Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Bagaimana Mulai Belajar Data Science Di Masa Pandemi Seperti Sekarang?

Belajar Data Science di Rumah 29-Maret-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2668b903aa3307d456e6edf89b45aa09_x_Thumbnail800.jpg

Mencari tahu bagaimana mulai belajar data science merupakan salah satu pilihan banyak orang untuk mengupgrade skill yang dimiliki. Masa pandemi seperti sekarang memaksa kita untuk lebih sering dirumah dan menghindari keramaian. Banyak perusahaan yang menerapkan sistem work from home guna menghindari penyebaran virus di lingkungan kantor. Bagi pekerja yang harus bekerja di lapangan, tak jarang banyak yang dirumahkan karena perusahaan menekan biaya operasionalnya. Sehingga mau tak mau banyak pekerja kehilangan pekerjaan dan mulai beralih profesi di bidang lain salah satunya menjadi praktisi data. 


Data science merupakan ilmu yang sedang naik daun saat ini. Ilmu ini terdiri dari tiga disiplin ilmu yaitu matematika, statistik, dan komputer yang berkolaborasi untuk memudahkan pengolahan data lebih efisien dan akurat. Profesi yang mempelajari data science menjadi profesi yang paling dicari saat ini. Oleh sebab itu banyak orang mulai belajar data science dan banyak juga yang memilih untuk beralih profesi menjadi praktisi data. Pendapatan sebagai praktisi data termasuk tinggi bisa mencapai hingga 2 digit. Di masa pandemi seperti sekarang banyak hal yang tidak pasti, namun populernya data science memberikan peluang karir yang besar. Sampai saat ini mungkin masih banyak yang belum tahu bagaimana sebaiknya mulai belajar data science di masa pandemi ini apalagi untuk pemula. Yuk, simak pembahasan mengenai bagaimana mulai belajar data science!


1. Mulai Eksplorasi Tentang Data Science

Baik pemula ataupun yang sudah berkecimpung di bidang IT, sebelum mulai belajar data science sebaiknya paham mengenai data science. Seperti yang sudah disebutkan diatas, data science merupakan ilmu yang dibangun dari tiga disiplin ilmu yaitu matematika, statistik, dan komputer. Sehingga ketika belajar data science, tiga disiplin ilmu tersebut perlu diperkuat. Kenali jenis-jenis data serta metode-metode yang sering digunakan dalam pengolahan data. Mulailah eksplorasi data dari kumpulan data yang kecil sampai kamu memahaminya dan selanjutnya bisa mengolah kumpulan data yang lebih besar. Pelajari juga teknologi terkini yang menerapkan data science sehingga wawasan mengenai data science lebih luas. Bisa dengan bergabung di forum data science atau mengikuti webinar yang membahas data science bersama ahlinya.

Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Mengenal Role Praktisi Data

Mengenal role profesi yang mempelajari data science merupakan salah satu hal penting terutama bagi yang ingin beralih profesi. Profesi sebagai praktisi data yang banyak dicari yaitu Data Scientist, Data Engineer, dan Data Analyst. Ketiga profesi tersebut bekerja dalam mengolah data, namun memiliki tanggung jawab masing-masing. Data Engineer bertugas membangun infrastruktur data, melakukan maintenance dalam arsitektur datanya, serta memastikan data mudah diakses saat diperlukan. Data Scientist bertugas mengolah data yang mencakup membersihkan data, manipulasi data hingga analisis data. Data Analyst bertugas mengolah data serta menganalisis data untuk mendapatkan insight yang berguna bagi perusahaan. Dengan mengenali role praktisi data, maka kita akan lebih fokus mempelajari apa yang wajib dikuasai dan mendalami role masing-masing profesi. 


3. Pilih Tempat Belajar Data Science Dengan Kurikulum Yang Terstruktur

Masa pandemi memaksa kita untuk lebih sering dirumah saja. Kegiatan belajar mengajar, bekerja, dan lainnya dilakukan secara online. Begitu juga dengan kursus data science, selain offline banyak juga yang online. Pilih kursus yang memberikan kurikulum yang terstruktur sehingga membantu proses belajar secara bertahap. Selain itu ada baiknya juga jika ada sertifikat yang diberikan ketika berhasil menyelesaikan modul. Sertifikat bisa kamu upload di media sosial profesional kamu untuk menambah nilai skill yang kamu miliki. Semakin baik lagi jika tempat kursus memberikan fasilitas job connector sehingga sambil belajar juga bisa mencoba apply pekerjaan dari peluang yang tersedia. 

Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!

4. Yuk Mulai Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!       


Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


    Penulis : Dita Kurniasari 

    Editor : Annissa Widya Davita


      Postingan Terkait

      Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!