FLASH PROMO!! AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 4 Jam 47 Menit 43 Detik 

Bahasa Pemrograman Wajib Data Scientist, Kenali Bahasa R Yuk

Belajar Data Science di Rumah 24-Agustus-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/e2885b010c17534e4387c47938bc4d4e_x_Thumbnail800.jpg

Data Scientist menjadi profesi yang penuh sorotan beberapa tahun belakangan ini. Banyak tokoh-tokoh penting yang mengemukakan pendapatnya mengenai betapa pentingnya posisi ini untuk menyelesaikan permasalahan yang muncul dari perkembangan teknologi digital. Bahkan beberapa lembaga atau organisasi sempat menyebutkan bahwa profesi Data Scientist menjadi salah satu profesi terseksi abad ini. 


Menjadi seorang Data Scientist tidak hanya cakap dalam hal membuat model dan analisis prediktif pada data saja. Tanpa semua itu, pastinya didukung pula dengan peranan bahasa pemrograman disana. Ada banyak bahasa pemrograman yang bisa dipilih oleh Data Scientist untuk menunjang pekerjaannya. Tentunya bahasa ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu. 


Bahasa pemrograman yang banyak digunakan oleh praktisi data adalah Python, R dan SQL. Namun yang menjadi menarik adalah selain bahasa pemrograman Python dan SQL, Data Scientist juga bisa menguasai bahasa lainnya yaitu R. Ketika kamu memutuskan untuk kursus belajar data, bahasa R pasti akan menjadi list wajib yang akan kamu pelajari nantinya karena pentingnya peran dari bahasa ini.


Yuk langsung saja kita pelajari bersama melalui artikel & video di bawah ini mengenai konsep dan penggunaan Bahasa R.


1. Mengapa Data Scientist harus Menguasai Bahasa Pemrograman?

data scientist

Data Scientist dibutuhkan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang berkaitan dengan Big Data atau data yang bervolume besar. Jika menggunakan cara manual, tentu saja akan memakan waktu yang sangat lama, sementara dalam perusahaan kita harus bekerja seefektif mungkin. Penggunaan bahasa pemrograman inilah yang kemudian dapat mempercepat proses analisis data.


Pada dasarnya, penggunaan bahasa pemrograman di setiap perusahaan akan berbeda-beda, disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan tersebut. Akan tetapi ada beberapa bahasa pemrograman yang umum digunakan oleh Data Scientist, misalnya Python, R, dan Matlab.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Sekilas Tentang Bahasa Pemrograman R

data scientist

R merupakan bahasa pemrograman statistika yang dapat digunakan untuk analisis dan manipulasi data statistika (pemodelan statistika), dan grafik. Bahasa Pemrograman R merupakan tool pengolahan data yang bersifat open source. Yang dimaksud open source adalah bahasa pemrograman yang gratis untuk digunakan dan dapat dimodifikasi oleh siapapun, sehingga bahasa R memiliki banyak pengguna aktif di seluruh dunia yang berkontribusi dalam perkembangannya.


Beberapa software seperti SPSS, Minitab, SAS, EViews, dan sebagainya, perlu membayar sejumlah uang, untuk mendapatkan izin menggunakannya, sementara R gratis. Di samping itu, fleksibilitas R menjadikan bahasa ini pilihan terbaik untuk melakukan manajemen data yang kompleks dan analisis statistik untuk kepentingan organisasi di berbagai bidang. R juga tersedia untuk di-install di sistem operasi Windows, Mac OS X, dan Linux.


Simak video berikut agar kamu semakin memahami bahasa R!

 


3. Fungsi Bahasa Pemrograman R 

Bagi sebagian orang, mungkin masih belum mengetahui dan memahami apa saja fungsi serta peran dari bahasa pemrograman R khususnya dalam dunia statistik terutama bagi peneliti, akademisi, dan perusahaan-perusahaan yang membutuhkan program untuk mengolah data.


