TIKET DQGRATIS UNTUK KAMU!
Sesi Belajar Excel Basic hingga Visualisasi Data Sederhana bersama DQLab  
DAFTAR SEKARANG
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 18 Jam 27 Menit 51 Detik 

Bagaimana Mulai Belajar Data Science Untuk Pemula Tanpa Background IT?

Belajar Data Science di Rumah 26-April-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/ea145c457448ed4be247ee23a893ce24_x_Thumbnail800.jpg

Bagi pemula yang mulai tertarik dengan data science mungkin akan bertanya-tanya bagaimana ya memulai belajar data science? Teknologi yang kian maju tidak hanya mempermudah pekerjaan manusia tetapi juga menciptakan ilmu-ilmu baru yang mendukung teknologi masa kini. Salah satu ilmu yang populer saat ini adalah Data Science. Penerapannya yang bisa di segala bidang menjadikannya menarik untuk dipelajari banyak orang baik pemula maupun yang sudah berada di dunia IT. 


Data adalah salah satu komponen penting yang terhubung dengan teknologi yang kita gunakan. Misalnya saat menggunakan e-commerce, transaksi banking, dan lainnya. Semua aktivitas tersebut menggunakan teknologi yang terhubung dengan penyimpanan data. Nah, kumpulan data ini bisa diolah lagi untuk memperoleh informasi penting di balik data yang berguna bagi perusahaan atau instansi terkait. Menarik bukan? Namun untuk pemula tentu akan bingung bagaimana mulai belajar data science dari nol. Artikel kali ini ada tips untuk kamu yang ingin belajar data science tetapi tidak punya background IT. Simak dibawah ini, yuk!

 

1. Pahami Lebih Dalam Tentang Data Science

Sebelum mulai mempraktekan bagaimana menerapkan data science, kamu perlu mendalami terlebih dahulu apa itu data science. Data Science merupakan ilmu yang terdiri dari tiga disiplin ilmu yaitu matematika, statistika, dan komputer. Ilmu ini bertujuan untuk mempermudah proses pengolahan data agar lebih efisien dan akurat. Matematika dan statistika yang harus dipelajari seperti kalkulus, aljabar, dan perhitungan statistik. Sedangkan untuk komputer yang harus dipelajari yaitu programming. Menguasai programming ditujukan untuk mempermudah dalam mengakses dan mengolah data. Data science dapat diterapkan di berbagai industri misalnya perbankan, retail, kesehatan, dan sebagainya. Sehingga ketika mempelajari data science perlu juga untuk mempelajari ilmu bisnis. Setidaknya mengetahui istilah-istilah dasar bisnis agar dapat memberi saran bagi perusahaan. 

Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Pelajari Tools Yang Digunakan Untuk Data Science

Bagi yang sudah terjun di bidang IT mungkin sudah mengenal dan akan lebih mudah mempelajari beberapa tools yang digunakan untuk data science. Namun untuk pemula tentu akan bingung tools apa yang harus digunakan untuk data science. Nah, ada beberapa tools yang sering digunakan untuk mengolah data yaitu SQL, Python, dan R. SQL digunakan untuk mengakses data yang tersimpan di database seperti data dari tabel mana saja yang diperlukan untuk proses pengolahan data. Python dan R adalah bahasa pemrograman bersifat open source yang digunakan untuk mengolah data. Data yang diolah dengan data science adalah data dalam jumlah besar dengan jenis yang beragam disebut Big Data. Tools-tools tersebut dapat membantu proses pengolahan big data menjadi lebih efisien sehingga informasi yang diperoleh juga lebih cepat. Selain tools yang sudah disebutkan, ada juga beberapa tools yang digunakan untuk memproses data yaitu Tableau dan Hadoop. Bagi pemula bisa mulai mempelajari satu persatu tools misalnya SQL lebih dulu. Praktekan syntax-syntax SQL pada database sederhana misalnya mengakses tabel tertentu pada database, mengedit data dalam tabel, dan sebagainya.


3. Tentukan Tempat Belajar Data Science 

Melihat kepopuleran data science, kini makin menjamur kursus data science baik online maupun offline. Namun bagi pemula pasti akan kesulitan menentukan kursus data science karena tidak memiliki background di bidang tersebut. Tips untuk pemula yang ingin belajar data science tapi bingung mulai dari mana, pilihlah kursus data science dengan kurikulum terstruktur. Hal ini akan memudahkan pemula untuk mempelajari data science step by step dari nol. Nah, DQLab memiliki kurikulum yang terstruktur dan materi yang menyenangkan dalam belajar data science. Data dan kasus yang digunakan juga mirip dengan yang terjadi di kasus nyata. Sehingga akan membantu meningkatkan skill kamu. Sertifikat yang diberikan setiap modul yang berhasil diselesaikan juga bisa digunakan sebagai pencapaian kamu dan bisa diunggah di media sosial profesional agar menarik recruiter. 

Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!

4. Yuk Mulai Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!       


Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


    Penulis : Dita Kurniasari

    Editor : Annissa Widya Davita


      Postingan Terkait

      Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!