SUPER MID-YEAR SALE! DISKON 96%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K!

0 Hari 3 Jam 14 Menit 54 Detik

Basic Grafik Excel Populer untuk Dashboard

Belajar Data Science di Rumah 15-Februari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/c2e4330560df7a12193567e5e5f00597_x_Thumbnail800.jpeg

Grafik adalah gambar yang berisi angka, huruf, simbol, gambar, lambang, dan lain sebagainya yang digunakan untuk mengkomunikasikan informasi yang tersimpan dalam data dengan cara yang mudah. Kumpulan grafik dapat disusun menjadi dashboard yang bisa mengkomunikasikan informasi secara lebih detail untuk berbagai tujuan. 


Selain itu, visual informasi ini juga bertujuan untuk mengomunikasikan hubungan data yang kompleks dan insight berbasis data dengan cara yang mudah dipahami. Ada berbagai tools yang bisa digunakan untuk menyusun dashboard, antara lain excel, looker studio, power BI, tableau, dan lain sebagainya. Dashboard ini sangat berguna bagi tim data untuk mengkomunikasikan insight yang didapatkan dari hasil pengolahan data.


Visualisasi data dapat digunakan untuk berbagai tujuan. Satu hal yang perlu digaris bawahi dari visualisasi data adalah bahwa visualisasi data tidak hanya diperuntukkan bagi tim data. Manajemen juga memanfaatkan visualisasi dalam bentuk grafik untuk menyampaikan struktur dan hierarki organisasi. Selain itu, tim data juga menggunakan grafik atau chart di excel untuk menemukan dan menjelaskan pola dan tren. Ada berbagai jenis grafik yang bisa digunakan untuk mengkomunikasikan data dan sering digunakan pada dashboard. Apa saja grafik tersebut? Yuk kita simak bersama!


1. Line Chart 

Line chart atau dikenal juga dengan grafik garis adalah salah satu jenis grafik yang paling sering digunakan. Grafik ini digunakan saat kita menggunakan kumpulan data kontinu. Line chart paling cocok digunakan untuk visualisasi data berbasis tren selama periode waktu tertentu. Penekanan pada line chart adalah pada kelanjutan atau aliran nilai (tren) tetapi masih ada perbandingan nilai tunggal. Line chart juga merupakan alternatif yang baik untuk grafik kolom saat chart terlalu kecil.

Excel

Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Donut Chart

Donut chart, sesuai namanya adalah grafik yang berbentuk donat dengan lubang di bagian tengah. Grafik ini biasanya mewakili angka dalam persentase dan digunakan untuk memvisualisasikan chart ke seluruh hubungan atau komposisi. Idealnya, donut chart tidak digunakan untuk membandingkan kategori yang memiliki nilai yang sama atau mirip sehingga terdapat perbedaan besaran luasan pada donut chart dan grafik ini menjadi lebih mudah untuk dibaca. 

Excel


3. Grafik Kolom

Grafik kolom merupakan jenis grafik yang paling banyak digunakan, paling mudah dipahami, dan sangat sederhana. Grafik ini paling baik digunakan untuk membandingkan nilai yang berbeda ketika nilai tertentu penting sehingga pembaca dapat mencari dan membandingkan nilai individu diantara setiap kolom. Dengan grafik kolom, kita dapat membandingkan nilai untuk kategori berbeda atau membandingkan perubahan nilai selama periode waktu tertentu untuk satu kategori. Selain berbentuk single, grafik kolom juga bisa digabungkan menjadi multiple column chart.


Excel


4. Stacked Column Charts

Stacked column charts digunakan untuk memperlihatkan komposisi. Penggunaan grafik ini cukup tricky karena jika terlalu banyak kategori yang digunakan, informasi yang ingin disampaikan bisa jadi tidak tersampaikan dengan jelas. Untuk menggunakan grafik ini, usahakan jangan menggunakan terlalu banyak item komposisi (tidak lebih dari tiga atau empat) dan pastikan bagian penyusun memiliki ukuran yang relatif sama. Jika komposisi data memiliki gap yang cukup tinggi, akan lebih baik jika label data dimunculkan agar lebih jelas.

Excel


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


Grafik tidak hanya bisa dibuat di excel, namun juga bisa dibuat di bahasa pemrograman seperti R dan Python. Grafik yang dibuat dengan bahasa pemrograman tidak kalah cantik dan bahkan lebih interaktif karena bisa dihubungkan dengan data real time. 


Yuk berkenalan dengan script bahasa pemrograman R dan Python bersama DQLab! Klik button di bawah ini atau sign up melalui DQLab.id untuk mengakses FREE MODULE ‘Introduction to Data Science’ dengan R atau Python dan persiapkan diri untuk berkenalan dengan script code bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan di dunia data science.


Penulis: Galuh Nurvinda K


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login