Seperti yang sudah dijelaskan bahwa bahasa pemrograman R berfungsi untuk mengerjakan semua hal yang berkaitan dengan statistik atau matematika. Namun selain itu, ada banyak fungsi dan peran dari bahasa R yang dapat kamu maksimalkan, seperti:

  • Dalam bidang manajemen data, R digunakan untuk:

    • Melakukan import data

    • Observasi data

    • Penggabungan data

    • Penyusunan data

    • Assessment kualitas data dengan mengidentifikasi outliers

  • Dalam summary statistik, R membantu menggambarkan distribusi dari suatu variabel. Misalnya: means, medians, standard deviations, dan skewness.

  • Dalam test statistik, R dapat memproduksi means tests, proportion tests, association tests, dan distributional tests.

  • Dalam proses analisis data statistik, dengan tampilan grafik plot yang customized dan grafik fungsi densitas yang dapat dipraktekkan dengan histogram. Cocok digunakan di bidang statistika, ekonomi, dan lain-lain sejenisnya.

 

4. Cara Download dan Install Bahasa Pemrograman R

data scientist

 

Kita dapat mengunduh software R secara gratis melalui server milik BPPT atau LIPI. Ketika mengunduh R, biasanya kita akan diminta untuk memilih nama-nama negara terdekat sebagai server mirror. Nah, setelah kita sedikit mengenal bahasa pemrograman R, langkah berikutnya adalah menginstall system environment R dan R studio sebagai IDE untuk mempermudah kita saat coding nanti.


Berikut adalah langkah-langkah instalasi R:

  • Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah buka halaman mirror web R CRAN di Indonesia pada link https://repo.bppt.go.id/cran/bin/windows/base/

  • Kemudian, klik link Download R3. *.* for Windows (Asumsi menggunakan OS Windows), dan pastikan proses mengunduh selesai.

  • Setelah itu kita install file yang sudah terdownload pada langkah ke-2 di PC/Laptop sesuai dengan versi OS yang dimiliki (64 bit atau 32 bit).

  •  Jika proses instalasi telah selesai dengan benar, ikon R akan muncul pada desktop.


Setelah itu, kamu juga disarankan memasang aplikasi RStudio. RStudio merupakan aplikasi tambahan yang membantu kamu lebih mudah membaca coding. Selain itu, RStudio juga memiliki tampilan yang lebih baik dibanding aplikasi R bawaannya. R Studio dapat diunduh di https://www.rstudio.com/

 

5. Pemasangan Package pada Bahasa Pemrograman R

R memiliki packages library yang bisa memudahkan penggunanya dalam melakukan perhitungan atau simulasi sehingga tidak perlu membuat program atau fungsi dari awal. R memiliki 7000+ packages yang gratis untuk digunakan. Packages ini memungkinkan kamu untuk melakukan:

  • Analisa statistik kompleks

  • Econometrics

  • Optimisasi

  • Pembuatan model Machine Learning

  • Dan pembuatan teknik simulasi.


Untuk menginstall packages, ketik di console editor install.packages("nama packages"), lalu tekan enter. Maka R Studio secara otomatis akan mendownload dan menginstall packages tersebut dari website CRAN. Untuk menginstall packages tersebut kita wajib terhubung dengan internet.


Setelah packages selesai terinstall kita dapat menjalankannya dalam R dengan mengetik script library(nama packages) pada console editor, lalu tekan Enter.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


R dan Python adalah dua bahasa pemrograman paling populer di kalangan praktisi data. Namun untuk menggunakan kedua bahasa pemrograman ini kita perlu menguasai dasar-dasar menulis script. Yuk belajar basic script R dan Python dengan modul DQLab


Modul DQLab dilengkapi dengan live code editor sehingga kita bisa mempraktekkan langsung di modul tersebut. Klik button di bawah ini dan nikmati FREE modul "Introduce to Data Science" dengan R atau Python serta nikmati experience unik menggunakan live code editor yang mirip dengan script R dan Python!


Penulis: Salsabila MR

Editor: Annisa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :