Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

Bangun Keterampilan Excel melalui Pelatihan, Yuk?

Belajar Data Science di Rumah 18-Maret-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-senin-08-2024-03-18-201331_x_Thumbnail800.jpg

Excel merupakan salah satu keterampilan yang belakangan ini sedang dicari di industri. Meskipun sederhana, jika ditekuni dengan baik maka keterampilan Excel bisa menjadi investasi yang sangat berharga dalam meningkatkan peluang karir seseorang. Kemampuan untuk mengelola data dengan efisien, menganalisis informasi, dan membuat laporan yang informatif dapat membuka pintu bagi berbagai kesempatan pekerjaan di berbagai sektor industri.


Selain itu, penguasaan Excel juga dapat meningkatkan efisiensi kerja sehari-hari, menghemat waktu, dan mengurangi kesalahan dalam pengolahan data. Dengan demikian, memperdalam keterampilan Excel bukan hanya sekadar peningkatan kemampuan teknis, tetapi juga merupakan investasi dalam pertumbuhan profesional dan kesuksesan jangka panjang.


Untuk mengasah keterampilan Excel, ada berbagai cara yang bisa dimanfaatkan khususnya pemula. Salah satunya dengan pelatihan Excel. Salah satu cara yang sangat efektif untuk mengasah keterampilan Excel, terutama bagi para pemula, adalah melalui pelatihan khusus yang dirancang untuk meningkatkan pemahaman dan penguasaan terhadap aplikasi ini.


Pelatihan Excel dapat diselenggarakan dalam berbagai format, mulai dari kursus online yang fleksibel hingga sesi pelatihan langsung yang dipimpin oleh instruktur ahli. Lalu, bagaimana caranya meningkatkan penguasaan Excel khususnya bagi pemula yang akan terjun di dunia data? Simak ulasannya berikut yuk DQLab!


1. Berlatih secara konsisten

Ketika kamu sudah memantapkan niat untuk menguasai keterampilan Excel maka kamu bisa meluangkan waktu setiap hari atau setiap minggu untuk berlatih menggunakan Excel. Kamu bisa mulai dengan berlatih hal-hal sederhana seperti membuat rumus dasar, mengelola data, dan memformat spreadsheet.


Mulailah dengan membuat daftar tujuan yang spesifik, misalnya, "Menguasai fungsi SUM, IF, dan VLOOKUP dalam waktu satu bulan." Dengan memiliki tujuan yang jelas, kamu dapat fokus pada area yang perlu ditingkatkan dan mengukur kemajuan dari waktu ke waktu.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Mulai dengan Memahami Keyboard Shortcuts pada Excel

Memahami dan menggunakan keyboard shortcuts pada Excel adalah langkah penting dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Dengan menguasai keyboard shortcuts, kamu dapat menyelesaikan tugas-tugas dengan lebih cepat dan lancar tanpa perlu bergantung pada mouse atau trackpad.


Beberapa keyboard shortcuts yang berguna untuk dikuasai di Excel antara lain:

Ctrl+C untuk menyalin: Menyalin sel atau rentang sel yang dipilih.

Ctrl+V untuk menempel: Menempelkan konten yang disalin ke sel yang dipilih.

Ctrl+Z untuk mengurung langkah: Membatalkan tindakan terakhir.

Ctrl+Y untuk mengulangi langkah: Mengulangi tindakan yang dibatalkan.

Ctrl+S untuk menyimpan: Menyimpan workbook.

Ctrl+F untuk mencari: Mencari teks atau nilai dalam workbook.

Ctrl+H untuk mengganti: Mengganti teks atau nilai dalam workbook.

Ctrl+P untuk mencetak: Mencetak workbook.

Ctrl+; untuk memasukkan tanggal saat ini: Memasukkan tanggal hari ini ke dalam sel yang dipilih.

Ctrl+Shift+L untuk menyaring: Menyaring atau menghapus filter di tabel atau rentang sel.


