DISKON 95%! BIG PROMO 8.8 MENARIK DI TANGGAL CANTIK
Belajar Data Science 6 Bulan bareng ahli + dapat sertifikat hanya Rp. 188K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 2 Jam 5 Menit 8 Detik 

Beasiswa Data Science Tetris Batch 1 Berhasil Membawa Donny Menjadi Data Engineer

Belajar Data Science di Rumah 28-Juni-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/7bd789bb47ce9b946e4c69627f67b722_x_Thumbnail800.jpg

Kisah yang satu ini mungkin bisa jadi penyemangat kalian yang ingin berkarir di dunia Data Science, tapi tidak memiliki background pendidikan di bidang IT nih, Sahabat DQ! Donny Marcius, mahasiswa jurusan Teknik Biomedis di Institut Teknologi Bandung (ITB) yang kini tengah menjalani semester 8 rupanya memiliki ketertarikan dengan bidang data. Alasan utama member DQLab yang satu ini untuk mengikuti Tetris Program Batch 1 karena ingin mendapatkan kesempatan internship. 


Donny yang bukan berasal dari kalangan IT mengaku senang dan cocok dengan kompetensi Data Science. Dan semenjak mengikuti Tetris Program ia merasa lebih senang karena bisa mendapatkan pengalaman belajar bersama para mentor profesional.


Sehingga, proses belajar terasa bisa lebih intens dan efektif dalam belajar. Baginya, selain akhirnya berhasil berkesempatan untuk magang di Kompas Gramedia sebagai Data Engineer, keuntungan lain mengikuti Tetris Program Batch 1 adalah mendapatkan pengalaman lebih banyak yang lebih dekat dunia data sesungguhnya.


Kali ini, Donny akan bercerita tentang pengalamannya selama mengikuti program beasiswa Tetris Program Batch 1. Ikuti cerita selengkapnya ya!


1. Mempelajari Sejumlah Tools Data Science

Donny yang merupakan mahasiswa non-IT memulai perjalanannya di dunia Data Science dengan mempelajari dasar-dasar Data Science. Tentunya, hal ini agar mempermudah Donny untuk mempelajari materi lanjutan lainnya. Menurutnya, ada 3 tools yang dipelajarinya sebagai hal baru, yakni R, SQL, dan Pentaho. Dari ketiganya, materi SQL menjadi salah satu materi yang ia sukai, karena ringkas saat digunakan. 


“Pengalaman belajar SQL dan Pentaho adalah hal baru yang bisa diimplemetasiin di perkuliahan juga. SQL juga tools yang sangat oke untuk olah data karena sangat cepat, ini adalah salah satu tools yang saya implementasikan di Tugas Akhir (TA) saya sebagai mahasiswa semester 8,” ungkap Donny.


Baca juga: Kenali Peran Penting Role SQL dalam Data Science, Yuk Intip Pembahasannya


2. Burnout Datang Bukan Hambatan

Dalam proses belajar, mengalami kendala hingga akhirnya merasa lelah merupakan hal yang wajar dialami. Istilah ini biasa disebut dengan burnout. Begitu pun yang dirasakan Donny saat mengikuti materi pembelajaran selama Tetris Program Batch 1 berlangsung.


Terutama pada saat akhir materi dan Capstone Project. Ia mengaku sempat mengalami hal tersebut saat pembelajaran materi R dan Visualisasi Data. Jika sudah begitu, Donny pun tak memaksakan dirinya. Ia lebih baik istirahat dulu dan refreshing dengan game kesukaannnya untuk memperbaiki mood.


3. Peran Donny sebagai Data Engineer Intern di Kompas Gramedia

“Selama 1 bulan berjalan saya sangat excited ya, karena banyak hal baru yang saya pelajari ddan saya bisa langsung turun tangan untuk solve projectnya,” begitulah kira-kira ucap Donny saat ditanya perasaannya mengikuti Tetris Program Batch 1.


Proses belajar Data Science secara intensif yang telah Donny lalui saat Tetris Program, mengantarkan dirinya sebagai Data Engineer Intern di Kompas Gramedia. Kini, ia mengemban sejumlah tanggung jawab diberikan perusahaan. Salah satunya adalah dipercaya untuk memegang sebuah project yang ia kerjakan dengan menggunakan SQL Big Query. Meski begitu, ia dibebaskan untuk eksplorasi tentang analisis datanya. Dengan project ini juga turut membuatnya aktif melakukan sejumlah riset.


Menurut Donny, apa yang kini telah ia dapatkan juga bisa didapatkan oleh Sahabat DQ, lho! Baginya, saat kalian merasa ada kesempatan emas, jangan pernah untuk menolaknya. Sebab, dari sanalah kalian bisa mendapatkan sebongkah berlian. Seperti program beasiswa yang ditawarkan DQLab, bagi Donny Tetris Program memberikannya kesempatan untuk mengasah kemampuannya di bidang data dan mengantarkannya ke gerbang industri data. 


“Coba aja dulu, ini kesempatannya yang gak datang 2 kali. Pasti awalnya berat dan harus berkorban tenaga serta waktu, tapi semuanya gak akan sia-sia. Terlepas nanti keterima intern atau tidak, maksimalin dulu aja prosesnya dan set goal untuk dapetin tujuan kita,” kata Donny.


Kini, DQLab kembali membuka kesempatan emas bagi Sahabat DQ yang memiliki minat di Data Science. Sahabat DQ bisa mendapatkan pengalaman yang sama seperti apa yang Donny dapatkan. Tentunya, selain program belajar gratis kalian juga berkesempatan untuk mendapatkan kesempatan internship di sejumlah perusahaan yang telah bekerja sama dengan DQLab


Penulis: Sandi Sabar Rahman

Editor: Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :