Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Beasiswa Data Science, Ikuti Tips Jitunya Yuk!

Belajar Data Science di Rumah 07-Januari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/b9c0dce87cb92f79ada4e0848bef29e3_x_Thumbnail800.jpg

Data science saat ini menjadi salah satu bidang ilmu yang cukup menarik perhatian bagi berbagai kalangan. Data science secara umum merupakan ilmu yang mempelajari tentang data mulai dari pengumpulan data, analisis data sampai interpretasi data. Dikarenakan meningkatnya peminatan terhadap data science maka banyak pula penyedia beasiswa data science sebagai sarana pembelajaran bagi orang-orang yang memiliki ketertarikan untuk berprofesi di bidang data.


Beasiswa data science merupakan salah satu penghubung bagi orang-orang yang ingin belajar mengenai data science dari awal sampai menjadi benar-benar paham akan tugas dan tanggung jawab data scientist. Terdapat berbagai macam keuntungan jika seseorang mengikuti beasiswa data science ini, beberapa diantaranya antara lain mendapatkan ilmu dan pengamalan, menghemat biaya, mendapatkan jaringan yang lebih luas, dan masih banyak lainnya. Lalu selanjutnya, apa saja tips mengikuti beasiswa data science? Yuk, simak artikel berikut ini!


1. Mengetahui Ilmu Dasar

Sebagai pemula dalam suatu profesi, tentunya kita akan belajar dari hal yang mendasar terlebih dahulu bukan? Begitu pula halnya jika ingin belajar serta bergabung mendapatkan beasiswa data science, peserta diharapkan mengerti apa saja ilmu dasar data science seperti sistem informasi, statistika, matematika, bahasa pemrograman, manajemen bisnis, dll. Setelah mengetahui dasar-dasarnya maka peserta akan lebih mengerti atau setidaknya memiliki gambaran mengenai materi apa saja yang akan didapatkan dalam beasiswa nantinya.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Aktif Mencari Informasi

Perkembangan internet saat ini memudahkan pengguna dalam berbagai hal, salah satunya adalah pada saat mencari informasi. Kita cukup mengetik informasi apa yang ingin kita dapatkan. Sebagai contoh jika kita ingin mendapatkan informasi terkait beasiswa data science, maka akan muncul beberapa rekomendasi lembaga yang menyediakan beasiswa beserta persyaratan, benefit, serta tips dan trik untuk diterima dalam program beasiswa tersebut. So, terus tetap aktif mencari informasi ya sobat DQ!


3. Mengikuti Bootcamp Data Science

Saat ini terdapat bermacam-macam cara sebagai media atau ‘jembatan’ untuk meraih beasiswa data science. Salah satu diantaranya adalah dengan mengikuti bootcamp data science. Dalam program bootcamp ini umumnya peserta akan diberikan materi baik secara teori maupun praktek sebagai gambaran pekerjaan data scientist. Namun kalian semua jangan khawatir, biasanya akan ada mentor atau pembimbing yang dapat membantu kalian ketika menemukan kendalanya. Selain itu, bootcamp pada masa pandemi ini mayoritas dilaksanakan secara online loh, jadi kita semua dapat bergabung dari mana saja. 


4. Komitmen dan Konsisten

Pada bagian sebelumnya telah diberikan beberapa tips dan trik untuk mendapatkan beasiswa data science, mulai dari mengetahui ilmu dasar data science, aktif mencari informasi dan mengikuti bootcamp data science. namun perlu diketahui bahwa kunci utama dari semua itu ada pada sikap komitmen dan konsisten dari diri kita masing-masing. untuk menguasai data science, kita harus berkomitmen dengan tujuan kita dan konsisten mengerjakan hal-hal yang berkaitan dengannya seperti mencari informasi, tekun belajar dan banyak latihan menggunakan real dataset.


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


5. Yuk, Perdalam Kompetensi Data Science di DQLab!

Data science merupakan salah satu cabang ilmu yang sangat perlu dimiliki di era digitalisasi ini. Data science merupakan kombinasi dari beberapa bidang ilmu seperti statistika, matematika, sistem informasi, bahasa pemrograman, dan masih banyak lainnya. Ilmu dasar data science dapat kita pelajari secara otodidak dan bisa pula dengan cara mengikuti kursus online seperti di DQLab. Bahkan di DQLab menyediakan materi berupa modul dan bisa langsung dipelajari secara live code. Caranya cukup mudah loh, yaitu langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati modul gratis DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!