Excel

Sumber Gambar: Youtube ExcelJet


Selain itu, ada banyak lagi keyboard shortcuts khusus Excel yang dapat mempercepat berbagai tugas, seperti membuat grafik, memformat data, dan mengelola worksheet. Kamu dapat menemukan daftar lengkap keyboard shortcuts Excel melalui dokumentasi resmi Microsoft atau dengan mencari sumber daya online yang menyediakan ringkasan keyboard shortcuts Excel.


3. Eksperimen dengan Fitur-Fitur Baru

Jangan ragu untuk mencoba dan bereksperimen dengan fitur-fitur baru dalam Excel. Meskipun bisa terasa menantang pada awalnya, eksperimen dengan fitur-fitur baru akan membantu kamu memahami potensi penuh dari aplikasi ini dan meningkatkan keterampilanmu secara signifikan.


Saat kamu menemukan fitur baru atau fungsi yang belum pernah kamu gunakan sebelumnya, jangan ragu untuk meluangkan waktu untuk mempelajarinya. Mulailah dengan membaca dokumentasi atau mencari tutorial online yang menjelaskan fitur tersebut secara detail. Setelah itu, praktikkan penggunaannya dalam konteks nyata dengan membuat proyek-proyek kecil atau tugas-tugas latihan.


Dengan mencoba dan bereksperimen dengan fitur-fitur baru, kamu akan memperluas pemahamanmu tentang apa yang bisa dilakukan oleh Excel dan menemukan cara-cara baru untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensimu dalam pekerjaan sehari-hari. Selain itu, eksperimen juga membantu kamu untuk tetap kreatif dan inovatif dalam penggunaan Excel, sehingga kamu dapat menemukan solusi yang lebih efektif untuk masalah yang kamu hadapi.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


4. Berlangganan ke Newsletter atau Blog Excel

Berlangganan newsletter dan mengikuti blog yang menyediakan konten berkualitas tentang Excel adalah langkah cerdas dalam mengembangkan keterampilanmu. Dengan melakukan langkah ini, kamu akan tetap terhubung dengan komunitas pengguna Excel yang aktif dan mendapatkan akses ke berbagai tips, trik, dan tutorial terbaru.


Newsletter dan blog tersebut sering kali menyajikan informasi tentang fitur-fitur baru dalam Excel, pembaruan terkait teknik analisis data, serta solusi untuk masalah umum yang dihadapi oleh pengguna Excel. Dengan membaca konten-konten ini secara teratur, kamu akan dapat memperluas pengetahuanmu tentang Excel dan menggali potensi baru dalam penggunaan aplikasi ini.


Selain itu, melalui newsletter dan blog, kamu juga dapat mempelajari cara-cara baru untuk meningkatkan efisiensi kerjamu dengan Excel, baik itu melalui penggunaan formula atau fungsi yang lebih canggih, pengaturan data yang lebih sistematis, atau penggunaan fitur-fitur tersembunyi yang mungkin belum kamu ketahui sebelumnya.


5. Menonton Video Tutorial Melalui YouTube

Selanjutnya, memanfaatkan sumber daya online yang tersedia secara luas untuk belajar Excel. Ada banyak situs web, tutorial video YouTube, dan forum diskusi yang menyediakan informasi dan tips tentang berbagai fitur Excel. Mulailah dengan tutorial dasar dan lanjutkan dengan materi yang lebih kompleks seiring dengan perkembangan belajarmu. Jangan ragu untuk mencoba berbagai macam latihan dan proyek untuk mengaplikasikan apa yang telah kamu pelajari.


Selain itu, jangan pernah ragu untuk menggunakan panduan bawaan Excel. Microsoft Excel dilengkapi dengan berbagai fitur bantuan dan dokumentasi yang sangat membantu. Gunakan fitur pencarian atau ikuti tutorial yang disediakan oleh Microsoft untuk memahami fitur-fitur baru dan menyelesaikan masalah yang muncul.


Yuk perdalam pemahaman excel kamu bersama DQLab! DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id atau ikuti Bootcamp Data Analyst with Excel berikut untuk informasi lebih lengkapnya atau ikuti Bootcamp Data Analyst with Excel!


Penulis: Reyvan Maulid




Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login