaman menggunakan Python? Maka buku ini cocok buat kalian. Kurang lebih sama dengan buku pertama walau secara teori tidak begitu mendalam. Buku ini akan mengajarkan anda bagaimana menggunakan library The Big Three yaitu NumPy (untuk manipulasi array), Pandas (untuk data wrangling) dan Matplotlib (untuk visualisasi data) plus Scikit-Learn (untuk mesin belajar). 

R for Data Science oleh Hadley Wickham dan Garrett Grolemund

Buku ini cukup mirip dengan buku Python Data Science Handbook, perbedaannya ini fokus dengan bahasa pemrograman R dan penggunaan library tidyverse. Oh ya bagi yang sebelumnya pernah memprogram atau analisa data menggunakan R tapi belum pernah menggunakan tidyverse, anda wajib baca buku ini. Tidyverse sangat membantu dalam meningkatkan readability dan keteraturan kodingan selain membuat alur kerja pengolahan data jadi lebih menyenangkan


4. Yuk Mulai Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!       


Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


    Penulis : Reyvan Maulid

    Editor : Annissa Widya Davita


      Mulai Karier
      sebagai Praktisi
      Data Bersama
      DQLab

      Daftar sekarang dan ambil langkah
      pertamamu untuk mengenal
      Data Science.

      Buat Akun


      Atau

      Sudah punya akun? Login